Jumat, 14 Januari 2011

Banana and Honey Bread



Liat banana and honey bread nya mba Riana…..hasil modifikasi dari Jamie Oliver...ngebayangin….duh ngiler berat….
Akhirnya memberanikan diri untuk buat roti ini….tapi tentunya dengan survey dulu,gimana nih bikin roti….nah dari survey dan belajar teori dari master2 yang punya banyak tips,trik,pengalaman dan pengetahuan, saya simpulin :
  1. Bikin roti yang lembuuuut banget, kan pake bread softener selain pake ragi….nah ada yang lebih canggih, yaitu pake merek Puratos Dolce…cukup pake ini aja, ga usah pake ragi & bread softener dan penggunaannya adalah sebesar 8% dari berat tepung terigu yang digunakan pada resep. Saya juga dapet info ini dari mba Rina….trusss, belinya dimana? Saya sih beli online, ketengan lah (kemasan kecil maksute)…karena Puratos Dolce ini dijual kemasan sekiloan gitu dehhh dan lebih ngejual ke bakery ato perusahaan2 roti gitu…trusss truss penasaran kan saya beli di mana? Saya beli di mba Nia Radin…di mba Nia bisa beli ketengan ato kiloan juga boleh…
  2. Eitsss, selain pake Puratos Dolce,,,,menurut mba Rina, Puratos Dolce wokeh banget kalo di gabung dengan tepung terigu Bread Talk (khusus bikin roti)…makin lembut dehhhh…belinya dimana? Di mba Nia Radin juga,hehe…
  3. Menurut mba Riana, resep banana breadnya itu tanpa lemak,dst…jadi kurang empuk…dan dia menyarankan kalo mau pake resep roti yang empuk, ya pake resep roti empuknyaNCC…meluncurlah saya ke web NCC…tentunya disini saya menggabungkan resep mba Riana dan resep roti empuk NCC
  4. Saya buat roti ini di malam hari…..haaaah? kok bisa??? Bukannya kalo bikin roti di malam hari itu biasanya gagal, karena raginya ngga ngembang sempurna, jadi lebih sukses bikin roti di siang hari karena ragi bekerja efektif di iklim tropis ini….eittttssss,,,,itu bukan hambatan, saya dapat pencerahan dari mba Shirley via milis NCC…dan Alhamdulillah jadi rotinya, mengembang sempurna,hehehhehe….. saya kutip kata2nya ya..."Atau dibantu proofer. Aku bikin proofer ala rumahan. Pake oven yang masih dalam keadaan dingin (aku pake oven gas). Adonan roti aku taruh di rak atas. Di dasar loyang aku kasih air hangat (ambil dari water heater, dibiarkan sebentar supaya uapnya nggak terlalu banyak (taruh dalam loyang 5 cm). Tutup pintu oven (kaca oven nanti jadi berembun dan basah). Biarkan sampai adonan mengembang 2x lipat. Kalo airnya jadi dingin, aku ganti lagi (tapi nggak pake air mendidih, takut raginya mati kalo kepanasan)"
  5. Nah ini yang sulit….kalis elastis…silakan browse ke mbah gugel….kalis elastis gimana….hadoooh, saya tetep ga ngerti bikin kalis elastis sampe harus kaya gimana….wong adonan saya jembreng-jembreng tetep aja tuh putus, ngga elastis gitu…Serem deh, kalo over kalis elastis ntar adonan rotinya bisa ngga lembut, jadinya ya saya buat adonan selalu selevel (sok ngira2 nih) di bawah kalis elastis (jangan di tiru sodara-sodara, kalo bisa buat kalis elastis ya buatlah seperti itu…karena saya ga ngerti sama skali)..........................

Testimonial resep ini :
1.       Meskipun ngga kalis elastis, roti ini terasa lembutttttt…nyesss gitu dimaem saat masih anget...tapi setelah di makan besok harinya, teksturnya kokoh (tidak terlalu lembut), tapi pas di makan tetep lembut ....hummm mesti beli pengadon roti yang kalis elastis pake engkol itu rupanya....nabung dulu dehhh...hehehe
2.       Wangi pisangnya hummmm enaaaaaak….mungkin karena saya pake pisang ambon yahhh…kan katanya pisang ambon lebih bisa ngeluarin wangi enak dibanding pisang Cavendish (CMIIW)
3.       Wangi roti saat di oven…..serasa punya bakery sendiri,hihiihihi
4.       Seneng deh kalo bikin roti….waktunya ngga lama, Cuma kisaran 15-20 menit (sesuai resep)…lah, kalo bikin cookis waktunya bisa molor mpe 1 jam, cepek deeeeh
5.       Saya pake kacang2an seadanya…seperti yang mba Riana lakukan…ehhh kacang2annya tinggal sedikit, saya pakein deh keju parut…trus ada juga yang saya isi dalemnya dengan cincangan DCC…dan….pas dimaem, cincangan DCC yang ada di dalemnya meleleh,asoooooyy…tadinya saya kira ga bakalan meleleh,harus pake selai coklat,,,eh ternyata bisa lowh
6.       Karena saya ga kuat kalo makan roti banyak2 – gampang kenyang…maka masing2 roti saya buat @25 gr…besarnya kalo udah jadi segede pisang bolen nya Kartika Sari….
7.       Gulanya udah pasti saya kurangin….naaaah kalo mo liat resep aslinya bisa ke mba Riana dan ke web NCC ya, krn resep yang saya tulis udah penggabungan dengan gula yang sedikit…Saya kurangi penggunaan gula kastornya…pas di makan, emang ngga berasa manis nih roti…tapi kan tertolong dengan topping dan olesannya…

Yuk langsung ngesot deh ke resepnya :

Roti :
·         500 gr tepung terigu Bread Talk
·         1 sdt gula kastor
·        3 buah pisang ambon yang udah di lembutkan + 4 sdm madu + susu cair, dingin yang dikeluarin dari kulkas, dicampur semuanya sehingga menghasilkan 300 ml cairan
·         100 gr unsalted butter
·         4 butir kuning telur
·        1/2 sdt  Garam
·         40 gr Puratos Dolce
·         Wijen yang udah di sangrai, secukupnya dan semaunya dehh

Olesan :
·         4 sdt madu + 2 sdt unsalted butter yang di lelehkan + 1 sdt susu cair

Topping :
·         Isian dalem roti : DCC Cincang, semaunya
·         Wijen yang udah di sangrai, semaunya
·         Kacang kenari panggang, semaunya
·         Keju parut, semaunya

Cara membuat :
  • Campur terigu + gula + Puratos Dolce dalam mangkuk, aduk rata
  • Masukkan larutan pisang sedikit2 dan kuning telur. