Senin, 29 Agustus 2011

Semur Betawi


Tempo hari saya pernah membuat semur Betawi dengan bahan dasar tahu cina, kentang....cuman saya tertarik dengan resep yang di share oleh Ibu Fat di website & Milis NCC, karena bahan dasarnya daging dan penggunaan rempah2nya yang lebih banyak...

Oia, out of topic nih,,,,,ternyata keputusan lebaran itu lusa, padahal di tanggalan tuh besok...hadoooooooohhhh...padahal saya udah buat potluck untuk open house besok...terpaksa masuk kulkas deh, padahal saya paling ga suka kalo makanan di beku2in gitu...bete bangetttt..Dan tadi liat berita, kasian banget yang di Medan, udah mo ngrayain malam takbiran (ada panggung, ada dekorasi, panggilin warga, mobil pawai) eeeeeeh ditunda jadi besok...


Daaan berhubung saya pake slow cooker, maka resep Bu Fat saya modifikasi dikit...
Soal rasa, hummmm yummmyyyy perfecto!!! cuman warnanya kurang gelap nih, pake kecap apa ya supaya warnanya gelap banget????penasaran.com.......rempahnya berasa bangetttt bahkan bapak saya sampe tergila2 sama semur ini dan kuahnya kentallll banget....gacoan saya juga nih resep hehehhe dan yang paling saya suka adalah semur ini ga pake santan, banyak rempah yang artinya bagus untuk kesehatan...

Pada resep ini saya juga menambahkan penggunaan kayu manis dan cengkeh...karena kalo mengikuti resep, wangi&rasa jintennya kentara sekali, sedangkan saya lebih suka aroma kayu manis & cengkeh yang kuat...So, kalo mau resep aslinya silakan ke website NCC langsung yaa



 Bahan2 :
  • 500 gr     daging sapi haas, potong-potong 
  • 250 gr     kentang, potong-potong
  • 1 bh        tomat, potong-potong 
  • 3 lbr        daun salam 
  • 10 btr      cengkeh
  • 10 cm      kayu manis 
  • 10 sdm   kecap manis 
  • 1 sdt       garam  
  • ½ sdt      pala bubuk 
  • 1 ltr         air 
  • 1 sdm     minyak sayur
  • Bawang goreng secukupnya untuk taburan


Bumbu, dihaluskan:
  • 8 bh        bawang putih 
  • 8 btr        kemiri 
  • 3 cm       jahe  
  • 2 sdt       ketumbar 
  • 2 sdt       jintan
  
Cara Membuat :
  • Campur dalam wadah : bumbu halus, kecap manis, minyak sayur & daging sapi. Aduk sampai rata&daging terlumuri bumbu, masukkan dalam chiller, diamkan semalaman
  • Keesokan harinya, masukkan ke dalam slow cooker berturut2 : tomat, daun salam, cengkeh, kayu manis, dan daging yang sudah dilumuri bumbu.
  • Tuangkan air, garam dan pala bubuk
  • Set ke menu 'low' dan matikan setelah 10 jam. 2,5 jam sebelum 10 jam,masukkan kentang.
  • Setelah 10 jam matikan slow cooker, pindahkan semur ke panci, masak dengan api kecil sekitar 1,5-2 jam untuk lebih mengentalkan & menyurutkan kuah semur
  • Silakan deh di makan....
 Note :
  • Saya ngga tau nih, apakah penambahan item ini merupakan murni resep semur betawi atau sudah modifikasi. Ternyata, untuk menghasilkan warna hitam pekat, selain pengggunaan kecap yang tepat tapi juga bisa di tambahkan kluwak.....yah tapi jangan banyak2, ntar pahit lagi...next time saya mau pake kluwak ahhh...mungkin untuk 1 resep ini pakai 1 buah kluwak aja yah...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar