Sabtu, 18 Februari 2012

Ayam Bakar Mentega

Dari buku Primarasa Femina juga....meskipun tanpa ungkep, rasanya tetep enak lohhhh...oh ya karena saya pake mentega, so rasanya mantaps bangetttt!!

Bahan2 :
  • 1 ekor kurleb 1 kg ayam (saya ganti dada ayam fillet)
  • 4 sdm mentega/margarin,lelehkan (saya pake mentega)
  • 3 sdm kecap manis
Bumbu Halus :
  • 5 buah cabe merah (saya ganti cabe bubuk)
  • 1 sdt merica utuh
  • 2 sdt terasi
  • 1 1/2 sdt garam
  • 2 sdt asam jawa tanpa biji, larutkan dalam 30 ml air

Cara membuat :
  •  Belah ayam jadi 4-6 bagian, campur mentega/margarin cair dengan kecap dan bumbu halus
  • Rendam ayam dalam bumbu selama kurang lebih 3 jam atau semalaman yang disimpan dalam kulkas
  • Panaskan oven 180 derajat C
  • Masukkan ayam ke dalam pinggan tahan panas, tutup pinggan dengan kertas alumunium
  • Panggang ayam dalam oven selama 60-90 menit. Setiap 20 menit, balikkan ayam dan olesi bumbu perendam yang ada di pinggan. Pada 20 menit terakhir, buka kertas penutup pinggan agar ayam kering
  • Cara saya : Dada fillet yang sudah di bumbui, di bungkus ke dalam alumunium foil, lalu kukus selama 60 menit, hehehehhe soalnya kalo pake oven suka lama...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar