Sabtu, 11 Desember 2010

Tekwan


Lagi2 ikan bandeng....huahuahuahau.....cari resep dah...
Ngiler liat tekwan....dari macem2 referensi,saya jadiin satu aja deh, disesuaikan sama lidah dan kondisi kulkas...
Referensinya : NCC, Femina Online, Dapoerkue

Karena pake ikan bandeng, jadi wanginya ga terlalu kenceng, atooo karena saya lagi pilek yah? jadi ga bisa mencium dengan benar...
Trus, sagu nya pun udah saya kurangi, tapi kurang berasa rasa ikannya (beda kalo saya buat somay kan berasa banget ikannya)...next time buat, sagunya bisa saya kurangi sendiri deh....

Walhasil rasanya??? enak doooong, gurihnya kaldu udang+ikan,krenyesnya bengkoang,kenyalnya si tekwan dan wangi bawang putih bikin pengen nambah terus di musim ujan ini ...

Bahan2 :

Tekwan :
250 gr ikan tenggiri (dingin lebih baik, trus di potong2 kecil) (saya pake ikan bandeng)
4 siung bawang putih, haluskan
1/2 sdt garam
1/2 sdt gula
1/2 sdt bubuk kaldu ayam
150 gr es batu + air es (dicampur antara es batu + air es, biar blender saya kaga rusak,ehehe,yang penting total gr nya 150 gr...tapi kalo punya food processor ya es batu aja sebanyak 150 gr)
150 gr sagu
1 buah putih telur
1 liter air mendidih untuk memasak tekwan

Kaldu :
Kulit& kepala udang dari 1/2 kg udang
3 liter air
Kalo punya tulang2 ikan,buntut ikan, kulit ikan cemplungin aja (berhubung saya pake ikan bandeng yang gak fillet, jadinya tulang,buntut,lemak, kulit saya cemplungin)

Isian kuah :
1 bh bengkoang, bentuk korek api
15 gr jamur kuping, rendam air biasa sampai mengembang
15 gr sedap malam kering, simpulkan,rendam air biasa sampai mengembang
1/2 kg udang kupas
1 sdt minyak wijen
1 sdt minyak ikan
Minyak untuk menumis

Bumbu halus :
1  sdt garam
1  sdt gula
1/2 sdt merica halus
15 buah bawang putih


Cara membuat :

Tekwan :
  1. Blender : ikan + garam + b. putih + gula + bubuk kaldu ayam + es batu sampai halus
  2. Masukkan putih telur, blender sebentar,supaya tercampur rata
  3. Matikan blender. Taruh adonan ikan ke baskom, kemudian masukin tepung sagu,aduk rata pake spatula
  4. Bentuk bola2/bentuk yang tidak beraturan,terserah anda, kemudian cemplungkan ke air mendidih itu (inget, air mendidih yang apinya udah di matiin,supaya ga ancur adonannya)
  5. Setelah selesai bentuk bola2, baru deh airnya di jerang di atas api sampai bola tekwan mengapung semua, angkat,saring,sisihkan.
Kaldu :
  1. Jerang air sampai mendidih, masukkan kulit&kepala udang dan tulang belulang ikan
  2. Kecilkan api, masak kaldu sampai 1 - 1,5 jam, angkat, saring supaya air kaldunya berwarna jernih

Isian kuah :
  1. Tumis bumbu halus sampai wangi, masukkan udang,aduk2 sampai udang berubah warna
  2. Masukkan air kaldu udang
  3. Masukkan bengkoang, jamur kuping, sedap malam, kecap ikan. Tunggu sampai mendidih dan sampai bengkoang berasa krenyess, jamur + sedap malam berasa mateng
  4. Masukkan bola2 tekwan & minyak wijen,aduk sebentar
  5. Angkat,sajikan panas2


Note :
  1. Kalo mau, bisa tambahin soun/bihun + daun seledri + bawang goreng sebagai tambahannya....
  2. Taburan tambahan? Ebi yang di rendem air panas sampai mengembang, dihaluskan dan di sangrai,,,,huhuhu enak bangettt

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar