Kamis, 30 Desember 2010

Cinnamon Rolls No Knead – No mikser, no diulenin, cukup diaduk ajahh



Yapppp,sengaja judulnya saya terjemahin, biar gampang di cari.......Cinnamon Rolls yang ngga pake di uleni...hehehhe....nemunya ngga sengaja di blognya mba Camelia

Saya sarikan aja point penting yang udah di translate oleh mba Camelia :
1.      Resep ini ngga perlu mikser, ngga perlu di uleni...yippie!
2.      Resep ini cukup di aduk pake sendok kayu
3.      Adonan roti ini minimal di masukkan ke lemari es selama 12 jam – 4 hari (saya sih taro nya di chiller) ..Bisa aja di diamkan dalam suhu ruang selama 2 jam, tapi hasilnya tidak akan se enak kalau di masukkan ke lemari es selama 12 jam – 4 hari. Semakin lama di inapkan di kulkas (maksimal 4 hari), semakin enak rasa rotinya
4.      Adonan roti ini kalau di taruh di luar kulkas, tidak akan se-mengembang dibandingkan dengan adonan roti lainnya
5.      Resep roti ini bisa di jadikan ‘basic’ buat roti lainnya
6.      Roti ini  lebih enak di makan hangat2, kalo udah ngga hangat cenderung agak keras (meskipun masih layak di makan dan tetep enak). Tapiiii kalau di hangatkan lagi tetep bisa kok ngerasain enaknya roti ini




Resep aslinya bisa di liat di Steamy Kitchen karena cara membuatnya sudah di modifikasi (dikiiiit, biar ga ribett dan ada bahan2 yang menurut saya mengacaukan rasa kayu manisnya). Trusnya di situ tuh ada beberapa resep roti yang kaya gini, no mikser no ngulenin adonan ...Lucu deh, di website ini, yang mengadonin rotinya anak2 kecil.....waw....patut di tiru kalau saya punya anak nantinya :)

Testimonial pengalaman saya dengan resep unik ini :
1.      Saya buat ¼ adonan (jadinya 10 pcs cinnamon rolls, lumayan banyak yah)....ga taunya, pas di inapkan di kulkas, wowww adonan rotinya mengembang lowh...saya kirain ga bakalan mengembang...penasaran, ada apa rahasia aapa ya sampe harus di inepin di kulkas?? Penasaran dengan unsur kimiawinya nihh
2.      Adonannya lengket banget, jadi tangan harus selalu di balur tepung terigu. Jangan lupa pas nge gulung alasnya di taburin tepung terigu
3.      Wangi adonannya itu wangi ragi banget....jadi kaya wangi tape
4.      Pas jadi, widihhhh enaaaaaaaaaaaaaaaaaaaak bangettt.... luarnya agak garing sedikit dan dalemnya lembut bangettttt, wangi kayu manis , mirip ama yang di resto-resto......senengnya bisa bikin roti tanpa menguleni dan mikser....hehehhehe....
5.      Pas udah dingin, rotinya emang agak keras,tapi gampang laaaaah, kan tinggal di angetin di oven lagi J

Karena saya ngga punya measurement cup, saya pake konversian seperti ini :
·         1 cup tepung terigu = 140 gr
·         1 cup air = 250 cc/ml/gr
·         1 cup madu = 140 gr
·         1 cup gula palem = 140 gr
·         1 cup mentega = 200 gr
·         1 cup kacang-kacangan = 150 gr


Saya copas dari blog mba Camelia langsung yaaa....plus tambahan dari Steamy Kitchen juga...

Bahan2 :
Roti :
·         1 3/4 cups air hangat
·         1 1/2 sdm ragi instan
·         1 1/2 sdt garam
·         4 btr telur, kocok lepas
·         1/2 cup madu
·         1/2 cup unsalted butter, cairkan
·         7 cup tepung terigu serba guna

Topping Atas :
·         6 sdm unsalted butter suhu ruang
·         ½ sdt garam
·         ½ cup gula palem
·         ½  cup kacang2an (saya pake kenari panggang, cincang)

Isian roti :
·         4 sdm unsalted butter
·         ½ cup gula kastor
·         1 sdt kayu manis bubuk
·         ½ cup kacang2an (saya pake kenari panggang, cincang)

Cara membuat :
Adonan roti :
·         Dalam wadah besar, campurkan telur, air, madu, metega cair, ragi dan garam. Aduk rata dengan sendok kayu. Masukkan tepung. Aduk rata...aduk terus sampai gak ada butiran tepung yang masih kering (lk. 1 menitan).
·         Tutup adonan (jangan gunakan airtight container). Bisa di tutup dengan alumunium foil ato plastik cling wrap (saya pake plastik cling wrap). Masukkan kedalam kulkas semalaman atau hingga 4 hari. Semakin lama di kulkas, baunya akan semakin terasa di dalam kulkas, dan rasanya juga lebih enak.

Adonan topping atas :
·         Kocok dengan mikser unsalted butter, garam dan gula palem sampai seperti krim dan halus.
·         Nantinya topping ini di oles di atas cinnamon rolls dan ditaburi kacang kenari

Adonan isian roti :
·         Kocok dengan mikser unsalted butter, gula kastor dan kayu manis bubuk sampai seperti krim dan halus.
·         Kacangnya nanti di tabur di atas krim adonan isian roti ini
·         Sisihkan dahulu

Cinnamon Rolls :
·         Keluarkan adonan roti dari dalam kulkas, ambil adonan sebesar buah melon ukuran sedang. Masukkan kembali sisanya kedalam kulkas supaya dapat digunakan dilain waktu (kalo mau, kalo mau di buat cinnamon rolls semuanya juga gapapa).
·         Lumuri tangan dan adonan dengan tepung.
·         Bentuk adonan menjadi bola dengan cara menarik dan dimasukkan kebawah adonan sehingga didapat adonan yang bulat.
·         Biarkan adonan beristirahat ditutup dengan kain (saya pakai kain lembab). Biarkan sebentar (agar adonan memiliki suhu ruang, ngga dingin-dingin banget),  sementara menyiapkan adonan topping atas dan adonan isian rotinya.
·         Kemudian, taburi meja kerja dengan tepung terigu, gilas adonan hingga didapat adonan segi empat dengan ketebalan 1/8 inches (saya ngikutin mba Camelia, sekitar 1/2 cm).
·         Olesi dengan bahan adonan isian roti hingga rata ke seluruh adonan, taburi kacang kenari. Gulung, potong-potong.
·         Taruh cinnamon rolls di atas loyang bersemir mentega, kemudian olesi atasnya dengan adonan topping atas dan tabur kacang kenari.
·         Panggang dengan suhu sekitar 170 C selama 35-40 menit. Tetap di cek dahulu soale tiap oven berbeda-beda. Apabila sudah kuning keemasan, angkat
·         Sajikan hangat...yummm


Note :
Apabila adonan sudah ditabur, digulung dan dipotong-potong tapi masih antri untuk masuk ke oven, sebaiknya dimasukkan ke kulkas dulu untuk memperlambat fermentasi, atau dia akan membesar karena ragi masih terus bekerja...






Tidak ada komentar:

Poskan Komentar