Kamis, 22 September 2011

Nasi Kebuli Semi Instant


Saya namain begitu karena cara masak saya yang pake 2 alat 1 bumbu, udah keluar pakemnya nasi kebuli, biar cepet :
1. Slow cooker (bikin kaldu)
2. Rice cooker (menanak nasi)
3. Pake bumbu instant

Saya tertarik dengan resep yang di share mba Rina Rinso di Milis NCC sehingga pakem saya ngikutin resep tersebut, tapi ngga menutup kemungkinan saya pake resep2 lain yang bikin bumbunya sendiri....nah resep2 itu adalah dari Belzy's Kitchen dan Haramain's Kitchen.

Saya tuh paling penasaran sama bumbu kapsah, yang merupakan jantungnya nasi kebuli...walah susah cari bumbu itu, akhirnya saya pernah baca (dimana yaa....lupa deh) nasi kebuli bisa pake bumbu gulai, asiiiik akhirnya meluncur deh ke supermarket cari bumbu gulai instant :D

Berhubung saya mendayagunakan beras basmati yang dihadiahkan dari tante saya, awalnya bingung juga dengan cara mengolah beras ini, setelah dicuci (sekali cuci air bekasan berasnya bersih banget lohhh! beda banget kalo kita cuci beras produk dalam negeri yang harus beberapa kali dicuci) trus direndam 30 menit. Udah gitu, perbandingan air untuk menanaknya 1 : 5 = 1 cup beras : 5 cup air...buseeeeet banyak banget airnya.
Karena rada ngeri takut gagal, akhirnya saya pake perbandingan 1 : 4,5 = 1 cup beras : 4,5 cup air, dan hasilnya,eng ing eeeeenggg.....berasnya jadi mengembang tapiiiii lembek banget,hahahahahhahah....well berarti next time coba2 di kurangin lagi airnya jadi 3-4 cup air aja...

Soal rasa???widiiiiih enak bangetttttttttttttttttttttttttttttt....saat berasnya lagi dimasak di rice cooker, wangi rempah2nya kecium ke seantero rumah....jadi kriuk2 laper :)...so, check it out yaaa resepnya...

Nasi Kebuli ala Ibu Azizah Modified by Meinekuechemrsp

Bahan2 :
  • 312 gr beras Basmati, cuci bersih, rendam di dalam air selama 30 menit, tiriskan, sisihkan
  • 2 sdm mentega untuk menumis (katanya lebih enak kalo pake minyak samin)
  • 1/2 jari kayu manis
  • 3 buah Cengkeh
  • 1/4 sdt lada bubuk
  • Garam secukupnya
 Kaldu Daging :
  • 250 gr daging sapi, potong kotak2
  • 1.500 ml air
  • 1 buah pekak
  • 1 jari kayu manis
  • 4 buah kapulaga warna putih, geprek
  • 3 buah cengkeh
  • 1 jari lengkuas, geprek
  • 1 jari jahe, geprek
  • 1 buah bawang bombay, iris kasar
  • 1 buah tomat, belah 4
  • 4 buah bawang putih, geprek
  • 4 buah bawang merah, iris halus
Bumbu halus :
  • 1 buah bawang Bombay ukuran besar, cincang
  • 5 siung bawang merah
  • B10 siung bawang putih 
  • 2,5 sdm bumbu gulai instant (merek Bamboe)
  • 1/4 sdt lada bubuk
  • 3 buah kemiri
  • 1/2 sdt ketumbar

Cara membuat :
Kaldu daging :
  1. Masukkan semua bahan-bahan kaldu daging ke dalam slow cooker, set ke high selama 4 jam, kemudian set ke low selama 6 jam. Matikan.
  2. Saring kaldu, pisahkan antara daging dengan kaldunya. Ukur kaldu sekitar 936 gr - 1.248 gr, dikira2 aja ya, saya juga masih belajar ni supaya dapet nasi yang ngga terlalu lembek. Sisihkan
Nasi kebuli :
  1. Tumis bumbu halus + kayu manis+cengkeh+lada bubuk+garam dengan mentega
  2. Setelah wangi, matikan api.
  3. Masukkan ke dalam rice cooker berturut : beras + kaldu + daging sapi + tumisan bumbu halus, aduk sampai rata
  4. Masak beras di dalam rice cooker
  5. Nikmati selagi hangat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar