Senin, 29 Agustus 2011

Sambel Goreng Hati Kentang


Akhirnya, bisa juga saya memasak untuk menu lebaran, meskipun hanya dua hidangan saja, karena yang lainnya ...ngga bisa masaknya,heheheheh....

Tema masakan saya, tanpa berbau kolestrol, oleh sebab itu bahan santan di hilangkan, karena saya sudah beli sayur labu bersantan...Meskipun tanpa santan, rasanya tetep oke koook, tapi yah memang, kurang gurih gimana gitu, karena bagi saya santan itu memberikan rasa yang luar biasa terhadap makanan...

Resep ini saya dapat dari website NCC..

Resep ini saya modifikasi sedikit, modifikasinya juga dari tipsnya Bu Fat dan rekan2 NCC lainnya...pokoknya resep ini bakal jadi gacoan saya di setiap Lebaran...

Oh ya, banyak cara dalam hal menggoreng hati sapi. Pada resep asli NCC, hati kentang dimasak bersama dengan bumbu-bumbu, kemudian ada juga hati sapi di taburi susu bubuk dan digoreng supaya crispy, nahhh kalo saya (inget yawww...saya menghindari kolestrol maupun gorengan terlalu banyak minyak) pake metode hati yang direbus...
Bahkan saking berusaha sehat, minyak goreng pun saya subtitusi dengan minyak Virgin Zaitun kesayangan saya,hehe..

Bahan :

  • 250 gr hati sapi, potong dadu.
  • 250 gr kentang potong dadu, goreng.
  • 50 gr kapri (ga pake)
  • 2 bh cabe merah besar, buang biji, iris halus (ga pake)
  • 1 ruas lengkuas, pukul
  • 2 lbr daun salam
  • 1 btg serai
  • 1 sdt garam
  • 200 ml santan (saya ganti air biasa)
  • Minyak agak banyak untuk menumis (kurang lebih 5 sdm supaya minyaknya berwarna merah)
 Bumbu Halus :

  • 5 bh cabe merah besar haluskan.
  • 2 bh bawang putih, haluskan
  • 8 bh bawang merah, iris tipis
Bumbu Untuk Rebusan Hati :


  • Air untuk merebus
  • 1/4 sdt garam
  • 2 lbr daun salam
  • 4 lbr daun jeruk, sobek2
  • 4 cm jahe, memarkan
  • 4 cm lengkuas, memarkan

Cara Membuat :
  • Masak air untuk rebusan hati bersama garam, daun salam, daun jeruk,jahe dan lengkuas. Setelah mendidih, masukkan hati sapi, rebus sampai matang, tiriskan.
  • Tumis bumbu halus bersama lengkuas, daun salam dan serai. Masak sampai harum dan matang serta terlihat minyak menjadi berwarna merah
  • Masukkan hati sapi & kentang, tuangi air, biarkan mendidih dan air menjadi sedikit surut.
  • Angkat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar