Sabtu, 04 Desember 2010

Pastel Goreng Istimewa


Bingung mau masak apa....blogwalking cari inspirasi, menggunakan bahan2 yang ada dirumah...ketemu deh di jurnal harianku....thx y mba....

Awalnya takut banget bikin kulit pastel, takut kaya bikin kulit pisang molen,rapuh dan tebel gituh,,,mana ngegilesnya pake penggilesan biasa,ga pake gilesan mi (mana punya?????!)....eh gataunya ni kulit lenturrrrrr bangett,.,,,jadi PD deh maen giles2an....cuman ya itu saya masih jelek soal penampilannya, tidak mengundang selera sama sekali,,,,huhuhuuhuh...mesti blajar lagi milin2nya,cara ngegoreng supaya warnanya rata,dst...


Bahan:

Kulit Pastel:

250 gr tepung terigu serbaguna
1 butir telur
50 gr margarine, lelehkan
75 ml air dingin

Isian:
2 sdm peres margarine
3 siung bawang putih, cincang halus (saya pake 8 siung)
4 buah bawang merah, cincang halus (saya pake 8 siung)
2 buah wortel sedang, potok kotak-kotak kecil
8-10 buncis, potong tipis
50 ml air
1/2 sdt garam
1/2 sdt merica bubuk
1/2 sdm gula pasir
1/2 pak bihun, rendam air panas 10 menit, tiriskan, potong-potong pendek
3 batang seledri, potong-potong kecil
Saya tambahkan satu buah jagung manis di pipil
5 butir telur rebus, masing-masing potong 6 bagian (saya potong kecil2)

Cara membuat:
1. Kulit pastel: Masukkan tepung dalam satu wadah, campur dengan telur, aduk rata. Masukkan margarine sedikit-sedikit sambil diaduk hingga tercampur rata. Masukkan air, campur rata. Uleni hingga kalis. Tutup dengan lap basah, agar permukaannya tidak kering. Sisihkan.


2. Isian: Panaskan margarine dalam saute pan dengan api sedang. Masukkan bawang putih dan bawang merah, tumis hingga harum. Masukkan wortel, tumis hingga layu. Masukkan buncis, tumis sebentar. Masukkan air, biarkan hingga wortel dan buncis matang dan airnya menyusut. Masukkan garam, merica dan gula, aduk rata. Masukkan bihun, aduk rata. Terakhir, masukkan batang seledri, aduk rata. Matikan api. Sisihkan.

3. Penyelesaian: Ambil sebagian adonan kulit, giling hingga tipis (seperti kulit pangsit), potong dengan ring cutter diameter 10 cm. Taruh di bagian tengahnya 1/2 sdm isian dan sepotong telur rebus, lipat kulit menjadi setengah lingkaran dan pilin pinggirnya hingga rapat (agar jika digoreng tidak terbuka). Lakukan hal yang sama dengan sisa adonan kulit dan isian.

4. Goreng pastel dalam minyak banyak dan api yang panas. Sesekali siram-siram pastel dengan sendok kayu agar pastel mengembang. Goreng hingga pastel berwarna coklat keemasan. Angkat dan tiriskan. Siap disajikan hangat dengan cabe rawit.

Pesan: Kalo mau tambah yummy lagi, pake ayam dan udang cincang kira-kira 150 gr.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar