Selasa, 23 November 2010

Sambal Goreng Oncom


Awal saya jatuh cinta dengan sambal oncom,gara2 makan di restoran sunda Ampera, yang selalu menyajikan sambal oncom free flow, selain sambal terasi dan sambal2 lainnya untuk menemani lalapan....
Cuman makan ayam goreng aja plus sambal oncom, bisa2 bikin saya nambah porsi nasi nya aja,hahahhaha....murah meriah kaaaan??

Naah ceritanya ada sodara dari kampung yang main kerumah, dan beliau membuat isian oncom untuk combro dan arem2 oncom....pas saya coba isiannya, kok mirip2 dgn sambel oncom free flow nya restoran Ampera??Rasa oncom yang kuat berpadu sempurna dengan minyak gorengannya plus rasanya yang sedikit manis.....OMG!!!!!

Oh ya...oncomnya beda dgn oncom jakarta yaaa.....oncom dari daerah saya ini ada bungkil2 kacang tanahnya, mak nyusss deh....so, saya selalu mengimport oncom dari daerah saya kalau mau buat yang berbahan dasar oncom..

Ya sud lah....minta resepnya...hehehehehe

Bahan2 :
1 papan oncom
10 siung bawang putih
8 siung bawang merah
1 buah cabe merah besar
garam dan gula secukupnya
cabe rawit semaunya
3 sdm minyak goreng
Sedikit air

Cara membuat :
  • Haluskan bawang putih,bawang merah,cabe merah
  • Masukkan oncom, haluskan kembali
  • Panaskan minyak goreng, tumis oncom beserta campuran bumbu tersebut
  • Masukkan cabe rawit, gula dan garam....Porsi gula agak lebih banyak yahh (sesuai selera seeh)
  • Masukkan sedikit air, supaya oncomnya matang. Aduk terus sampai oncom terlihat matang, berwarna kehitaman dan layu serta air menjadi hilang dan hanya ada minyak saja
  • Angkat
  • Sajikan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar