Selasa, 30 Agustus 2011

Kaastengel 1234


Pengen banget bikin kaastengel...tapi takut...takut gagal, karena lumayan kan bahan bakunya tuh muahal banget (keju edam en mentega wysman kan muahalll) padahal saya udah punya resepnya dari mba Mia via milis NCC yang tanpa mixer...

Tapi emang, ketakutan itu akan kalah dengan kenekatan, niat dan doa,hehehhehehe..kesulitan pertama saya adalah eng ing eeeeeng, ngupas keju edam....huaaa lama banget dehhh, soale kan ada 3 lapisan tuh, pertama plastik merah, kedua lapisan lilin merah, ketiga lapisan kaya karet gitu yg lengket ke lilin merah itu,saya ngeletekinnya pake tangan (manual), hmmm kira2 ada cara cepet gak ya ngletekin lapisan itu????

Kendala yang kedua, pas ngaduk adonan pake pisau....saya pake dua buah pisau, adonan di cacah, diaduk...saya si mikirnya mungkin karena kalo ngaduk pake tangan nanti adonan bisa kena suhu tubuh qta dan akan mengakibatkan mentega jadi meleleh, kalo pake mixer bisa jadi overmix...okelah, saya mah ngikut resep aja
Pas saya ngaduk2 pake pisau, jadi mikir, ni resep mirip dengan Vanilla Hearts atau cookies sejenis short bread itu loooh, yang pake full mentega...

Kendala yang ketiga, ngukur suhu oven yang sesuai, akhirnya pake ilmu kira2 aja deh,hahahhahaha...

Hasil akhir????well, secara ibu saya penggemar kaastengel, maka saya minta beliau tes icip, dan katanya enak banget, sama percis kaya yang dijual2 yang harganya mahal...lah iya wong saya pake full wysman dan edam, rasanya mentok banget enak laaaah...dan rasa krenyes2 itunya loh, yang damn!!! bikin tangan ini gatel pengen ambil-ambil-dan ambil lagi..hasilnya ngeju banget dan ngeprullll, likey so mmmmuchhhh....

So, resep ini juga akan jadi resep andalan saya,hehehhe...

Bahan2:

  • 1 bh telur (saya pake kuning telur aja) 
  • 200 gr keju edam, diparut
  • 300 gr mentega
  • 400 gr terigu (tepung disangrai dulu sebentar baru diayak)
 Bahan Olesan :
  • 2 buah kuning telur
  • 50 gr keju edam parut
 Cara membuat :
  • Dalam tempat yang datar, campur telur, keju, mentega dan terigu
  • Diaduk pake dua buah pisau sampai tercampur rata
  • Ambil plastik bening, masukkan adonan ke dalam plastik tersebut, bungkus dan masukkan ke chiller kurang lebih 2 jam
  • Keluarkan adonan dari chiller, gilas di atas plastik, bentuk sesuai selera
  • Olesi dengan kuning telur, taburi keju parut
  • Oven dengan suhu 120 derajat C selama 20 menit, kemudian naikkan 180 derajat C sampai berwarna kuning keemasan (ini saya kira2 loh yaaaa....)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar