Sabtu, 18 Desember 2010

Nasi Lengko


Hummmmm....Nasi Lengko...mak nyussss......nasi yang amat sangat sederhana, bisa di bilang sebagai alternatif makanan vegetarian, gimana engga, isinya cuma sayuran, produk protein ajah....nothing more.....makanan ini keluar kalo udah ga ada ide, mau masak apalagi dirumah ato udah keseringan makan makanan kolestrol, berlemak, dan makanan2 enak lainnya,hehehhe...

Nasi Lengko versi Cirebon menggunakan sambal kacang yang memang merupakan bagian penting/tidak terpisahkan, tapiiii.....nasi Lengko versi kampung saya, cuma pake kecap manissss......justru sambel kacang itu ga terlalu penting, kalo yang mau pake sambel silakan, yang ga pake ya cukup kecap manis aja...ato saya salah ya? hauhuahuahuah, karena emang ga suka pedes jadi menganggap nasi Lengko versi kampung saya ya emang cuma pake kecap, thok...

Yaaa...kalo saya salah, maaf...hehehhe...tapi saya pake resep nasi Lengko versi Cirebon, yang ada di buku 80 warisan kuliner nusantara, kerjasama antara tabloid Saji dan Kecap Bango...

Silakan di coba yaaa...

Bahan :
800 gr nasi putih1 buah ketimun,potong kecil2
100 gr toge, seduh air panas sebentar
4 sdm kecap manis untuk pelengkap
2 tangkai kucai, potong 1 cm (ga pake)
2 sdm bawang merah goreng untuk taburan (ga pake)
saya tambahkan Kerupuk putih 

Tempe & tahu goreng :
200 gr tempe utuh
1 buah tahu putih utuh
200 ml air
minyak untuk menggoreng

Bumbu Halus :
3 siung bawang putih
1 sdt ketumbar
1/2 sdt merica
2 sdt garam

Saus :(saya ga pake)
bahan :(saya ga pake)
200 gr kacang tanah goreng, haluskan
250 ml air panas

Bumbu halus : (saya ga pake)
5 buah cabe merah keriting
2 buah cabe rawit merah
1 sdt garam
2 sdm gula merah,sisir

Cara membuat :
  • Tempe & tahu goreng : aduk rata bumbu halus dan air, masukin tempe dan tahu. diamkan 10 menit. goreng sam[e matang, potong2
  • saus : aduk rata kacang tanah dan bumbu halus, tuang air panas sedikit2 sambil diaduk rata
  • Tata nasi, tahu,tempe, toge dan ketimun. Siram saus, remas2 kerupuk putih sampai hancur, tambahin kecap manis,tabur kucai dan bawang goreng. Sajikan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar