Minggu, 23 Januari 2011

Roti Boy Versi Cheat


Lucu ya namanya.....resep saya dapetin dari mba Rina dan dari situlah saya memesan tepung bread talk dan Puratos Dolce ke mba Nia Radin....
Baru sekarang deh kesempatan buat roti ini,,,,karena orang rumah sukaaaa banget dengan roti ini, so....why not saya coba-coba buatin buat mereka...
Trus, untuk topping, saya pake topping kopi dari NCC..

Testimonial :
  1. Saya ngga tau nih adonan udah kalis/ belom, karena selalu lengket di tangan, jadi saya selalu siasatin dengan menaburkan banyak tepung terigu ke telapak tangan saya
  2. Rotinya jadi, berserat dan lembutttt, bener2 versi cheat banget deh,hehehehhe..... Hanya aja, saya ga bisa mbuletin, jadinya kalo buat roti selalu aja bleber ke samping ga pernah bleber menggunung ke atas,trus pas udah dingin jadi kempes...setelah dapet share di milis NCC dari mba Meif, roti jangan di puter2 biar merata pas masuk oven,tar kempes...hauhauhauhau pantesaaaaaaan roti saya kempes..:)
  3. Rasa kopinya juga wokeh, tapi setelah dingin, topping kopinya ngga keras seperti roti boy itu, malah jadi lembek dan lengket plus mengkilat,huhuhu kenapa ya????? trus teksturnya ngga merata, dan tidak tebal...kalo ada yang bisa share, plissss kasi tau saya dwoooong...
  4. Testimonial orang rumah : enaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaak mirip roti boyyyy, ya tapi menurut saya belum bisa di sandingin lah sama roti boy, wong teknik saya masi TK,hihihihi....
  5. Keseluruhan : saya seneng bisa buatin roti kesukaan keluarga saya ini...semoga bisa buat terus dan teknik saya meningkat yaaa...
 Bahan2 :


Bahan bun :

500 gr terigu protein tinggi (karena versi cheat, ya pake tepung bread talk)
100 gr gula
75 gr mentega
40 gr puratos otentic dolce
1 butir telur
225-250 ml susu, tergantung adonan (saya pake 250 ml)
1 sdt garam


Bahan isian :
Salted butter beku, potong2 @ 5 gr

Bahan topping :
50 gr       gula halus
50 gr       gula palem
100 gr     mentega
80 gr       telur
130 gr     terigu protein rendah.
5 gr         kopi instant + 1 sdm air panas
5 gr         essence kopi (ga pake)


Cara membuat bun :
  1. Campur sampai rata semua bahan :  terigu, gula, mentega, telur, puratos. Kecuali garam dan susu.
  2. Setelah tercampur rata masukkan susu sedikit demi sedikir hingga adonan tercampur rata. Di awal menguleni adonan roti tampak kasar
  3. Uleni adonan hingga kalis, jadinya adonan licin. Tambahkan garam kemudian uleni lagi sampai tercampur rata.
  4. Setelah itu bulatkan adonan dan diamkan hingga adonan naik 2 kali lipat (saya diamkan di tempat hangat di tutup plastik bening selama 30 menit)
  5. Setelah itu kempiskan adonan dan bulatkan adonan @ 40 gr (jadinya gede banget lohh) sekaligus di isi dengan butter beku. Diamkan adonan sekali lagi sampai mengembang 2 kali lipat ( 30 menit )
  6. Beri topping di atas bulatan/roti dengan cara menspuit secara melingkar seperti obat nyamuk,kemudian panggang selama 15 menit dengan suhu 190 derajat.

Cara membuat topping :

  • kocok mentega, gula, telur hingga lembut, masukkan tepung terigu dan maizena, aduk rata, tuang kopi dan essence kopi, aduk rata.
  • Masukkan adonan kedalam plastik segitiga. Gunting kecil ujungnya. Semprotkan diatas roti bulat yang sudah mengembang terakhir dengan arah seperti obat nyamuk.
  • Panggang roti dalam oven hingga matang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar