Minggu, 14 November 2010

Bangket Susu






Penasaran bangeeeet apa itu kue bangket...karena di otak saya itu, kue bangket adalah kue dari sagu yang kerasnya minta ampun (pengalaman pernah makan kue sagu yang keras soalnya..) akhirnya gara2 itu, setiap di suguhkan kue yang berdasar dari tepung sagu (kecuali sagu keju yaaah :D ) saya selalu menolak. Baca testimonial temen2 di milis,di blog nccbangketweek, kok semuanya pada bilang lumer di mulut...jadi ngebayangin banget plus penasaran.
Akhirnya rasa penasaran itu terjawab sudah. Saya pakai resep dari mba Nadrah Shahab  dengan pakai ½ resep (belum berani kutak kutik resep,hihii...) dan step by step dari mba Dewi Nik yang berguna banget bagi saya, dan hasil akhirnya,,,,sesuai testimonial semua orang, LUMER DI MULUT, wangi pandannya sreng seng banget deh,apalagi pas masuk mulut,resepnya bener2 nendang, si bontot  aja sampai bilang ‘waaaah,ada juga kue sagu rasa begini” soale kan biasanya rasa rempah2 banget ato rasa gula merah, sedangkan ini rasanya susu kosmopolitan (halah apa coba)...oh ya, karena saya sulit mendapatkan adonan yang mudah di bentuk,saya tambahin aja beberapa gram margarin,makanya warnanya agak sedikit kuning...gapapa lah yaaa.......dan waktu pemanggangan saya perpanjang menjadi 15 menit.  Yang jelas, hal tersulit bagi saya adalah saat mencetak,karena rapuh sekali, satu jam setengah waktu yang saya butuhkan untuk mencertak adonan ini....trus karena saya gak punya cetakan kue SATU oleh karena itu saya pake cetakan praline.

Jadi, back to resep, ini diaaaaa  :

Bahan2 :
500 gr Tepung Sagu
100 gr Margarine (saya gunakan 90 gr margarin + 10 gr mentega)
150 gr Gula Halus (saya gunakan 140 gram)
  75 gr Susu Kental Manis
2 lembar Daun Pandan

Cara Membuat:
·         Sangrai Tepung Sagu bersama daun pandan dengan api sedang, hingga daun pandan layu. Matikan api, Dinginkan.
·          Setelah tepung Sagu yang sudah disangrai dingin, Kemudian campur semua bahan hingga tercampur rata dan bisa dipulung.
Atau kita kepal dulu adonannya and bila adonan bisa dikepal jadi satu, berarti adonan
sudah bisa di cetak.
·         Kemudian cetak adonan menggunakan cetakan kue
·         Bakar dengan api kecil 140C selama lk 10 menit.
·         Biarkan terlebih dahulu hingga agak dingin, baru kemudian pindahkan ke dalam Toples.


Note :
·         Setelah keluar dari oven, dinginkan dulu di tempatnya, baru pindahin deh ke toples
·         Harus hati2 megang kuenya,karena rapuh banget
·         Pastikan saat mencetak, di ratakan bawahnya,supaya bentuk kuenya ngga tinggi sebelah
·         Sagu harus di sangrai, jangan di lewatin tahap ini yaaaa
·         Kalau adonan tidak bisa di cetak, tambahkan 25 gr margarin. Kalo masih belom bisa, tambahin lagi 25 gram, abis itu stop,jangan di tambahin lagi soale ntar jadi warna kuning kuenya setelah di panggang
·         Saat cetak, alasi antara cetakan dengan adonan dengan plastik cling wrap, supaya mudah mencetak dan mengangkat cetakan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar