Jumat, 26 November 2010

Bangket Jahe


Yaaaa....penasaran dengan bangket jahenya mba Niar yang beredar di milis2 dan di NCCbangketweek, maka saya pun mencoba membuatnya, meskipun bangketweeknya udah lewat :)

Pas nge mix,ngaduk, semuanya okeh....cumaaaaaaaaaaan kok adonannya rada encer ya??setahu saya resep ini bisa di bentuk pake cookies cutter....huhuhuhuuhuhu...padahal kan saya pengen ngebentuk2, akhirnya dibuatlah dengan menggunakan spuit...tuh kaaan bener kaaan, meleber dikit meskipun dia ngembang banget...padahal saya nge mix mentega+gula cuma 30 detik lho....kenapa yaaa???

Eniwey, cookisnya tetep jadi...dan enak!!!! kaya verkade, serasa balik ke jaman baheula....kaya akan rempah2...emang kue2 Indonesia patut di lestarikan ya....angkat topi untuk para nenek moyang yang suka bikin kue2.....dan makasih buat mba Niar yang udah membuat resep ini jadi happening bangets....

kata orang rumah, rasanya kaya kue Betawi...trus juga sambil bilang 'waaah ini juga kaya yang di jual di restoran kue2 kering yang mahal itu.....' 


Bahan2 :
500 gr tepung sagu (ga usah di sangrai)
300 gr butter/margarine
100 gr tepung terigu
50 gr maizena
200 gr gula palem
200 gr gula pasir halus
2 kuning telur
1 putih telur
50 gr susu bubuk full cream
50 gr kelapa parut yg disangrai sampaikecoklatan, dan diblender halus (saya ga pake)
75 gr jahe yg diparut (saya pake parutan yang ukurannya keciiiil banget,trus ga perlu di sangrai,berkat konsultasi dengan mba Dewi Nik)
3 sdt bumbu spekuk
wijen untuk taburan secukupnya (ga pake)
 saya tambah bahan tambahan dari mba Riana : - 1 sdt baking powder
                                                                                                - 1/2 sdt soda kue
                                                                                                - 2 sdt kayumanis bubuk


Cara Membuat :
1. Kocok Butter / margarine dengan gula palm dan dan gula putih sampai sedikit mengembang
2. Tambahkan telur, kocok bentar
3. Tambahkan jahe parut, dan kelapa sangrai aduk merata dengan spatula
4. Tambahkan bumbu spekuk
5. Tambahkan susu bubuk, tepung sagu, terigu dan maizena sedikit demi sedikit sampai merata
6. cetak sesuai selera, taburi wijen diatasnya
7. Bakar dengan suhu oven 170 derajat sampai matang (sekitar 20 menit kalo oven saya)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar