Jumat, 24 Desember 2010

Onde-onde Ketan Hitam


Yippieeeee....berhasiiiiiil....heheheheheh.....ini makanan kesukaan bapak saya dan saya berusaha membuatnya,tapi menggunakan ketan hitam yang nganggur dan tinggal sedikit di lemari...
Resep saya dapat dari Femina online dan dari mba Aprilisa saya gabung deh resepnya, tapi dari 1 resep ini, adonan isinya tersisa setengahnya....hummm mau di buat apa ya?? onde-onde ketan putih? atau Kue Ku? hummm...mikir dulu dehh....:):)


BAHAN:
Isi:

250 g kacang hijau kupas, rendam dalam air selama 1 jam, tiriskan  (saya rendam semalaman supaya hasilnya wokeh)
500 ml air
175 g gula pasir (saya pake 120 gr aja, ga mau manis2)
1/2 sdt garam
2 lembar daun pandan, simpulkan

Kulit:
250 g tepung ketan putih, ayak (saya pake 100 gr tepung ketan hitam + 150 gr tepung ketan putih)
25 g tepung beras, ayak
1/2 sdt garam
25 g gula pasir (ga pake)
1 sdt air kapur sirih (ga pake)
200 ml air, panaskan, jangan sampai mendidih (saya pake total 230 ml air hangat, karena pas pake 200 ml adonan masih sulit di pulung)
250 g wijen putih sangrai (ga saya sangrai, soale kan di goreng juga, takut gosong)
Minyak untuk menggoreng

CARA MEMBUAT:
  • Isi: Kukus kacang hijau selama 25 menit hingga lunak. Angkat.Haluskan dengan ulekan.
  • Masak kembali kacang hijau bersama air, gula, garam, dan daun pandan, hingga air terserap habis, angkat. Sisihkan.

  • Kulit: Campur tepung ketan, tepung beras, garam, gula, dan air kapur sirih, aduk rata. Tuangkan air sedikit demi sedikit, sambil aduk terus hingga kalis dan dapat dipulung. 

  • Ambil 2 sdm adonan kulit, tekan-tekan hingga membentuk cekungan pada telapak tangan. Isi dengan 1 sdt adonan isi, tutup, dan bulatkan kembali.
  • Gulingkan adonan pada air dingin dan wijen secara bergantian hingga permukaannya tertutup rata. Agak tekan2 sedikit saat digulingkan di wijen supaya nempel wijennya. Lakukan perlahan supaya bentuknya tetap bulat. Lakukan hingga adonan habis.
  • Panaskan minyak, goreng onde-onde di atas api kecil hingga kekuningan dan mengapung. Angkat, tiriskan. Sajikan.
Untuk 24 buah
Kalori per buah: 187 kal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar