Sabtu, 25 Desember 2010

Bakpao / Pau


Resep pau yang bombastis di milis NCC,hehe...tertarik untuk mencoba, karena ga perlu tepung tan mien ato apalah, cukup tepung rendah protein aja alias Kunci Biru...
Setelah konsultasi dengan mba Amy sang penemu resep ini, katanya it's ok pake susu UHT biasa dan mentega biasa...secara di resepnya pake susu evaporasi dan mentega putih...karena dirumah yang tersedia itu aja...

Baru pertama kali buat adonan roti, waduhhh pegel juga yah ngulenin adonan hehe, padahal saya buat 1/2 resep loh...trus bingung juga, ni adonan udah kalis elastis blom ya? karena kok tetep robek2 aja, ya udah lah, yang penting saya udah ngulenin lama.hahahahhaha.....Tapi bener loh, rotinya lembutttttt.....cuman saya ngebentuknya kurang bagus, maklum laaaah.....:)

Untuk adonan isi ayam, saya pake  resep mba Yuli..

Oh ya, saya kan masih ada sisa isian kacang ijo dari resep Onde_onde ketan item, ya udah deh saya pake. Khusus yang isian kacang ijo, adonan bakpaonya saya berikan beberapa tetes pasta pandan supaya bakpaonya warna ijooo....Kasih pastanya saat kapan? saat adonan sebelum di timbang yaaah...trus di uleni dulu sebentaran supaya warna ijonya merata

Bahan:

Bakpao :
  • 500 gr tepung terigu protein rendah 
  • 11 gr  ragi instan
  • 100 gr gula pasir (saya pake 80 gr)
  • 275 cc susu evaporasi (saya pake susu UHT) 
  • 60 gr mentega putih (saya pake mentega unsalted) 
  • 5 gr  garam halus

Isi:
  • 300 gr dada ayam tanpa tulang, cincang kasar
  • 1 batang daun bawang, iris halus 
  • 1/2 cm jahe, geprek
  • 1 sdt bwg putih halus
  • Kaldu ayam cube, skip kalo gak suka
  • 1 sdt Saos tiram
  • Garam, gula, merica secukupnya
  • 2 sdm maizena larutkan dengan 50 ml air, aduk rata
  • Minyak untuk menumis

Cara membuat:

Bakpao :  
  1. Campur bahan kering (ragi + tepung terigu), aduk rata. Tuangi susu evaporasi (susu + gula pasir yang udah di aduk sampe gulanya larut) , aduk/uleni hingga menyatu. 
  2. Tambahkan mentega putih dan garam, uleni terus hingga kalis elastis.
  3. Timbang adonan @ 40gr (saya @ 30 gr, pengennya rada kecil biar ga terlalu kenyang), bulatkan hingga licin.
  4. Istirahatkan selama 20- 30 menit.(ditutup pake lap lembab yang bersih)
  5. Tipiskan adonan, beri bahan isi, bulatkan atau bentuk sesuai selera.Kasih alas kertas roti untuk masing-masing bakpao
  6. Istirahatkan lagi selama kurang lebih 20 menit hingga mengembang ringan. 
  7. Kukus bakpao selama  15-20 menit hingga matang.
Isi :
  1. Tumis bawang putih halus & jahe sampai harum
  2. Masukkan ayam, aduk sampai berubah warna, masukkan daun bawang, aduk rata
  3. Masukkan kaldu cube,saos tiram, garam, merica & gula, aduk rata, biarkan sampai matang
  4. Kemudian tuang larutan maizena, aduk rata, masak sampai mengental.
  5. Angkat, dinginkan sebentar di suhu ruang, setelah itu siap di isi ke adonan bakpao

1 komentar:

  1. Membuka Usaha BakPao sekarang bisa membuat omset Jutaan loh silahkan klik Bisnis Usaha BakPao Dengan Omset Jutaan Salam Sukses. :)

    BalasHapus