Jumat, 26 November 2010

Muffin Pisang Coklat



Pernah coba permen lolipop Chupa Chups rasa choco banana???? Hummmmm enyaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaak......pisang emang cocok sama coklat, selain dengan kayu manis yaaah....tapi kalo pisang+kayu manis kan rasanya vintage tuh, nah kalo pisang+coklat rasanya modern bangets...hehe....die die must bake dehhh!
Sesuai dengan resepnya,saya pake cup diameter 6 cm, dan jadinya pas 6 pcs...cara membuatnya saya pake cara sesat, karena males nge mixer, dst dst...hehehehe...akhirnya jadi juga tuch! Resep ini saya dapetin dari Kompas Female yang udah di ujicoba oleh tabloid Nova.

Bahan2:
125 gr margarin yang di cairkan (saya pake canola oil)
50 ml susu cair
2 btr telur
150 gr pisang ambon, haluskan (saya pake 2 bh pisang ambon)
125 gr gula pasir halus (saya pake gula kastor, biar ga ribet)
150 gr tepung terigu
100 gr havermut
20 gr cokelat bubuk
1 sdt soda kue
1 sdt baking powder
150 gr choco chip putih
Saya tambahkan Kacang kenari buat taburan

Cara membuat :
1.      Panaskan oven dengan suhu 200 C
2.      Siapkan loyang muffin berdiameter 6 cm, beri kertas cup, sisihkan.
3.      Campur & aduk bahan basah : margarin,susu,telur,pisang ambon,sisihkan
4.       Campur & aduk bahan kering : tepung terigu,gula halus,coklat bubuk,soda kue,baking powder.
5.      Tuangkan bahan basah ke bahan kering, sambil diaduk pelan (jangan cepet2 ngaduknya, nanti over mix) dan tercampur rata.
6.      Masukkan havermut dan choco chips aduk rata.
7.      Tuangkan ke dalam loyang muffin, taburi dengan kacang kenari
8.      Panggang selama 30 menit hingga matang (tiap oven beda2, saya membutuhkan 40 menit karena adonan saya masih basah kalo 30 menit)
9.      Angkat, sajikan

Note :
·         Jangan tuangkan adonan ke loyang muffin rata dengan loyangnya nya, cukup isi ¾ dari tinggi loyang,karena nanti dia akan menjulang tinggi berkat bantuan baking powder dan soda kue
·         Kelemahan kalo pake minyak sayur, wanginya kurang terasa (tapi sehat loooh J), bisa di siasatin dengan mencampur 50:50 = minyak : mentega/margarin yang udah di lelehkan,sehingga masih sehat dengan aroma yang nyummy
·         Jangan lupa,selalu tes tusuk yawhhh untuk ngecek kematangan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar