Rabu, 15 Februari 2012

Ayam Kretek

Ngiler banget liat postingan di NCC....baru brani buat karena mempersembahkan buat suami tercinta :):)
Bumbu yang minimalis tapi berasa enakkkk banget....
Dimakan panas2 sama nasi anget,nyammmm

Saya ambil dari Mba Camelia resepnya, karena beliau ini selalu memberikan tips2 yang berguna dan menceritakan panjang lebar mengenai proses memasaknya...hehehe beda sama saya yang critanya sedikit banget :D


AYAM KRETEK
Ny. Karnelih Hiya (Ibu mertuanya mba' Nina Herlina)


Bahan :
1 ekor ayam (tanpa ceker dan kepala) (saya pake dada fillet)
250 gr cabe rawit hijau
8 butir bawang putih
1 1/2 sdm garam kasar
Tambahan dari mba Camelia :tambah beberapa sendok minyak bawang putih (saya ga pake)
10 lembar daun jeruk,sobek2 (saya tambahin)

Caranya :
  • Bersihkan ayam. Lumuri dengan jeruk lemon (untuk menghilangkan bau amis). Diamkan selama 15 menit. Lalu siram dengan air bersih.
  • Tiriskan airnya dengan lap kering 
  • Ulek bawang putih asal aja, lalu masukan cabe rawit, ulek kasar 
  • Masukkan garam kasar, aduk rata.
  • Siapkan aluminium foil, bentangkan dan letakkan ayam yang sudah di keringkan.
  • Masukkan cabe rawit kedalam perut ayam, sisakan secukupnya untuk di baluri ke badan ayam. Sematkan lidi untuk mencegah campurannya keluar. (selama proses ini, jangan lupa pake sarung tangan ya...panas euy!) (kalo saya masing2 fillet ayam di bungkus alfoil)
  • Sisa cabe di lumuri ke badan ayamnya, agar meresap. Bungkus ayam dengan aluminium foil. Lalu simpan di kulkas bagian bawah selama lk. 5 jam.
  • Keluarkan dari kulkas, biarkan dalam suhu ruangan, lalu bakar ayam selama 1 jam (kalo aku sebelum masuk oven, foilnya aku tusuk2 dulu dengan pisau).
  • Setelah itu buka ujung-ujung foilnya dan panggang lagi selama 30 menit hingga kecoklatan. (Kalo aku, foilnya di buka bagian atasnya, olesi dengan minyak bawang. Masukkan ke oven, sambil sesekali dioleskan minyak bawang lagi dan di siram dengan air yang ada di loyang hingga ke coklatan)
  • Sajikan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar