Sabtu, 18 Februari 2012

Arem-Arem Spesial

Resep dari edisi Primarasa Femina, tertarik karena isinya pakai daging asap...hummm yummy.....meskipun penggunaan bumbunya minimalis, tapi rasanya yang gurih didapat dari daging asap tersebut

Oh ya, kalau mau agak awet, kukus minimal 2 jam, makin lama dikukus makin awet

Saya juga nambahin jumlah nasi aronnya, jadi 800 gr, soale mau pake isian tuna rica-rica merek Sunbell.,enak banget lohhh...cuman sayang, dirumah gak ada daun kemangi...kalo ada pasti tambah yummm


Bahan2 :
  • 500 gr beras, cuci
  • 1.000 ml santan dari 1/2 butir kelapa (saya ganti air biasa)
  • 1 1/2 sdt garam (gak pake, karena dari daging asap tuh udah asin)
  • 2 lembar daun pandan
  • Daun pisang untuk membungkus
Isi :
  • 6 butir bawang merah, iris tipis (saya ulek)
  • 3 siung bawang putih, iris tipis (saya ulek)
  • 3 buah cabe merah buang biji, iris tipis
  • 1 buah cabe hijau buang biji, iris tipis
  • 1 buah tomat (saya ganti 1 sdm saos tomat)
  • 150 gr daging asap, iris 1x1 cm
  • 2 sdm minyak untuk tumis
  • 2 lbr daun pandan
  • 1 1/2 sdt garam
  • 1 sdt gula pasir (saya ganti 2 sdt gula merah)
  • 250 ml santan dari 1/3 butir kelapa (saya ganti air biasa)
 Cara membuat :

  • Masak beras bersama santan,garam dan daun pandan. Setelah santan terserap oleh beras dan beras menjadi aronan,angkat,sisihkan
  • Isi : Tumis bawang merah, bawang putih dan daun salam sampai layu. Masukkan cabe merah,cabe hijau dan tomat. Masukkan garam dan gula, aduk sampai harum...Masukkan daging asap dan santan, masak hingga air mengering. Angkat
  • Panaskan air dalam dandang, ambil selembar daun pisang,taruh 2-3 sdm aronan beras diatasnya. Bubuhkan 2 sdt adonan isi di tengahnya. Bungkus dengan menggulung daun seperti bentuk lontong. Semat atau lipat kedua ujungnya. Kukus 2 jam sampai masak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar