Sabtu, 03 Desember 2011

Getuk Singkong

Setelah sawut singkong,,,,saya mencoba membuat getuk singkong...kenapa getuk??karena saya suka sekali getuk...tapi yang di kukus yah, bukan getuk goreng (hoekkkk...ga doyaaaan)...

Saat membuat, sempat ga yakin,bisa ga ya buat getuk sekenyal yang dijual di pasaran??karena saat menghaluskan singkong, adonannya belum kenyal...masih belum mau menyatuu...eitss tapi setelah terus2an dihaluskan pake ulekan, dan di masukkan margarin, baru deh keliatan kenyalnya....asiiiiiik.....

Rasanya???enaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaak, tapi ya itu, saya masih belum telaten menghaluskan singkong, masih banyak grindilan2 singkong yg belum halus....


Resep saya dapat dari mba Rosdaniar

Getuk singkong
by Rosdaniar


Bahan2 :
  • 400 Gr singkong yg sudah dikuliti dan dibersihkan, potong2
  • 3 sdm butter / margarine (saya pake margarin)
  • 4 sdm gula pasir halus ( atau menurut selera )
  • keju buat taburan/ atau kelapa (ga pake)

Cara Membuat :
  1. Kukus singkong yg sudah dipotong2 tadi sampai matang
  2. Panas2 tumbuk sampai halus
  3. Tambahkan gula aduk rata
  4. Tambahkan Butter/margarine
  5. siapkan loyang tinggi3 atau 4 cm, masukkan campuran singkong tadi dalam loyang merata, tekan2 hingga menyatu / atau bisa juga dibetuk bulat sengan bantuan plastik ditelapak tangan
  6. Potong2 menurut selera
  7. Taburkan keju parut/kelapa parut diatasnya
  8. Hidangkan


Catatan :
  • selain menambah rasa, fungsi margarine/butter disini untuk mengikat si singkong biar ga "puyeur" jadi mudah dibentuk

Sawut Singkong

Holaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa saya kembaliiiiiiiiiiiiiiiii....
Fiuhhhh, setelah banyak urusan beres dan kelar, plus saya juga lagi rada males masak,,,,akhirnya saya masak memasak lagi pas ngeliat dirumah banyak singkong tergeletak di sudut rumah, memanggil-manggil saya untuk diolah menjadi aneka ragam makanan.....soalnya bosen banget kalo cuman digoreng dan digoreng lagiii....

Pilihan pertama saya jatuh pada resep sawut singkong, yang amat sangat mudah....
Soal rasa???? enak banget, serasa makan di siang hari pada hamparan sawah,hihihihi...lebay yah...tapi memang, makanan ini membuat orang tua saya nostalgia ke masa lalu...

Resep didapat dari Detikfood

Bahan:
1 kg singkong yang baru
1 sdt garam
½ sdt vanili
2 lembar daun pandan, potong-potong
100 g gula merah, sisir halus

Taburan:
100 g kelapa parut panjang, kukus dengan sedikit garam (ga pake)

Cara membuat:

  • Kupas singkong, serut kasar-kasar.
  • Aduk singkong serut dengan garam dan vanili hingga rata.
  • Taruh dalam wadah, beri potongan daun pandan dan taburi dengan irisan gula merah.
  • Kukus dalam kukusan panas hingga matang.
  • Angkat dan sajikan dengan kelapa parut.
Untuk 12 porsi

Minggu, 25 September 2011

Cheese Stick


Akhirnya memberanikan diri buat kue ini....padahal ngga punya alat buat menipiskan,hahahahahha...

Yaaaaak, saya menggiling manual....alhamdulillah ngga ada kesulitan berarti, sukses!! rasanya enak dan kriuk-kriuk...cuman memang saya mesti memperbaiki warnanya yang coklat banget,hahahahha...tapi rasanya emang ngejuuu banget dehhh....apalagi saya pake edam,serasa makan kastengel goreng,hihihi...

Oh ya, supaya hasilnya kriuk dan matengnya merata, saya pake tekniknya Budi Boga, menggoreng dengan minyak dingin dan menggunakan api kecil...

Resep dari NCC

Bahan:

  • 300 gr      tepung terigu
  • 200 gr      tepung sagu (saya pake tepung tapioka)
  • 1 sdt        garam
  • 4 btr        telur
  • 30 gr        mentega
  • 100 gr      keju parmesan, parut
 
Cara membuatnya:
  1. Dalam wadah campur tepung terigu, tepung sagu dan garam halus, aduk rata. Buat cekungan ditengahnya.
  2. Masukkan telur, aduk rata, beri keju parmesan, aduk dan uleni sampai bergumpal, tambahkan mentega, uleni terus hingga kalis.
  3. Tipiskan adonan dengan bantuan mesin giling mie, secara bertahap hingga paling tipis. Taburi tepung sagu, teruskan menggiling dengan pisau mie lebar.(saya pake cara manual, giling pake rolling biasa,trus potong2 pake pisau)
  4. Panaskan minyak jumlah banyak, goreng chees stick hingga kuning kecoklatan (saya pake teknik Budi Boga,menggoreng minyak dingin). Angkat, tiriskan (saya tiriskan di atas tisu, anginkan sebentar, cek minyaknya udah turun/belum dan cek kuenya udah dingin/belum. Kalo minyak udah ga ada dan udah dingin langsung masukin ke toples, eitss jangan sampe kelamaan juga di angin2in nya tar masuk angin malam melempem lagi). Kemas dalam wadah rapat.

Kue Widaran/Telur Gabus/Telur Belanak


It's kletikan weeeek....hehehehhehe...

Kalo ngeliat dari resepnya kayanya sederhana banget ya...padahal saya suka loh makan kue ini, tapi rada ga yakin, masa sih resepnya begini doang???

Dan emang betul, resepnya begini doang tapi bisa menghasilkan kletikan yang luar biasa enakkk!!

Masalah yang muncul saat saya mempraktekan resep ini adalah saat mengira2 adonan sudah kalis/bisa dibentuk atau belum...saat ulenan yang pertama, sepertinya kurang kalis, tapi saya tes dulu, dengan cara menggoreng 1 buah kue ini, dan memang hasilnya kurang oke...setelah saya perhatikan, ternyata adalah karena telornya kurang,,,saya pake 1 buah telor kecil (saya buat 1/3 resep) dan ternyata dibutuhkan sedikit tambahan telor lagi (tidak sampai nambah 1 telor, pokoke di sesuaikan sampai dia bisa kalis dan bisa dibentuk) supaya adonannya menjadi kalis...sip deeeh kuncinya disitu...

Kendala kedua...masalah menggoreng sih tidak ada masalah, karena saya mengikuti tips Budi Boga plek plek...yang jadi masalah adalah...kapan matengnya yaaa????hihihihi...ya pokoke sampai kuning kecoklatan deh...dan kue ini renyaaaaah sekali, ngga perlu adu gigi dulu,,,,beda dengan kue yang biasa dijual diluar...mungkin karena penggunaan telor ya???

Kendala ketiga, minyak gorengnya jadi berbusaaaaaaaa....hiksss

Resep ini saya dapat dari Budi Boga

Bahan:
  • 350 g tepung kanji/sagu tani 
  • 3 butir telur, kocok sebentar menggunakan garpu
  • 1/4 sdt garam halus
  • minyak untuk menggoreng. 
  • 2 sdm keju chedar parut (saya ganti 2 sdm bawang putih ulek)
Cara Membuat:
  • Campur tepung kanji, keju parut dan garam. Aduk rata.
  • Masukan telur sedikit demi sedikit sambil di uleni hingga terbentuk adonan yang bisa dipulung (saya menambahkan telur lagi sedikit2 supaya adonan bisa di bentuk, yah tergantung besar kecil telur sih, kebetulan saya pake telur yang kecil sehingga adonan jadi susah di pulung sehingga saya mesti tambahin sedikit telur lagi).
  • Ambil sejumput adonan, bentuk menggunakan kedua telapak tangan hingga berbentuk bulat panjang. Tampung hasilnya di dalam wajan berisi minyak dingin.
  • Panaskan minyak (saya pakai api kecil, dengan api kecil, kue akan menjadi mengembang) berisi adonan yang sudah dibentuk. Goreng hingga matang dan berwarna kuning kecokelatan (siram2 kue sehingga matangnya merata). Angkat, tiriskan (saya tiriskan di atas tisu, anginkan sebentar, cek minyaknya udah turun/belum dan cek kuenya udah dingin/belum. Kalo minyak udah ga ada dan udah dingin langsung masukin ke toples, eitss jangan sampe kelamaan juga di angin2in nya tar masuk angin malam melempem lagi). . Simpan dalam stoples/wadah kedap udara.
Untuk 300 g
Tips:

  • Jangan pernah menggoreng kue ini langsung ke dalam minyak panas. Kue akan meletus dan bentuknya menjadi tidak bagus. Goreng dalam minyak dingin. 
  • Untuk variasi rasa, kue widaran keju bisa di besta/dilapisi dengan gula pasir yang di panaskan hingga mengentak/semrambut
  • Masukan air sedikit demi sedikit, hentikan jika adonan sudah dapat di bentuk/dipulung. Tambahkan tepung jika adonan susah dipulung/terlalu lembek.

Sabtu, 24 September 2011

Rujak Buah


Keseringan beli rujak, sering liat cara bapaknya buat, akhirnya pengen bikin rujak sendiri,hehehhe...hebatnya lagi, saya belajar 'ngga langsung' dari sang bapak yang masih pegang teguh pakem rujak yang sebenar-benarnya...Maksudnya??

Kita liat dari penampakannya, dia pake gerobak yang khas rujak, ngulek bumbunya disitu plus ada talenan. Terus, dia pake buah2an yang ngga terlalu manis, cenderung ke asem ataupun netral dan ada ubi mentah (ugh, ga doyan....apa enaknya ya??) dan yang paling penting adalah, bumbu rujaknya pake terasi dannnnn pisang batu...yeppp, pisang batu emang ngasih efek yang luarrrrrrrrrr biasa enak ke rujak, selain terasi tentunya....

Pernah saya tanya..."pak, ga ada melon, semangka gitu? terus kok asem banget sih mangganya?" dia bilang " itu bukan rujak,,,,rujak itu ya kaya gini" widihhhh bener2 idealis ya....dan beliau udah jualan rujak selama 20 tahun dengan bentuk dan rasa yang seperti itu...SALUT

So, sekarang saya mau praktekan dari hasil penglihatan saya selama ini ngeliat bapaknya bikin bumbu rujak, mumpung ada mangga nih dirumah....Oya, disini saya pake takaran kira2 ya, jadi mesti di icip2 biar tahu rasanya udah pas ato belom..
Soal rasa??/udah pasti enakkk....rasanya mendekati rujak buatan bapaknya ngga???ngga lah,,,wong saya ngga pake pisang batu dan juga perbedaan merek terasi dan gula merah pun pasti mempengaruhi rasa bumbu rujak ini.....Malahan ya, terasi kelas murah dan gula merah yang kelas murah rasanya lebih enak dibanding yang kelas mahal,hihihiihi...kenapa bisa gitu ya???

Bahan2 :
  • Buah2an sesuai selera, potong2
Bumbu rujak :
  • Segenggam kacang tanah, sangrai
  • kurang lebih 5 sdm gula merah
  • 1 buah asam jawa
  • 1/2 sdt garam
  • 1/2 sdt terasi, sangrai
  • Cabe rawit sesuai selera
  • Air matang, dikira2 aja
  • 1-2 iris pisang batu (saya ga pake)
Cara membuat :
  • Ulek kasar kacang tanah
  • Masukkan gula merah, asam jawa, gara, terasi, ulek sampai rata
  • Tuangkan sedikit air, lihat kekentalannya, kalo uda pas, baru masukkan cabe rawit dan pisang batu. Ulek sampai rata
  • Penyajian : bumbu rujak siap disantap pakai buah-buahan

Jumat, 23 September 2011

Ikan Goreng Acar Kuning


Banyak menu ikan akhir-akhir ini,hehehehhe...
Cari yang simple aja dan resep acar kuning dari NCC... Rasanya enakkkk, ikan goreng garing ketemu dengan acar kuning yang asem-asem gimanaaa gitu...tapi saya ngga pake jeruk lemon, karena jeruk lemonnya udah abis untuk ilangin bau amis ikannya,hehheheh...

Bahan2 :
Ikan goreng :
  • 500 gr ikan, siangi, kerat2, bagi dua, cuci bersih
  • 3 buah jeruk lemon ukuran besar, peras airnya
  • Garam secukupnya
  • Kunyit bubuk secukupnya
  • Minyak untuk menggoreng
Acar kuning :

  • 300 gr     ketimun, buang biji, potong panjang
  • 300 gr     wortel, potong panjang
  • 100 gr     bawang merah kecil (saya pake bawang merah besar yang di potong dua atau potong tiga)
  • 100 gr     cabe rawit merah (saya ganti 2 buah cabe merah besar, iris serong)
  • 100 ml     air
  • ½ sdt      garam
  • 1 sdt       gula pasir
  • 4 sdm     air jeruk lemon (saya ganti beberapa tetes cuka masak)
  • 4 sdm     minyak goreng.
Bumbu halus acar :
  • 6 bh        bawang merah
  • 3 bh        bawang putih
  • 5 bh        kemiri utuh, sangrai
  • 1 ruas      kunyit

Cara membuat :
Ikan goreng :
  • Tuangkan air jeruk lemon pada ikan, diamkan 30 menit
  • Buang air jeruk lemon, taburkan garam dan kunyit bubuk kemudian remas2 sampai merata ke seluruh ikan, diamkan 30 menit
  • Goreng ikan sampai matang, tiriskan
Acar kuning :
  •  Panaskan minyak goreng, tumis bumbu halus hingga harum, tuangi air biarkan mendidih.
  • Masukkan wortel aduk rata, masukkan lagi ketimun, bawang merah dan cabe rawit. Aduk rata biarkan semua bahan terlumuri bumbu, beri garam dan gula pasir, aduk rata dan cicip. Bila sudah cukup rasanya, matikan api.
  • Tuang dalam wadah, beri beberapa tetes cuka masak, aduk sebentar. Sajikan.

Puding Coklat


Pengen buat puding coklat yang rasanya mendekati puding coklat buatan tante saya....nyoklat dan endang bambang dehhh....
So, saya gabungin resep dari NCC dan Icip2didapur  , dan rasanya emang nyoklatttt banget...oh ya, disini saya tidak menggunakan kuning telur, meskipun memang enak banget tapi....KOLESTROLLLL...hehehehe...

Bahan2 :
Agar2:
  • 1 bungkus (7 gr)  agar-agar warna coklat
  • 750 ml susu cair
  • 50 gr coklat bubuk
  • 1/4 sdt pasta coklat
  • 3 sdm gula pasir
Vla :
  • 600 ml susu cair
  • 100 gr gula pasir
  • 25 gr maizena
  • 4 sdm rhum (optional) atau 1/4 sdt vanili esens
Cara membuat :
Agar2 :
  • Campur semua bahan jadi satu. Pastikan coklat bubuk tercampur rata
  • Jerang di atas api kecil, aduk terus agar susunya tidak pecah
  • Masak sampai mendidih, tunggu sekitar 1 menit sambil terus di aduk, matikan
  • Tuangkan ke dalam cetakan agar-agar yang sudah di basahi dengan air matang
Vla :
  • Campur semua bahan jadi satu (kecuali rhum), apabila menggunakan essens vanili maka essens tersebut juga di masukkan ke dalam campuran tersebut. Pastikan tepung maizena menjadi larut
  • Jerang di atas api kecil, aduk terus agar susunya tidak pecah
  • Masak sampai mendidih, angkat
  • Aduk terus sampai vla menjadi dingin, hal ini agar susu tidak menjadi pecah dan tidak terbentuk kepala susu
  • Apabila menggunakan rum, maka masukkan rum setelah vla menjadi dingin, aduk rata
Penyajian :
  • Potong2 puding, sajikan dengan saus Vla

Kamis, 22 September 2011

Ikan Goreng Kemiri Ala Keluarga Nugraha

Duhhh maaapppp....ga ada foto ikannya...karena saya membumbui ikan di malam hari, pagi2 berangkat kerja, dan sore2 pas mau digoreng udah raibbbb....hahahah....ikannya digoreng untuk lauk siang, yowes lah saya posting resep aja yah...biar ga ngubek2 internet kalo cari resep ikan, setidaknya udah ada yang di praktekin,hehehehe...

Resepnya simple, kalo rasanya?? pasti enak lah, wong ada ketumbar,,,,ahahahha saya ga sempat icip, tapi kata orang rumah sih enak:D

Resep dari Keluarga Nugraha modified by Meinekuechemrsp

Bahan2:
  • 1 ekor ikan, kurang lebih 500 gr (saya pake kakap), cuci ikan, kerat2 kedua sisinya
  • 2 buah jeruk nipis
  • Minyak untuk menggoreng
Bumbu Halus :
  • 8 butir bawang merah
  • 8 butir bawang putih
  • 2 cm jahe 
  • 7 butir kemiri, sangrai
  • 5 cm kunyit
  • 1 sdm ketumbar, sangrai
  • 1 sdt garam
  • 1/2 sdm cuka masak

Cara membuat :
  • Lumuri ikan dengan air jeruk nipis, diamkan 30 menit
  • Kemudian buang air jeruk nipis tersebut, lalu lumuri ikan dengan bumbu halus, diamkan 30 menit
  • Goreng ikan sampai matang dan garing

Nasi Kebuli Semi Instant


Saya namain begitu karena cara masak saya yang pake 2 alat 1 bumbu, udah keluar pakemnya nasi kebuli, biar cepet :
1. Slow cooker (bikin kaldu)
2. Rice cooker (menanak nasi)
3. Pake bumbu instant

Saya tertarik dengan resep yang di share mba Rina Rinso di Milis NCC sehingga pakem saya ngikutin resep tersebut, tapi ngga menutup kemungkinan saya pake resep2 lain yang bikin bumbunya sendiri....nah resep2 itu adalah dari Belzy's Kitchen dan Haramain's Kitchen.

Saya tuh paling penasaran sama bumbu kapsah, yang merupakan jantungnya nasi kebuli...walah susah cari bumbu itu, akhirnya saya pernah baca (dimana yaa....lupa deh) nasi kebuli bisa pake bumbu gulai, asiiiik akhirnya meluncur deh ke supermarket cari bumbu gulai instant :D

Berhubung saya mendayagunakan beras basmati yang dihadiahkan dari tante saya, awalnya bingung juga dengan cara mengolah beras ini, setelah dicuci (sekali cuci air bekasan berasnya bersih banget lohhh! beda banget kalo kita cuci beras produk dalam negeri yang harus beberapa kali dicuci) trus direndam 30 menit. Udah gitu, perbandingan air untuk menanaknya 1 : 5 = 1 cup beras : 5 cup air...buseeeeet banyak banget airnya.
Karena rada ngeri takut gagal, akhirnya saya pake perbandingan 1 : 4,5 = 1 cup beras : 4,5 cup air, dan hasilnya,eng ing eeeeenggg.....berasnya jadi mengembang tapiiiii lembek banget,hahahahahhahah....well berarti next time coba2 di kurangin lagi airnya jadi 3-4 cup air aja...

Soal rasa???widiiiiih enak bangetttttttttttttttttttttttttttttt....saat berasnya lagi dimasak di rice cooker, wangi rempah2nya kecium ke seantero rumah....jadi kriuk2 laper :)...so, check it out yaaa resepnya...

Nasi Kebuli ala Ibu Azizah Modified by Meinekuechemrsp

Bahan2 :
  • 312 gr beras Basmati, cuci bersih, rendam di dalam air selama 30 menit, tiriskan, sisihkan
  • 2 sdm mentega untuk menumis (katanya lebih enak kalo pake minyak samin)
  • 1/2 jari kayu manis
  • 3 buah Cengkeh
  • 1/4 sdt lada bubuk
  • Garam secukupnya
 Kaldu Daging :
  • 250 gr daging sapi, potong kotak2
  • 1.500 ml air
  • 1 buah pekak
  • 1 jari kayu manis
  • 4 buah kapulaga warna putih, geprek
  • 3 buah cengkeh
  • 1 jari lengkuas, geprek
  • 1 jari jahe, geprek
  • 1 buah bawang bombay, iris kasar
  • 1 buah tomat, belah 4
  • 4 buah bawang putih, geprek
  • 4 buah bawang merah, iris halus
Bumbu halus :
  • 1 buah bawang Bombay ukuran besar, cincang
  • 5 siung bawang merah
  • B10 siung bawang putih 
  • 2,5 sdm bumbu gulai instant (merek Bamboe)
  • 1/4 sdt lada bubuk
  • 3 buah kemiri
  • 1/2 sdt ketumbar

Cara membuat :
Kaldu daging :
  1. Masukkan semua bahan-bahan kaldu daging ke dalam slow cooker, set ke high selama 4 jam, kemudian set ke low selama 6 jam. Matikan.
  2. Saring kaldu, pisahkan antara daging dengan kaldunya. Ukur kaldu sekitar 936 gr - 1.248 gr, dikira2 aja ya, saya juga masih belajar ni supaya dapet nasi yang ngga terlalu lembek. Sisihkan
Nasi kebuli :
  1. Tumis bumbu halus + kayu manis+cengkeh+lada bubuk+garam dengan mentega
  2. Setelah wangi, matikan api.
  3. Masukkan ke dalam rice cooker berturut : beras + kaldu + daging sapi + tumisan bumbu halus, aduk sampai rata
  4. Masak beras di dalam rice cooker
  5. Nikmati selagi hangat

Selasa, 06 September 2011

Cornflake Cookies Dapur Syl


Iseng2 coba cornflakes cookies lagi...nah, kalo yang ini pake 100 % full butter, jadi rasanya sangat maknyusss...boleh lah kalo buat konsumsi rumah, mumpung masih ada sisa wysman dirumah...

