Jumat, 24 Desember 2010

Bitterbalen Roti Tawar


Liat postingan mba Hesti tentang kemilan yang satu ini, langsung inget deh semua bahan2nya ada dirumah, apalagi si roti tawar, wuihhhh suka ga di sentuh sama orang rumah, jadinya embattt aja buat bikin kemilan ini....trus dari gambarnya saya udah yakin pasti adonannya kokoh ngga mletat mletot....jadi inget, dulu waktu smp pernah coba buat bitterbalen & kroket dari adonan ragout tanpa kentang dan walhasil mletat mletot...hehe...dan gak mau bikin lagi, ngambek critanya...

Trus trus....kemilan yang ini gimana hasilnya? pastinya kokoh, garing luarnya dalemnya gurih banget....hehhe...

Saya ijin copas resepnya ya mba...

Bahan :
- 50 gr margarin (saya ganti mentega unsalted)
- 1/2 buah bawang bombay (saya ganti 2 siung bawang putih di haluskan)
- 50 gr kornet (saya pake 120 gr,hoho biar kerasa kornetnya)
- 50 gr tepung protein sedang
- 6 lembar roti tawar, buang kulitnya (saya pake sama kulitnya yang coklat itu)
- 200 cc susu cair hangat
- 3/4 sdt garam
- 1/4 sdt merica bubuk
- 1/4 sdt pala bubuk
- 25 gr keju cheddar parut
- minyak untuk menggoreng

Bahan pelapis :
- 2 putih telur, kocok lepas
- 100 gr tepung panir kasar (saya pake tepung roti yang warnanya coklat itu, abisnya ga punya tepung panir yang warna putih itu sih,hehe)

Cara membuat :
  1. Blender susu cair dan roti tawar sampai lembut.
  2. Panaskan margarin, masukkan bawang bombay dan kornet. Tumis sampai berubah warna. Masukkan tepung. Aduk sampai bergumpal.
  3. Masukkan blenderan roti. Aduk sampai licin. Tambahkan garam, merica bubuk, pala bubuk dan keju parut. Aduk rata. Angkat.
  4. Ambil sedikit campuran roti. Bentuk bulat kecil. Gulingkan di tepung panir, putih telur dan tepung panir lagi.
  5. Goreng dalam minyak panas sedang sampai kekuningan dan matang.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar