Rabu, 15 Februari 2012

Gadon Sapi

Buat gadon untuk mertua tercinta...termehek2 enaknya....
Saya pake loyang alfoil yang dialasin daun pisang,hahahah karena daun pisangnya cuman sedikit jadinya cukup dialasin dan ditutup dengan daun pisang supaya aroma nya dapet...

Gadon Sapi Labu Siam by Joris' Kitchen

Bahan dan bumbu :
  • 250gr daging has (saya pake daging cincang spesial)
  • 2 buah labu siam ukuran sedang (ga pake)
  • 2 butir telur
  • 350 ml santan dari 1/2 butir kelapa (saya ganti 100 ml air, dan hasilnya padet banget)
  • 1 sdt ketumbar
  • 5 siung bawang putih
  • 7 siung bawang merah
  • 20 lembar daun salam
  • 1/2 - 1 sdt garam
  • 1 sdm gula pasir
  • 1/2 butir kemiri (saya tambahin)
  • 1/4 sdt lada bubuk (saya tambahin)
  • daun untuk membungkus 
  • 4 buah serai
  • tusuk gigi/lidi untuk menyemat

Cara:
1. Cincang daging has sampai hancur lembut. Bisa juga memakai daging giling supaya praktis, tapi percaya deh dengan mencincang sendiri hasilnya daging lebih manis dan sedap :-)
2. Kupas labu siam dan potong-potong sebesar korek api. Kemudian remas-remas dengan 1 sdt garam, cuci bersih, sisihkan
3. Haluskan ketumbar bersama garam, bawang putih dan bawang merah
4. Dalam baskom, campur jadi satu daging cincang, labu siam, bumbu yang sudah dihaluskan, gula pasir. Aduh merata.
5. Kacau telur sekedarnya masukkan kedalam adonan, tambahkan santan, aduk sampai semua tercampur merata.
6. Ambil sehelai daun pisang, letakkan selembar daun salam kemudian tambahkan adonan. Bungkus dan semat dengan lidi. Lakukan sampai semua adonan habis. *) Weekend kemaren berhubung nggak ada daun saya pake cetakan pie yang sebelumnya dialasi dengan potongan daun salam.
7. Kukus gadon dalam kukusan yang sebelumnya sudah dipanaskan selama 45 menit atau sampai tanak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar