Minggu, 28 November 2010

Banana Bread with Cinnamon


Yeisss....ada stok pisang banyak...kebetulan juga mo praktekin bikin kue...hihiihihihi...dan jadilah saya terdampar di blog mba Affi...
Bahan2nya ada dirumah dan cara membuatnya mudah....heheheheheh....Saya pake 1/2 resep dan jadi 1 loyang brownies ukuran 10 cm x 30 cm x tinggi 4 cm....

Testimonial rasa, hummmmmmmmmmmm enaaaaaaaaaaaaaaak wangi banana kentara banget dan rasa kayu manisnya semilir2 gituh :D


Bahan2:
  • 225 gram gula pasir
  • 120 gram mentega tawar (saya pake 50:50 = mentega : minyak canola)
  • 1 butir telur berukuran besar, dikocok
  • 3 buah pisang yang sudah sangat matang, semakin banyak noda coklatnya semakin bagus! (Saya menggunakan pisang Cavendish karena waktu itu tidak ada jenis pisang lain, tapi kalau mau menggunakan pisang ambon bisa juga dan harusnya sih malah lebih harum dan manis), haluskan (saya menggunakan ulekan)
  • 3 sendok makan yogurt plain (saya ga pake)
  • 1/2 sendok teh Vanilla extract
  • 1 sendok teh bubuk kayu manis
  • 450 gram tepung terigu
  • 1 sendok teh baking powder
  • 1/2 sendok teh baking soda
  • sejumput garam (saya pake 1/2 sdt)
  • Saya pake choco chips buat taburannya
Cara Membuat:
  • Panaskan oven sehingga 180 C, oles mentega di loyang ukuran 9×5 inci
  • Kocok mentega dan gula sehingga menjadi krim
  • Masukkan telur, pisang yang sudah dihaluskan, yogurt, vanilla extract, bubuk kayu manis dan garam
  • Di mangkuk lain, campurkan tepung terigu, baking soda, baking powder. Masukkan ke dalam adonan pisang, aduk sebentar saja sampai semua bahan tercampur dengan rata
  • Saya masukkan minyak canola di tahap ini
  • Kalau menggunakan chocolate chips atau kacang, silahkan masukkan ke dalam adonan di step ini
  • Masukkan adonan ke loyang dan panggang selama kurang lebih 45-60 menit
  • Tusuk roti dengan tusuk gigi, jika ujungnya tusuk gigi bersih (tidak basah), banana bread sudah matang!
  • Dinginkan sebentar di loyang, baru keluarkan roti dan dinginkan lagi di cooling rack
  • Sajikan hangat dengan secangkir kopi untuk mama, dan segelas susu untuk si kecil. You can thank me later :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar