Jumat, 03 Desember 2010

Wedang Ronde


Penasaran banget pengen bikin wedang ronde ini....secara di jakarta susah banget di temuin, yang ada teng teng sekoteng yg lewat malem2 tanpa rondenya....
Akhirnya ketemu dari blog Jurnal Harianku yang diadaptasi dari detikfood....tapi saya copas dari mba ini aja deh..secara penulisannya lebih wokeh daripada di detikfood nya....

Beberapa saya subtitusi ya...


untuk: 16 orang

Bahan:

Ronde:

150 gr tepung ketan
1 sdt garam
125 ml air (saya buat jadi 150 ml air hangat, karena kalo 125 ml ga bisa di pulung)
1 sdt air kapur sirih
(saya ga pake)
Pewarna merah
Pewarna hijau

Isi:
100 gr kacang tanah, sangrai, kupas, haluskan
75 gr gula pasir
25 gr biji wijen,(saya sangrai sebentar,sampai wangi harum wijen. kenapa disangrai?spy wijennya tdk berbau langu), haluskan
1/4 sdt garam
2 sdm air hangat

Air gula, didihkan, saring: (saya ga pake)
500 ml air
200 gr gula pasir

Air jahe, didihkan, saring:
1 liter air
8 cm jahe, bakar, memarkan (saya pake 8 pcs jahe,gatau deh berapa cm,supaya rasa jahenya brasa banget)
2 batang serai, memarkan
2 lembar daun pandan, potong-potong

Cara membuat:

1. Ronde: Aduk semua bahan hingga rata. Bagi menjadi dua bagian (gue bagi jadi 3 bagian, yang satu bagian gue biarin putih), beri pewarna, aduk rata.

2. Isi: Aduk rata semua bahan. Bentuk menjadi bulatan-bulatan kecil (gue jadiin per 1 sdt), sisihkan.

3. Ambil 1 sdm adonan (gue per 1 sdt), pipihkan, isi dengan 1 bulatan adonan isi. Bulatkan adonan. Lakukan yang sama dengan sisa adonan.

4. Didihkan air, rebus hingga bola-bola mengapung. Angkat, tiriskan.

5. Rendam bola-bola dalam air gula.

6. Penyelesaian: Taruh ronde berikut air gula dalam mangkuk-mangkuk saji. Tuangi air jahe, sajikan hangat. 


Note :
  • Kalo mau lebih fancy, bisa di tambahin potongan kecil roti tawar, kacang tanah kupas sangrai dan sedikit kucuran susu kental manis.....

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar