Sabtu, 11 Desember 2010

Nasgor Tom Yam


Nasi goreng teraneh yang pernah saya makan dan saya bikin juga....
Rasanya lebih condong ke asam (dari rasa jeruk lemon, ya iyalah Tom Yam gitu loh...asem asem gimana), wangi daun jeruk dan serai yang kuat...
Overall enak kok,cuma emang rasa asamnya brasa banget.....orang rumah sepertinya kurang doyan,enakan di bikin sup katanya...

Resep saya dapat dari Femina Online

BAHAN:
 
1 sdm minyak sayur
50 g bumbu pasta tom yam siap pakai *) (di supermarket adanya yang 40 gr, pake itu aja saya)
10 lembar daun jeruk (buang tulangnya,sobek2 kasar)
100 g udang kupas ukuran sedang, kupas, sisakan ekornya
100 g jamur merang, belah dua (saya pake jamur kuping yang udah di rendam air sampai mengembang,trus di iris tipis2 dan direbus)
2 sdm kecap ikan
500 g nasi putih, siap pakai
1 sdt merica putih bubuk
¾ sdt garam


Saya tambahkan : 
Baso ikan, di iris tipis
Sisa bakso tekwan,di iris tipis
Sedap malam kering (rendam air sampai mengembang), rebus
5 siung bawang putih - haluskan
5 siung bawang merah - haluskan
2 batang serai, memarkan
1 cm laos, memarkan

Pelengkap:
1 butir telur ayam, buat dadar
3 tangkai daun ketumbar, petiki (ga pake)

CARA MEMBUAT:


• Panaskan minyak sayur tumis bumbu tom yam dan daun jeruk hingga matang.
• Masukkan udang, jamur merang, dan kecap ikan hingga udang matang.
• Masukkan nasi, merica, dan garam. Aduk hingga rata. Angkat.
• Sajikan disertai pelengkap.

*) Bumbu pasta tom yam: Bumbu basah siap pakai untuk sup tom yam. Cita rasanya pedas-asam. Dijual di bagian bumbu basah kemasan, di supermarket yang banyak menjual bahan makanan impor.

Praktis!
Variasikan bumbunya agar memperoleh sensasi beda dibanding nasi goreng biasa. Beli bumbu tom yam siap pakai karena kompilasi rasanya membuat Anda tidak perlu mengumpulkan bahan dan menumbuknya lagi.

Untuk: 6 porsi
Kalori per porsi: 172 Kkal


 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar