Sabtu, 18 Februari 2012

Gepuk

Ditantang sama orang kantor untuk buat gepuk....katanya dia pernah makan gepuk buatan temennya yang pake lengkuas diparut banyaaaak banget....dan niat untuk buat gepuk juga semakin menggila ketika saya makan Gepuk Ny.Ong, lekker pisan euy!!!
Browsing lah yang ada lengkuas parutnya, dan saya dapat dari mba Susilo ...

Beberapa step ada yang saya gabungkan,dan saya modifikasi, untuk memudahkan saya dalam memasak, maklum pemula, so kalo mo liat resep aslinya bisa klik linknya yaa....hehhehehe....dan rasanya, enaaaaaaaaaaaak banget, menurut selera saya,hehehhehe....penggunaan lengkuas parut yang melimpah bener2 terasa seperti remah2 daging, menipuuuuuu :D....

Oh ya selain itu ada tips2 membuat empal daging dari Detik Food...cekidot gan



Bahan2:
  • 1 kg daging tanpa urat, potong2 berlawanan serat
  • 2 liter air biasa, mengingat saya pakai presto
  • 8 lembar daun salam 

Bumbu Halus :
  •  10 bh bawang merah 
  • 15 siung bawang putih 
  • 150 gr lengkuas, parut
  • 7 sdm gula merah (btw, kayanya mesti dikurangin jadi 5 sdm deh, kata ibu saya, kemanisan banget kalo 7 sdm....hhihiihihi..)
  • 1 sdm asam jawa (tamarind) yang masih ada biji atau 1 sdt asam Jawa tanpa biji (tamarind pulp)
  • 5 sdm ketumbar
  • 3,5 sdt garam  

Cara membuat :
  •  Taruh daging, air,daun salam dan bumbu halus dalam panci presto
  • Presto selama 1 jam semenjak bunyi peluit
  • Matikan panci presto,buang tekanan uap dari peluitnya,diamkan 1/2 jam. Ambil daging, pukul2 dengan pemukul daging sampai agak melebar
  • Cemplungkan lagi daging2 yang sudah dimemarkan tersebut ke dalam panci presto dan airnya. Presto lagi selama 1 jam semenjak bunyi peluit
  • Matikan panci presto lagi,  buang tekanan uap dari peluitnya,diamkan 1/2 jam 
  • Gepuk bisa langsung dinikmati dengan nasi panas, atau bisa di goreng dalam minyak panas, sampai kecoklatan dan jangan sampai kering
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar