Selasa, 30 November 2010

Toge Goreng


Maniak maniak maniaaaaaaaaaaaaaaaaaaaak TOGE GORENG.....hehehehehehe....
Kebetulan masih ada stok oncom yang di import dari daerah saya :D...browsing2...ketemulah resep ini dari sexy chef.. sekarang dah bs bilang ke abang toge goreng yang udah jaraaaaaaaaaaang banget ada di jakarta tapi bejibun di bogor..."sori sori jeck..saya da bisa bikin toge goreng semua"..

Soal rasa??? menurut saya resep ini otentik dengan aslinya,hehehehhe...senangnyawww...

Bahan:

▪1 bks mie kuning (hihih saya ganti pake mie telor,yg gampang di dapet aja), rebus
▪2 ons toge,seduh air panas
▪1 ptg oncom,remas2 kasar/potong kotak2 kecil, rebus sebentar
▪4 bh tahu kuning, rebus/kukus trus di potong2 kotak (ga pake)
▪sejumput kucai (di potong-potong 2 cm),seduh air panas

Kuah:
▪2 bh tomat potong kecil (saya pake 1 bh)
▪3 sdk mkn tauco kuning (saya pake salted tauco merek Kokita, kata2 orang2 lbh aman pake merek ini,soale kalo merek daerah2 gitu asiiiiin banget...)
▪150 gr oncom (oncom daerah asal saya : oncom jakarta = 50:50, jadi ada rasa2 oncom dan bungkil kacang tanahnya)
▪3 bh daun bawang iris memanjang
▪kecap manis ( saya gunakan 30 ml)
▪minyak untuk menumis
▪air matang kurang lebih 1-2 cangkir (1 cangkir = 200 ml), cek aja, ga terlalu encer, agak kental...ya kaya yang di abang2 deh, di kira2 aja
▪jeruk limo (ga pake),di berikan saat di sajikan

Bumbu halus:
▪3 bh cabai merah
▪3 btr bawang putih
▪8 btr bwg merah (saya pake 10 butir)
▪garam - gula secukupnya (garam jangan kebanyakan, kan tauco sendiri dah asin, lebih enak pake gula merah, otentik)

Cara membuat kuah:
■panaskan minyak lalu tumis bumbu halus hingga harum.
■masukkan tomat - oncom dan daun bawang aduk hingga tercampur rata.
■tuangi air tambahkan kecap manis dan taoco
■masak hingga matang dan air mengental

Penyajian:
▪atur mie - toge - oncom - tahu yang sudah diseduh, sebarkan daun kucai lalu siramkan kuah diatasnya.Kalo suka kasih jeruk limo
▪bisa tambahkan cabe rawit bila suka pedas.

Tips:
▪pilih mi kuning dipasar >> mi yang untuk soto (bukan mi telur kering loh)
▪untuk rasa kuah kalau suka rasa tauco, bisa ditambahkan tauco, pokoknya selera yang buat deh.. enjoy it!
▪o iya berhubung mau difoto maka kuah hanya disiram sedikit, sebenarnya makin becek kuahnya makin enak deh..
▪ pake kecap manis pas mau d maem, di kasi krupuk , di kasi bawang/putih goreng, terserah andaaa

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar