Minggu, 07 November 2010

Udang Goreng Mentega


Ada udang nganggur di kulkas...kepikiran bikin ala kaki lima, soale beberapa minggu yang kemaren sempet makan di kaki lima...eh gataunya nemu resep ini di tabloid Saji.
Rasanya???mak nyussss....rasa margarin+saos inggrisnya ga kalah ama yang di kaki 5 deeeh...

Bahan2:

Rendaman udang :
300 gr udang jerbung sedang dan utuh, dibelah punggungnya (saya ga ngebelah,males mode on)
1/2 sdt air jeruk lemon (saya pake 1 sdt)
1/2 sdt garam

Bumbu :
1 buah bawang bombay,dipotong panjang
2 siung bawang putih di memarkan dan di cincang kasar (saya pake 10 siung)
1/4 sdt kecap asin
2 1/2 sdm kecap manis
saya tambahkan 2 1/2 sdm kecap inggris
1/4 sdt garam
1/4 sdt merica bubuk
1/2 sdt gula pasir
75 gr margarin untuk menumis (saya pake 100 gr)
6 batang kucai, dipotong 3 cm (saya pake 3 tangkai daun bawang di iris tipis)
100 ml air
2 buah jeruk limau untuk pelengkap (saya pake 1 1/2 sdt air jeruk limau...kalo kebanyakan takut asem)
Minyak goreng untuk menggoreng udang

Cara membuat :
  • Lumuri udang dengan air jeruk lemon dan garam, diamkan 15 menit
  • Goreng udang di dalam minyak yang dipanaskan di atas api sedang sampai matang dan berkulit, angkat,tiriskan
  • Panaskan margarin, tumis bawang bombay dan bawang putih sampai harum. Masukkan udang,aduk rata
  • Tambahkan kecap inggris, kecap asin,kecap manis,garam,merica bubuk,dan gula pasir.Aduk sampai udang terbalut bumbu
  • Tuangkan air, biarkan sampai meresap
  • Masukkan daun bawang dan perasan air jeruk, aduk rata
  • Angkat,sajikan

Note :
  • Margarin untuk menumis bisa ditambahkan 2 sdm butter/mentega,pasti rasanya lebih nendang!
  • Selain udang, bisa di ganti seafood lainnya atau bahkan ayam....nyummy

Tidak ada komentar:

Posting Komentar