Selasa, 09 November 2010

Kue Lapis Beras


Wohooooo....ngeliat resep kue lapis beras berseliweran di milis, saya coba2 search mbah google,eh ketemu deh resep ini dari mba Regina....Dari fotonya menarik, dan pasti enak...trus bahan2nya sederhana banget...coba buat deeeeh..

Saya takjub sendiri, wawwwww bisa juga bikin kue lapis,yang biasanya beli di pasar...dan meskipun resepnya sederhana, cara membuatnya,alias melapis satu demi satunya ribetttt bangettt....heran aja ya, kue lapis bisa dijual murah di pasar2,secara makan waktu,perjuangan banget dehhh...salut buat yang selalu menjual kue lapissss....Mana motong2nya juga ribet banget....coba de liat fotonya,grepesan kan kuenya?krn pisaunya ngga saya olesin minyak dulu, males,hihiihihi...blom lagi ada gelembung2 busa di adonan, yang kliatan tu di foto,kuenya kaya kawah bulan...

Saya coba buat 1/2 resep dan langsung jadi! meskipun teknik melapis saya masih carut marut,,,,males nunggu waktu lama, akhirnya lama kelamaan per layer saya tambahin mili liternya :D......... Oya,testimonial dari resep ini adalah tidak terlalu manis, pas lah...rasanya enak dwooong,tapi akan lebih enak kalau menggunakan air pandan dan daun suji...


Resepnya saya sadur aja yahhhh,ada beberapa step yang saya gabungkan...semoga tidak salah&tidak menjerumuskan,hihihi....

Bahan2:

Adonan tepung :
210 gr tepung beras
140 gr air
225 gr tepung tapioka (saya ganti dengan tepung sagu)
1/4 sdt garam

Adonan santan :
400 ml santan kental (saya pakai santan instan)
455 ml air

Adonan sirup gula:
 350 gr gula kastor
425 gr air

Lapisan pandan :
1/2 sdt pasta pandan

Lapisan coklat :
1 sdm bubuk coklat
1 sdt esens vanilla (saya ganti dengan pasta coklat,biar brasa coklattt)

Cara membuat :
  • Panaskan kukusan, olesi loyang dengan minyak
  • Adonan tepung : Campur tepung beras,tepung tapioka,dan garam. Tuangkan air sedikit demi sedikit sambil di aduk, sisihkan
  • Adonan santan : Campur santan kental dengan air, aduk rata, sisihkan
  • Tuangkan adonan santan sedikit demi sedikit ke adonan tepung, sisihkan
  • Adonan sirup gula : Campur gula dan air, didihkan selama 10 menit sambil di aduk2 terus, angkat
  • Langsung tuangkan adonan sirup gula yang masih panas itu ke adonan tepung+santan. Aduk sampai rata
  • Bagi adonan menjadi dua, kurang lebih masing2 940 gr
  • Adonan lapis pandan : Tuangkan pasta pandan ke adonan I, aduk rata
  • Adonan lapis coklat : Ambil sedikit adonan II taruh di tempat terpisah (semisal cangkir), campurkan dengan coklat bubuk dan esens vanila,aduk rata sampai tidak ada lagi bubuk coklat yang masih berbutir2. Setelah itu tuangkan ke adonan II lalu aduk sampai rata. (Hal ini untuk mencegah adanya butiran2 coklat bubuk pada keseluruhan adonan II, mudeng gag ya?hehehhe...gitu deh)
  • Tuangkan 60 ml adonan I (lapisan pandan), tunggu sampai 4 menit. Kemudian tuangkan 60 ml adonan II (lapisan coklat) tunggu sampai 4 menit, begitu seterusnya sampai adonannya habis. Dan pada lapisan terakhir, kukus selama 30 menit sampai matang
  • Angkat, dinginkan dahulu dengan suhu ruang
  • Sajikan

Note:
  • Santan bisa di gantikan dengan susu
  • Paling enak dimakan saat suhu ruang
  • Kalo kelamaan metode melapisnya, bisa juga di percepat, dengan menuangkan 120ml setiap lapisannya. Tapi, waktu pengukusan per lapisannya juga harus di perhatiin, kalo pake ukuran 120ml setiap lapisan maka membutuhkan 5-6 menit per lapisannya. Tentu saja lapisannya akan menjadi tebal dwoooong di banding lapisan resep ini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar