Sabtu, 22 Januari 2011

Pizza Crust Tipizz


Baru sekarang ni kesampean buat pizza pake resep dari mba Camelia....Nah,saya sedikit modifikasi dalam hal topping (karena saya sukaaaaaaaaaaaaaa banget topping yang banyakkkk), keju (karena mozarella mahal,hehe) dan saos tomatnya....selebihnya sih sama...

Saya buat 1/2 resep, di tengah2 perjalanan menguleni adonan, bingung....kok ni adonan masih lengket ajaaa??padahal dah setengah jam kalee ngulenin, pegel banget....akhirnya, saya nyerah, udah deh, langsung aja di proofing,hahahahha....trus pas di gilas juga gileeeeeh, lengket loh, kaya adonannya Cinnamon Rolls No Knead....bismillah aja deh...semoga jadi, secara toppingnya menggila sekalii...:):)

Dan tetep jadi,alhamdulillah, pizzanya tipis (paling males makan pizza kalo rotinya itu tebel), toppingnya banyak...weits...kalah deh kang pizza lainnya :P.....tapi saya kurang rada lama manggangnya, karena roti pizzanya masi berasa mentah....soale saya angkat pizzanya pas si pizza itu udah ngga lengket sama loyangnya (warna bawahnya masih putih),,,,,hihihihi....next time akan bener lah manggangnya,,,,tapi saya puasssss, pertama kali bikin dan alhamdulillah sukses menurut kacamata saya :P:P

Karena saya males ngoven lagi, ibu saya membantu mematangkan bagian bawah pizzanya (supaya crispy) dengan menggunakan wajan, api keciiiiiiil banget, tunggu beberapa menit, trus angkat...patokannya sampe bagian bawah pizzanya berwarna kecoklatan,tp masih ada putih2nya......hooooo gitu toh yaaa, harus di inget ni, kalo angkat pizza kalo bagian bawahnya udah kecoklatan, bukan pas masih putih semua,hahahahha....

pssst....1/2 resep jadi 2 loyang persegi empat size 30x30 cm.....asal ngegilesnya yang bener en rada maksa,hehe,,,,,adonan dah bilang "stop stooooop saya ngga bisa jauh lagi ni sampe pinggir " kata gilesan saya " hajaaaaar, biar muat bener 1 loyang"....

langsung ke resep aja yaaw....


Pizza Dough by Jamie Oliver

Bahan2 :
  • 800 gr tepung terigu protein tinggi
  • 1 sdm garam
  • 14 gr ragi instan
  • 1 sdm gula kastor
  • 4 sdm minyak zaitun extra virgin (jgn di subtitusi, krn dia kasih rasa yang berbeda,alias enyaaakk)
  • 650 ml air hangat

Cara Membuat :
  • Ayak tepung terigu bersama garam di atas permukaan datar, buat lubang berbentuk sumur di tengah2nya (mudeng yaaa....heheheh...maklum translate-an sederhana nehh)
  • Sementara itu, di dalam mangkuk, campur ragi, gula, minyak zaitun ke dalam air hangat, aduk sebentar, diamkan beberapa menit (saya sih sekitar 5 menit)
  • Tuangkan larutan air tersebut ke atas lubang terigu yang berbentuk sumur ituhh. Gunakan garpu untuk mencampur terigu dari setiap sisi luar dan dengan gerakan memutar seperti pusaran sampai ke tengah lubang yang ada larutan air tersebut
  • Terus mencampur dan mengaduk dengan mengambil terigu dari sisi luar ke dalam pusaran lubang tersebut
  • Setelah tercampur, baru deh di uleni pake tangan yang udah di taburi tepung terigu
  • Uleni sampe adonan kalis elastis dan ngga lengket di tangan
  • Bentuk buletan besar (taroh di mangkok besar bertabur tepung terigu), trus taburi sedikit tepung terigu di atas buletan adonan
  • Tutup dengan kain lembab, tempatkan di tempat hangat kurleb 1 jam sampe mengembang 2x lipat
  • Pindahkan adonan ke permukaan yang ditaburi terigu, kempiskan adonan, dan uleni sebentar untuk mengeluarkan udara yang ada di dalam adonan
  • Gilas adonan, ketebalan 3-4 mm. Diamkan 15 menit, adonan siap di gunakan

Saus Pizza by Camelia
  • 5 sdm pasta tomat (ternyata.......saya kurang suka dengan rasa pasta tomat, karena pas di icip ga ada asem,ga ada rasa manis...jadinya saya buat 50:50 = pasta tomat : saos tomat,heheheheh)
  • 8 sdm minyak zaitun
  • 1/2 sdt oregano (saya pake 1 sdt oregano, enyaaaak dan wangi)
  • 1/2 sdt merica hitam (saya pake merica putih)
Cara membuat :
  • Semua bahan dicampur aduk jadi satu sampe rata, siap untuk di oleskan

Topping  MeinekuecheMrsp :
  • 2 bonggol jagung manis, pipil
  • sosis secukupnya, iris, rebus, tiriskan
  • daging burger secukupnya, iris memanjang, rebus, tiriskan
  • 2 buah bawang bombay, iris tipis
  • 1 buah paprika hijau, iris tipis
  • 50 gr daging cincang, tumis dengan sedikit minyak, sisihkan
  • Keju Kraft quick melt, parut
  • Keju cheesy rasa edam, parut
  • Sedikit oregano

Penyelesaian :
  • Gilas adonan pizza (dough) sesuai ketebalan yang di inginkan (saya ikutin mba Camelia, 3-4mm) , diamkan 15 menit
  •  Olesi dengan saus pizza
  • Susun berturut2 : daging cincang, bawang bombay, sosis, daging burger, paprika, jagung dan keju. Taburkan sedikit oregano di atasnya
  • Panggang kurleb 10-15 menit, suhu 180 derajat C

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar