Kamis, 16 Februari 2012

Orek Tempe / Tempe Orek / Tumis Tempe ..

Suami request minta di buatin orek tempe,tapi yang pake gula merah katanya....omigoooood, saya belum pernah buat...yah,well, orang rumah selalu membuat orek tempe tapiiii menurut saya tuh rasanya ngga bangetttttt....!
Saya tuh pengennya orek tempe seperti yang di jual di warteg2 itu, basah, tapi airnya sedikit dan warnanya hitam sempurna...akhirnya saya menemukan resep yang sepertinya sesuai dengan bayangan saya di Dapur Calista...hummm ga sabar untuk praktek!!!

Setelah beli tempe di pasar deket kantor, pulang kantor langsung praktek,dan taraaaaa jadiiiii......menurut saya enak banget,rasanya sama percisss dengan warteg2 itu...tapi deg2an juga nih, nunggu hubby pulang, penasaran sama kritikan nya dia....hehehhe, dia itu jago masak, jadi kalo kritik suatu makanan tuh dahsyat banget bisa bikin kuping merah,hahahahahha...but its okey, he's telling the truth...jadi pembelajaran saya juga...

So, ini resepnya yahhh....sst foto nyusul yahhh
Bahan :
  • 1 papan tempe, potong sesuai selera
  • Garam (secukupnya) dan air (secukupnya) untuk merendam tempe
  • 2 lmbr daun jeruk (aku pakai 4 lembar daun jeruk lalu kuiris halus, sesuai saran Nyutty supaya lebih endang gurindang !)
  • 1 lmbr daun salam
  • 3 cm lengkuas, memarkan

Bumbu bisa diiris tipis/dihaluskan (versiku, kuhaluskan) :

  • 6 siung bawang merah
  • 8 siung bawang putih
  • 3 bh cabe merah besar (yang ini saya iris)
  • 7 bh cabe rawit kecil (saya pake 2 buah yang ini saya iris)
  • 1 sdm gula merah
  • 1 sdm air asam jawa
  • 5 sdm kecap manis (bisa dikurangi/ditambah sesuai selera ajah)
  • garam secukupnya
  • Sedikit air untuk meresapkan bumbu kedalam tempe (aku gunakan kurleb 50 - 100 ml air, tuangkan dulu kurleb 50 ml air, jika dirasa masih kurang bisa dituangkan hingga 100 ml air)
  • 1 sdt cabe bubuk (ini tambahan dari saya)

Cara membuat:

  • Rendam sebentar tempe ke dalam air garam, goreng hingga setengah matang. Tiriskan
  • Tumis bumbu, cabe merah iris (kalau pakai), daun jeruk, daun salam & lengkuas kecuali gula merah, air asam & kecap. Tumis hingga harum. Masukkan kecap manis, aduk sebentar
  • Tambahkan irisan tempe goreng, gula merah & air asam. Aduk hingga tercampur rata.
  • Tambahkan sedikit air, biarkan mendidih, air menyusut & bumbu meresap kedalam tempe.
  • Angkat, sajikan dengan nasi & sayur kesukaan keluarga.

4 komentar:

  1. mbak.... itu daun jeruk apa yah?

    BalasHapus
  2. pakai daun jeruk purut...kalo di potek daunnya kecium aroma wangi...belinya di pasar pada bagian bumbu dapur

    BalasHapus
  3. langsung aja deh istrku suruh bikin oreg kesukaanku,
    makash ya..

    BalasHapus
  4. Sangat bermanfaat sekali semoga infonya berkah.
    Salam kenal dari Kandungan gizi kolang kaling

    BalasHapus