Dibandingkan  dengan Cheesy Cornflakes Cookies kemarin, cookies yang ini lebih rapuh tapi mudah di pulung/bentuk dan bentuknya steady dan rasanya seperti yang saya bilang, enakkkkk buangettttt....menurut saya, kunci resep ini adalah penggunaan 100% full butter - mahal bo'

Resep dari Dapur Syl....saya ambil dari Dapur AzHaFa
Bahan:
  • 400 gram butter kalengan
  • 200 gram gula pasir
  • 400 gram terigu
  • 250 gram cornflakes
  • 2 kuning telur
  • 1 sdt vanili cair
Cara membuat :
  1. Kocok butter kalengan, gula, telur, dan vanili sampai putih.
  2. Lalu masukkan sedikit demi sedikit tepung terigu hingga rata.
  3. Kurangi kecepatan mixer ke bagian yang terendah, lalu masukan cornflakes. Jangan terlalu lama, karena cornflakes akan hancur.
  4. Bentuk adonan dengan tangan sesuai selera.
  5. Adonan pun siap di panggang 160 derajat 25 menit.

Tim Ikan Bawang Putih


Rasanya mirip dengan yang di restoran-restoran....hummm nyummy....rasanya light yet delicioso...

Resep dari Femina Online
di modifikasi oleh meinekuechemrsp


BAHAN:
  • 500 g ikan kerapu, bersihkan (saya ganti dengan bawal)
  • 1 buah jeruk nipis, ambil airnya
  • 8 siung bawang putih, iris tipis
  • 4 cm jahe, iris bentuk korek api
  • 1 batang bawang daun, iris bentuk korek api
  • 4 sdm kecap asin
  • 2 sdm saos tiram
  • 6 sdt minyak wijen
  • ½ sdt merica bubuk
  • ½ sdt garam
BUMBU HALUS :
  • 5 siung bawang putih
  • 2 cm jahe
  • 1 sdt garam
CARA MEMBUAT:
  • Lumuri ikan dengan air jeruk nipis.Diamkan selama 30 menit. Cuci bersih, kemudian lumuri dengan bumbu halus, sisihkan
  • Campur  bawang putih iris, jahe, bawang daun, kecap asin, saos tiram, minyak wijen, merica bubuk, dan garam. Aduk rata. Tuang ke dalam pinggan berisi ikan.
  • Tutup pinggan dengan kertas aluminium foil dan kukus selama 15 menit hingga semua bahan matang. Angkat.
  • Sajikan hangat.
Untuk: 4 porsi
Kalori per porsi: 148 Kkal

Senin, 05 September 2011

Choi Pan

Pertama kali kenalan dengan Choi Pan ini adalah saat saya masih kursus di Goethe Institut Jakarta, bosen dengan makanan berat yang dijual di kantin, mata saya melirik pada 4-5 pcs camilan dalam plastik mika yang berbentuk seperti dim sum....saya tergoda untuk membelinya karena murah dan ngga sempat nanya ke penjualnya, " itu apa ?" karena terlalu berharap itu hakau,hahahahahahhahaaa...........pas dimakan, agak sedikit aneh, krenyes2 dengan rasa gurih dan tentunya rasa bawang putih goreng yang saya suka sekali...meskipun aneh, tapi saya suka, dan seterusnya saya menjadi pembeli setia Choi Pan di Goethe Institut...



Choi Pan saya temui lagi di ruko Cempaka Mas dengan rasa yang sama persis hanya size lebih besar dan saya menjadi pembeli setia di ruko tersebut...jalan-jalan ke Carrefour ITC Cempaka Mas, ternyata ada toko kue yang menjual Choi Pan di sana, hanya saja sizenya lebih besar dari yang di ruko Cempaka Mas,harga lebih mahal dan dijual per pcs, bukan dalam bentuk plastik mika.

Usut punya usut, teman kantor saya yang orang Pontianak bilang bahwa kue itu terbuat dari ebi dan bengkoang dan berasal dari Pontianak karena maminya suka membuat kue ini...waktu itu sih saya belum kebayang untuk masak-masak, ngurus urusan kantor aja udah puyengnya minta ampun, apalagi masak?? hehe...

Nah, saat saya lagi kangen berat Choi Pan, dan malas untuk ke Goethe Institut apalagi ke Cempaka Mas....saya hanya bisa menahan rasa kangen ini....dan kangen ini terbalas sudah dengan saya mempraktekkan resep yang di dapat dari mba Wina via milis NCC...makasi ya mba :D

Bagi saya, kesulitan dalam membuat Choi Pan ini adalah saat menggilas, dan saat membentuk menjadi bentuk pastel (saya pake cetakan pastel), karena selalu robek dan kalaupun ngga robek, eeeh pas selesai di kukus robeknya....jadi diperlukan kecermatan kita dalam mengira2 tebal kulit Choi Pan...

Soal rasa? sama persisssss dengan yang saya beli jaman dahulu kala...senangnyaaaa :)


Adonan Kulit :
  • 150 gr tepung tepung beras 
  • 50gr tepung sagu tani 
  • 1/2 sdt garam  
  • 500ml air 
  • 3 sdm minyak goreng

Adonan Isi :
  • 200 gr bengkuang,potong korek api, peras airnya. 
  • 2 biji wortel, dipotong korek api (bisa di-skip klo tidak suka - saya tidak pakai) 
  • 3 sdm minyak sayur
  • 5 siung bawang putih, cincang 
  • 50 gr ebi, seduh/goreng, cincang (yang ini kudu pake, biar wangi) 
  • 50 gr udang basah yang kecil-kecil (boleh pakai/ boleh tidak - saya tidak pakai) 
  • 1 sdm gula pasir
  • garam dan merica secukupnya
  • Saya tambahkan : Sedikit air untuk mengempukkan bengkuangnya

Saus bawang putih:
  • 5 buah  bawang putih, cincang halus 
  • 50 ml minyak goreng

Saus cabe : (saya ga pake, saya cukup pake saos sambal botolan yang diencerkan dengan sedikit air matang)
  • 50 gr cabai merah, buang biji, rebus, haluskan 
  • 250 ml air
  • 25 gr gula pasir
  • 2 sdm cuka
  • 1 sdt garam 
  • 2 siung bawang putih, haluskan

Cara membuat :
  1. Adonan isi : panaskan minyak, tumis bawang putih hingga harum. Masukkan semua bahan, masak hingga matang. Angkat. 
  2. Adonan kulit : campur semua bahan untuk kulit jadi satu, Aduk diatas api kecil hingga menjadi adonan yang bisa dibentuk (tidak perlu tunggu sampai mendidih, karena adonan akan menjadi menggumpal dan kalis dengan api kecil dan proses pengadukan yang terus menerus). Jika saat membentuk adonannya masih lengket, boleh tambahkan sagu tani sedikit (jangan terlalu banyak sagu dapat membuat kulitnya jadi alot)
  3. Ambil adonan kulit secukupnya, isi dengan adonan isi, lalu dibentuk seperti hakau/pastel . Lakukan hal yang sama hingga adonan habis.
  4. Kukus choi pan dengan api besar selama ± 15 menit atau hingga matang. Angkat, hidangkan panas-panas dengan saus cabe dan taburan bawang putih goreng.
  5. Saus bawang putih : Goreng bawang putih dengan minyak sampai kecoklatan, tiriskan
  6. Buat saus cabe : campur semua bahan untuk saus hingga rata

Note :
  • Agar pada saat kukus choi pan tidak menempel di dasar kukusan, lebih baik kukusan dialasi plastik yang sudah diolesi minyak goreng. 
  • Usahakan choi pan tidak menempel satu sama lain pada saat dikukus (soalnya suka pada sobek kulitnya)
  • Saat menggilas tipis kulit choi pan, alasi plastik di bawah dan di atas adonan kulit choi pan 

Kamis, 01 September 2011

Pastel Tutup


Open house at my house...well, exactly my parent's house....mencoba kasih kontribusi pot luck, hehehehhe...dan jadilah pastel tutup ini...semuanya bilang enakkkk....rasa pastel ini cenderung ke gurih jadi cocok banget digado pake saos sambel...hehehhe...

Resep saya dapatkan dari NCC dan dengan variasi toppingnya dari serial Primarasa...nah sayangnya topping atas saya ini terlalu sedikit jadinya tipis banget dehhhh,,,maklum, kentangnya kurang,hehehehe,,,

Bahan:
 Dasar :
  •  500 gr     kentang, kukus, kupas, haluskan
  • 4 sdm      susu bubuk full cream
Isian :
  • 500 gr     daging cincang
  • 1 bh        bawang Bombay
  • 2 bh        bawang putih
  • 1 kaleng   jagung manis, tiriskan
  • 300 gr     kentang, potong dadu (saya ganti wortel)
  • 200 gr     paprika, potong dadu kecil
  • 350 ml     kaldu 
  • 1 sdt       chicken powder
  • 1 sdm      kecap inggris
  • 1 sdt      garam
  • 1 sdt      lada bubuk 
  • 1 sdm     tepung maizena, larutkan dengan sedikit air.
  • Minyak goreng untuk menumis
Topping atas :
  • 250 gr kentang kukus, kupas, haluskan
  • 1/4 sdt garam
  • 1/8 sdt merica bubuk
  • 1/8 sdt pala bubuk
  • 1 sdm margarin
  • 1/2  butir telur, kocok lepas
  • Kertas roti/plastik untuk alas menggilas
  • 100 gr    keju cheddar parut, untuk taburan

Cara membuat:
Dasar :
  1. Campur kentang halus dan susu bubuk hingga rata, taruh di dasar loyang bersemir margarin, ratakan
Isian : 
  1. Panaskan minyak goreng, masukkan bawang Bombay dan bawang putih, tumis hingga layu. Masukkan daging cincang, aduk rata biarkan sampai daging matang dan berubah warna.
  2. Tambahkan jagung kaleng, paprika, aduk rata, tuangi kaldu, aduk rata, tambahkan garam, lada bubuk, kecap inggris, chicken powder, aduk rata. tuang larutan maizena, aduk biarkan kental. Angkat. Tuangkan di atas kentang (dasar)
 Topping atas :
  1. Campur hingga merata : kentang kukus, garam, merica, pala dan telur
  2. Olesi kertas roti/plastik dengan margarin, taruh adonan kentang diatasnya
  3. Gilas selebar ukuran loyang, lalu balikkan bersama kertasnya di atas adonan isi dalam loyang
  4. Buang kertasnya, rapikan topping atas
  5. Taburkan keju parut
  6. Panggang selama 45 menit hingga matang/kuning kecoklatan (saya pakai suhu 180 derajat)

Selasa, 30 Agustus 2011

Kaastengel 1234


Pengen banget bikin kaastengel...tapi takut...takut gagal, karena lumayan kan bahan bakunya tuh muahal banget (keju edam en mentega wysman kan muahalll) padahal saya udah punya resepnya dari mba Mia via milis NCC yang tanpa mixer...

Tapi emang, ketakutan itu akan kalah dengan kenekatan, niat dan doa,hehehhehehe..kesulitan pertama saya adalah eng ing eeeeeng, ngupas keju edam....huaaa lama banget dehhh, soale kan ada 3 lapisan tuh, pertama plastik merah, kedua lapisan lilin merah, ketiga lapisan kaya karet gitu yg lengket ke lilin merah itu,saya ngeletekinnya pake tangan (manual), hmmm kira2 ada cara cepet gak ya ngletekin lapisan itu????

Kendala yang kedua, pas ngaduk adonan pake pisau....saya pake dua buah pisau, adonan di cacah, diaduk...saya si mikirnya mungkin karena kalo ngaduk pake tangan nanti adonan bisa kena suhu tubuh qta dan akan mengakibatkan mentega jadi meleleh, kalo pake mixer bisa jadi overmix...okelah, saya mah ngikut resep aja
Pas saya ngaduk2 pake pisau, jadi mikir, ni resep mirip dengan Vanilla Hearts atau cookies sejenis short bread itu loooh, yang pake full mentega...

Kendala yang ketiga, ngukur suhu oven yang sesuai, akhirnya pake ilmu kira2 aja deh,hahahhahaha...

Hasil akhir????well, secara ibu saya penggemar kaastengel, maka saya minta beliau tes icip, dan katanya enak banget, sama percis kaya yang dijual2 yang harganya mahal...lah iya wong saya pake full wysman dan edam, rasanya mentok banget enak laaaah...dan rasa krenyes2 itunya loh, yang damn!!! bikin tangan ini gatel pengen ambil-ambil-dan ambil lagi..hasilnya ngeju banget dan ngeprullll, likey so mmmmuchhhh....

So, resep ini juga akan jadi resep andalan saya,hehehhe...

Bahan2:

  • 1 bh telur (saya pake kuning telur aja) 
  • 200 gr keju edam, diparut
  • 300 gr mentega
  • 400 gr terigu (tepung disangrai dulu sebentar baru diayak)
 Bahan Olesan :
  • 2 buah kuning telur
  • 50 gr keju edam parut
 Cara membuat :
  • Dalam tempat yang datar, campur telur, keju, mentega dan terigu
  • Diaduk pake dua buah pisau sampai tercampur rata
  • Ambil plastik bening, masukkan adonan ke dalam plastik tersebut, bungkus dan masukkan ke chiller kurang lebih 2 jam
  • Keluarkan adonan dari chiller, gilas di atas plastik, bentuk sesuai selera
  • Olesi dengan kuning telur, taburi keju parut
  • Oven dengan suhu 120 derajat C selama 20 menit, kemudian naikkan 180 derajat C sampai berwarna kuning keemasan (ini saya kira2 loh yaaaa....)


Cheesy Cornflakes Cookies


Abis makan cookies cornflakes dari tetangga....duhhh enak bangettt....dan dalam 2 hari langsung abissss....jadi keinget dulu saya pernah buat cookies cornflakes juga, enak juga sih rasanya, tapi.....meleber banget adonannya...jadi serem deh pengen bikin lagi...

Tapi...dengan semangat 45, saya berusaha membuat kue ini lagi..saya menggabungkan 2 resep ini, yaitu dari J's Kitchen dan Detik Food.

Hasilnya ??adonannya mudah di bentuk alias ngga bleber, rasanya juga enaaaaak....Saya akan selalu pake resep ini,hehehhehe...

Bahan:
  • 80 g margarin
  • 50 g mentega
  • 1/2 sdt esens vanilla
  • 100 g gula bubuk
  • 1 butir telur ayam
  • 150 gr keju parut
  • 200 gr cornflakes (3/4 saya hancurkan halus, dan 1/4 untuk hiasan di atas)
Ayak jadi satu:
  • 200 g tepung terigu
  • 30 g tepung maizena
  • 30 g susu bubuk
  • 1/2 sdt baking powder

Cara membuat:

  • Kocok margarin, mentega dan gula hingga lembut.
  • Tambahkan telur dan essens vanilla, kocok rata.
  • Tambahkan campuran tepung, aduk rata.
  • Masukkan bubuk cornflakes dan keju, aduk rata.
  • Bentuk bulat, pipihkan,beri cornflakes diatasnya,  taruh dalam loyang datar.
  • Panggang dalam oven panas 180 C selama 30 menit.
  • Angkat dan dinginkan.
Untuk 600 gram

Senin, 29 Agustus 2011

Semur Betawi


Tempo hari saya pernah membuat semur Betawi dengan bahan dasar tahu cina, kentang....cuman saya tertarik dengan resep yang di share oleh Ibu Fat di website & Milis NCC, karena bahan dasarnya daging dan penggunaan rempah2nya yang lebih banyak...

Oia, out of topic nih,,,,,ternyata keputusan lebaran itu lusa, padahal di tanggalan tuh besok...hadoooooooohhhh...padahal saya udah buat potluck untuk open house besok...terpaksa masuk kulkas deh, padahal saya paling ga suka kalo makanan di beku2in gitu...bete bangetttt..Dan tadi liat berita, kasian banget yang di Medan, udah mo ngrayain malam takbiran (ada panggung, ada dekorasi, panggilin warga, mobil pawai) eeeeeeh ditunda jadi besok...


Daaan berhubung saya pake slow cooker, maka resep Bu Fat saya modifikasi dikit...
Soal rasa, hummmm yummmyyyy perfecto!!! cuman warnanya kurang gelap nih, pake kecap apa ya supaya warnanya gelap banget????penasaran.com.......rempahnya berasa bangetttt bahkan bapak saya sampe tergila2 sama semur ini dan kuahnya kentallll banget....gacoan saya juga nih resep hehehhe dan yang paling saya suka adalah semur ini ga pake santan, banyak rempah yang artinya bagus untuk kesehatan...

Pada resep ini saya juga menambahkan penggunaan kayu manis dan cengkeh...karena kalo mengikuti resep, wangi&rasa jintennya kentara sekali, sedangkan saya lebih suka aroma kayu manis & cengkeh yang kuat...So, kalo mau resep aslinya silakan ke website NCC langsung yaa



 Bahan2 :
  • 500 gr     daging sapi haas, potong-potong 
  • 250 gr     kentang, potong-potong
  • 1 bh        tomat, potong-potong 
  • 3 lbr        daun salam 
  • 10 btr      cengkeh
  • 10 cm      kayu manis 
  • 10 sdm   kecap manis 
  • 1 sdt       garam  
  • ½ sdt      pala bubuk 
  • 1 ltr         air 
  • 1 sdm     minyak sayur
  • Bawang goreng secukupnya untuk taburan


Bumbu, dihaluskan:
  • 8 bh        bawang putih 
  • 8 btr        kemiri 
  • 3 cm       jahe  
  • 2 sdt       ketumbar 
  • 2 sdt       jintan
  
Cara Membuat :
  • Campur dalam wadah : bumbu halus, kecap manis, minyak sayur & daging sapi. Aduk sampai rata&daging terlumuri bumbu, masukkan dalam chiller, diamkan semalaman
  • Keesokan harinya, masukkan ke dalam slow cooker berturut2 : tomat, daun salam, cengkeh, kayu manis, dan daging yang sudah dilumuri bumbu.
  • Tuangkan air, garam dan pala bubuk
  • Set ke menu 'low' dan matikan setelah 10 jam. 2,5 jam sebelum 10 jam,masukkan kentang.
  • Setelah 10 jam matikan slow cooker, pindahkan semur ke panci, masak dengan api kecil sekitar 1,5-2 jam untuk lebih mengentalkan & menyurutkan kuah semur
  • Silakan deh di makan....
 Note :
  • Saya ngga tau nih, apakah penambahan item ini merupakan murni resep semur betawi atau sudah modifikasi. Ternyata, untuk menghasilkan warna hitam pekat, selain pengggunaan kecap yang tepat tapi juga bisa di tambahkan kluwak.....yah tapi jangan banyak2, ntar pahit lagi...next time saya mau pake kluwak ahhh...mungkin untuk 1 resep ini pakai 1 buah kluwak aja yah...

Sambel Goreng Hati Kentang


Akhirnya, bisa juga saya memasak untuk menu lebaran, meskipun hanya dua hidangan saja, karena yang lainnya ...ngga bisa masaknya,heheheheh....

Tema masakan saya, tanpa berbau kolestrol, oleh sebab itu bahan santan di hilangkan, karena saya sudah beli sayur labu bersantan...Meskipun tanpa santan, rasanya tetep oke koook, tapi yah memang, kurang gurih gimana gitu, karena bagi saya santan itu memberikan rasa yang luar biasa terhadap makanan...

Resep ini saya dapat dari website NCC..

Resep ini saya modifikasi sedikit, modifikasinya juga dari tipsnya Bu Fat dan rekan2 NCC lainnya...pokoknya resep ini bakal jadi gacoan saya di setiap Lebaran...

Oh ya, banyak cara dalam hal menggoreng hati sapi. Pada resep asli NCC, hati kentang dimasak bersama dengan bumbu-bumbu, kemudian ada juga hati sapi di taburi susu bubuk dan digoreng supaya crispy, nahhh kalo saya (inget yawww...saya menghindari kolestrol maupun gorengan terlalu banyak minyak) pake metode hati yang direbus...
Bahkan saking berusaha sehat, minyak goreng pun saya subtitusi dengan minyak Virgin Zaitun kesayangan saya,hehe..

Bahan :

  • 250 gr hati sapi, potong dadu.
  • 250 gr kentang potong dadu, goreng.
  • 50 gr kapri (ga pake)
  • 2 bh cabe merah besar, buang biji, iris halus (ga pake)
  • 1 ruas lengkuas, pukul
  • 2 lbr daun salam
  • 1 btg serai
  • 1 sdt garam
  • 200 ml santan (saya ganti air biasa)
  • Minyak agak banyak untuk menumis (kurang lebih 5 sdm supaya minyaknya berwarna merah)
 Bumbu Halus :

  • 5 bh cabe merah besar haluskan.
  • 2 bh bawang putih, haluskan
  • 8 bh bawang merah, iris tipis
Bumbu Untuk Rebusan Hati :


  • Air untuk merebus
  • 1/4 sdt garam
  • 2 lbr daun salam
  • 4 lbr daun jeruk, sobek2
  • 4 cm jahe, memarkan
  • 4 cm lengkuas, memarkan

Cara Membuat :
  • Masak air untuk rebusan hati bersama garam, daun salam, daun jeruk,jahe dan lengkuas. Setelah mendidih, masukkan hati sapi, rebus sampai matang, tiriskan.
  • Tumis bumbu halus bersama lengkuas, daun salam dan serai. Masak sampai harum dan matang serta terlihat minyak menjadi berwarna merah
  • Masukkan hati sapi & kentang, tuangi air, biarkan mendidih dan air menjadi sedikit surut.
  • Angkat

Selasa, 23 Agustus 2011

Udang Masak Blue Band



Hayooo tebak fotonya yang manaaa????maklum, ga sempet foto, yang foto adalah Uwaku yang jago poto...:D

Mo open house buka bersama bingung menunya apa....pas saya cek blog saya ini, walaaaah ternyata saya kebanyakan bikin kue,dessert, pokonya bukan menu utama nasi deh....jadi bingung banget....untung di tabloid Nova ada resep dari Blue Band, meskipun resep itu pakenya cumi,tohhh sama aja, sama2 seafood,hehehehehe...

Resepnya gampang banget,,,,,duh, saya berjanji, mulai saat ini mau buat menu utama nasi, yah paling nggak di banyakin lah variasinya, supaya bisa jadi menu andalan saya :D

Rasanya, endang gulindang, padahal sederhana banget bahan2nya, malah sampe di bungkus buat sahur kata sodara2...yipppieeee....senengnyaaaa...awalnya sih sodara2 saya ngga percaya saya yang bikin,hihihi...tapi setelah di yakinkan seyakin2nya, akhirnya percaya...alhamdulillah...

Modified by Mrs.P

Bahan2 :
  • 300 gr udang ukuran sedang, kerat memanjang di bagian punggungnya, buang urat hitamnya, cuci bersih
  • 1 sdt air jeruk nipis
  • 1/2 buah bawang bombay
  • 5 siung bawang putih cincang kasar
  • 1 cm jahe, geprek
  • 1 sdm kecap inggris
  • 3 sdm kecap manis
  • 1/8 sdt garam
  • 1 sdt gula pasir
  • 3 batang kucai, potong 3 cm
  • 100 gr blue band untuk menumis

Cara Membuat :
  • Lumuri udang dengan air jeruk nipis. Diamkan 15 menit, cuci bersih
  • Goreng udang di minyak panas, angkat, sisihkan
  • Panaskan blue band, tumis bawang bombay, jahe dan bawang putih sampai harum
  • Masukkan kecap inggris, kecap manis, gula pasir, garam, aduk sampai mendidih
  • Masukkkan udang goreng dan kucai, aduk rata. Didihkan sekali lagi
  • Angkat, siap di nikmati

Untuk 3 porsi

Senin, 22 Agustus 2011

Es Buah


Menu berbuka saat open house kemarin....segerrrrr banget, bikinnya juga tinggal cemplung2,hehehhe...PRAKTISSSS.....

Saya  jarang banget bikin es buah, karena ngindarin manis...dan resep ini didapet dari teman kantor saya, mba Ida, thxxx banget ya neng...berguna sekali,hehehhe...

Sayangnya saya ngga sempet poto2, dah keburu cape, pegel, bolak balik ambil piring kotor, untungnya ada Uwa yang doyan banget foto2...dan foto2nya jempolan....duuuh kapan ya bisa take a pic as good as her??? (nglamun.com)...

So, this is it!Bisa untuk sekitar 30 orang

Bahan2 :
  • 4 bungkus jelly (buang airnya, cuci dengan air matang,saring)
  • 1 buah blewah, serut memanjang (pake serutan memanjang gitu, di pasar harganya 5ribu, murmer kan?)
  • 2 bungkus nata de coco (buang airnya, cuci dengan air matang,saring)
  • 1/2 botol selasih merek Kupu2 - kalo gak salah mereknya (taruh di wadah, siram dengan air mendidih yang banyak, diamkan 15 menit, saring)
  • 1 1/2 botol sirup Marjan rasa melon
  • Air matang secukupnya
  • Es batu secukupnya
Cara membuat :
  • Taruh di wadah besar : jelly, nata de coco, blewah, selasih
  • Tuangkan sirop, beri air matang dan air es (dikira2 aja, manisnya mau segimana)
  • Selamat berbukaaa

Sabtu, 06 Agustus 2011

Choco Bread Pudding


Roti tawar sisa, ngga kepake, ngga kemakan, jangan dibuang...karena bisa diberdayakan menjadi teman makan yang asik punyaaa.....
Resep saya dapat dari mba Hesti, dan rasanya nyoklat punya....rasa rotinya ngga begitu kentara, yang ada rasa coklat, coklat dan coklat...hehehhe...

Bahan :
- 4 lembar roti tawar whole meal,buang pinggirannya (saya pake roti biasa mungkin sekitar 7 potong,pinggirannya ngga dibuang, sayang ahhh)
- 400 ml susu cair
- 1/4 sdt garam
- 15 gr cokelat bubuk
- 75 gr gula pasir
- 3 butir telur
- 1 sdm mentega tawar, lelehkan
- 1 buah vanili pod, keluarkan isinya (saya pake 1 sdt pasta vanilla)
- 75 gr dark chocolate, cincang kotak kecil

Bahan pelengkap : (saya ga pake)
- saus cokelat
- krim

Cara membuat :
  1. Sobek sobek roti menjadi potongan yang kecil.
  2. Di wadah yang lain campur susu, cokelat bubuk, telur, garam, gula, vanili lalu aduk rata menggunakan whisk.
  3. Saring lalu tuang ke dalam wadah roti tawar. Aduk hingga rata (disini saya sedikit menghancurkan roti tawar tersebut supaya bersatu dengan bahan cairannya itu). Tambahkan butter leleh dan cincangan cokelat. Aduk lagi asal rata. Tuang di wadah/pinggan tahan panas yang sudah dioles butter
  4. Panggang selama sekitar 35 - 45 menit sampai set dengan panas 180 C.
  5. Angkat. Sajikan hangat-hangat dengan saus cokelat atau krim kental.

Selasa, 19 Juli 2011

Sup Krim Ayam Jamur NCC


Terinspirasi dari tante saya yang jago masak & ngebawain sepanci gede sup krim ayam jamur disaat kami menunggu dirias (pagi2, jam 7 pagi, menjelang sepupu saya yang mau menikah), wawwww.....serasa dapet durian runtuh!! Langsung deh pada nyerbu si sup krim tersebut dan uenake puoooooool!!!
Nah, sebenernya saya pengen minta resepnya, cuman saya mau coba-coba buat sup krim sendiri hasil browsingan,heheheheh....dan dapatlah resep yang tersohor itu dari NCC....

Disini yang saya modifikasi hanya penambahan bahan, penggantian bahan (karena ga ada) dan cara membuatnya aja, supaya lebih gampang,heheheh...soale kalo caranya sesuai resep, saya selalu gagal....itu tuh saat tepung terigu di masukkan trus di tambahin susu sedikit demi sedikit, selaluuuuu gagal.....

Soal rasa, enaaaaaaaaaaaaaaaaaaaak banget!!!! tapi menurut saya ada yang kurang, kurang gurih gitu....yah, sepertinya karena saya mengganti bahan-bahannya deh, seperti susu evaporated diganti susu cair plain UHT soale susah banget di cari nya.....mau pake krim cair, rada mahal dan berlemak banget...udah gitu kaldu ayam pun berperan penting kalo pengen menghasilkan sup krim yang mantafff punya....disini saya buat kaldu biasa banget deh, kalo di bandingin buatan tante saya, sup krim buatan saya ini lewatttttt....ya itu, menurut analisa saya (ciehhh...) karena penggunaan bahannya, cara membuat kaldunya, takaran susu dengan kaldu yang saya rubah dan penggunaan unsalted butternya (beda merek, beda rasa dan beda wanginya)....

Menurut orang rumah??? enakkkkkkkkkk buangettt....syukurlah,,,,saya jadi senang...:)

Disini step by stepnya sudah saya rubah yaaa....kalau mau aslinya, bisa langsung ke websitenya langsung

Bahan:
  • 100gr    jamur kaleng, cincang
  • 150 gr   ayam rebus, potong dadu
  • 50 gr     bawang bombay, cincang
  • 1,5 lt     kaldu ayam ( karena saya pake susu cair, maka saya pake 750 ml kaldu ayam)
  • 250 ml   susu evaporated (saya ganti dengan 1 liter susu cair UHT plain)
  • 50 gr     tepung terigu
  • 100 gr    mentega (saya pake unsalted)
  • ½ sdt     lada bubuk
  • 2 sdt      garam
  • 1 sdt      chicken powder (saya pake royco ayam, 8 gr, kenapa? karena sup krim saya kurang gurih, dikarenakan subtitusi susu dan pengolahan kaldu ayam yang kurang maksimal)
  • Saya tambahin : 2 bonggol jagung manis, dipipil

Cara membuatnya:
  1. Di dalam mangkok, campur tepung terigu + susu cair + kaldu ayam + garam + lada bubuk + royco ayam, aduk rata supaya tepung terigunya tidak bergerindil, sisihkan
  2. Lelehkan mentega, tumis bawang Bombay hingga layu dan transparan
  3. Tuangkan adonan susu sedikit-sedikit sambil diaduk terus api kecil
  4. Masukkan jagung manis dan ayam rebus tetap aduk
  5. Aduk terus sampai mendidih, sup menjadi kental dan mentega yang tadinya terpisah dengan sup menjadi menyatu dengan sup
  6. Masukkan jamur, tetap aduk sampai mendidih yang kedua kalinya. Dan cek lagi, sup sudah menjadi kental dan tidak ada mentega yang terpisah dengan sup, matikan api
  7. Tetap aduk selama 5-10 menit
  8. Lebih lezat bila disajikan hangat.

Pisang Goreng Wijen


Rasanya enak, meskipun ada unsur susu cair coklatnya, tapi ngga berasa, ya iyalah...takarannya cuman sedikit...saat digoreng agak sedikit lengket, tapi hal ini dikarenakan wajan saya emang lengket,hihihiihihih....dan ngga terlalu garing, kriuk dikit laaah, dengan salutan tepung yang tipis pula (mungkin karena pake tepung beras thok ya???)....
Untuk alternatif panganan pisang, oke laaah :)

Resep dari Femina online
 
BAHAN:
  • 2 sdm biji wijen putih
  • 2 sdt gula palem (saya kurangi 1 sdt karena saya pake pisang tanduk yang udah benyeek banget, ni pisang kalo udah benyek, manisnya minta ampun dah)
  • 50 g tepung beras
  • ¼ sdt garam
  • 120 ml (dari 3 butir) putih telur ayam, kocok (saya pake 2 telur aja, irit bo')
  • 30 ml (2 sdm) susu cair cokelat (saya pake susu cair UHT plain dikasih secuil bubuk coklat,aduk)
  • 8 buah pisang kepok kuning, kupas (saya pake pisang tanduk benyek,yang kulitnya udah pada menghitam, 3 buah)
  • Minyak untuk menggoreng

CARA MEMBUAT:


  • Campur biji wijen, gula palem, tepung beras, dan garam. Aduk rata.
  • Masukkan putih telur, aduk rata. Tambahkan susu, aduk kembali hingga rata dan adonan tidak bergumpalan kecil-kecil.
  • Masukkan pisang satu per satu ke dalam adonan tepung hingga terbalut rata.
  • Goreng dalam minyak banyak dan panas hingga kuning kecokelatan, angkat, tiriskan. Sajikan.
Untuk 8 potong
Kalori per potong: 127 kal

Jumat, 15 Juli 2011

Hot Cross Buns



Lucu juga resep & tutorialnya...jadinya ngiler pengen buat dehhhh....diliat dari step by stepnya, menurut saya resep ini campuran antara roti yang di uleni dan roti yang tidak diuleni, karena disimpan di dalam kulkas semalaman...

Satu hal yang pasti, resep ini hasilnya lengkeeeeet banget, jadi jangan lupa selalu menaburi tangan dengan tepung terigu & bolak balik ke keran air untuk cuci tangan,heheheheh....

Roti ini menurut saya rasanya so-so.....tidak terlalu manis,wangi ragi dan semburat alkohol tercium - mungkin karena adonannya dicampur dengan kismis semalaman sehingga menimbulkan bau seperti itu, dan keras - lebih baik dimakan hangat-hangat karena semakin lama di diamkan akan semakin keras, menurut saya teksturnya seperti roti Perancis itu lohhh...

Kemudian karena saya ngga punya icing sugar, saya ganti pake gula kastor,eeeeh cross nya ngga kliatan, malah jadi bening,hehehhe...maklum pemula....supaya rasanya tidak terlalu datar, saya kasih isian DCC..

Resep dari cooking bread

Bahan2 :
Adonan :
  • 1,5 cup (375 ml)  buttermilk  (saya buat dari 320 ml susu cair dicampur dengan 55 ml jeruk nipis, aduk rata, diamkan 5 menit sampai terbentuk bongkahan2/susu yang terpisah)
  • 1/4 cup (50gr) unsalted butter yang di cairkan
  • 2 telur, kocok lepas
  • 1/2 cup (70gr) gula kastor
  • 3,5 - 4 cup (490-560 gr)  tepung terigu cakra
  • 1 sdm ragi instan
  • 1 sdt garam
  • 1/2 sdt bubuk pala (ga pake)
  • 1 sdt bubuk kayu manis
  • 1/2 cup kismis
  • 1/2 cup cranberries (ga pake)
  • 3 sdm selai aprikot untuk olesan
Pasta untuk cross nya :
  •  3 sdm tepung terigu serbaguna
  • 1/2 sdt icing sugar
  • 2 sdm air ditambah setetes vanila essens

Cara membuat :
  • Tuang buttermilk ke panci, panaskan sampai hangat aja,aduk-aduk terus. Kalau buttermilk pecah/terpisah, tidak apa2, masih dapat digunakan, angkat
  • Tuang buttermik hangat ke mangkok, masukkan gula + unsalted butter cair + telor, aduk rata pakai sendok kayu
  • Di tempat terpisah, campur 1 cup  (140 gr) tepung cakra + bubuk kayu manis + bubuk pala + garam + ragi, aduk rata
  • Masukkan campuran tepung ke dalam adonan cair tadi, aduk dengan sendok kayu sampe halus
  • Masukkan 1 cup (140 gr)  tepung cakra lagi, aduk 2 menit, lalu tambahin tepung cakra lagi, sedikit-sedikit sampai adonan menjadi terbentuk tetapi masih lengket.Taruh adonan ke tempat rata yang sudah di taburi tepung terigu, lanjutkan uleni selama 8 menit.Sebenarnya tidak perlu di tambahkan tepung semuanya, pastikan saja adonan tetap lengket, jangan sampai tidak lengket
  • Masukkan kismis dan cranberries, uleni sampai tercampur rata saja
  • Bentuk adonan menjadi bulat
  • Sementara itu, ambil mangkuk besar dan olesi dengan sedikit minyak di seluruh permukaannya
  • Masukkan adonan ke dalam mangkuk, tutup dengan plastik cling wrap
  • Taruh di chiller semalaman
  • Keeseokan harinya, keluarkan adonan dari kulkas, diamkan selama 4 jam. 
  • Kemudian, kempiskan adonan
  • Sementara itu, panaskan oven dengan suhu 180 derajat C
  • Diamkan adonan selama 20 menit dengan ditutupi plastik cling wrap
  • Keluarkan adonan dari mangkuk, buat bentuk memanjang
  • Kemudian potong-potong sampai menjadi 12 adonan kecil-kecil yang berbentuk bola
  • Sementara itu, alasi loyang dengan kertas roti/parchment paper, dan taruh adonan bola2 tersebut. Ttutupi dengan plastik cling wrap dan letakkan di tempat hangat selama 2 jam sehingga adonan menjadi 2xlebih besar
  • Setelah adonan menjadi besar, campur adonan pasta untuk cross nya dan masukkan ke dalam kantung plastik
  • Semprot adonan cross di atas roti, berbentuk tanda (+)
  • Oven selama 30-35 menit sampai berwarna coklat keemasan
  • Angkat, dan olesi atas roti dengan selai apikot
  • Nikmati selagi hangat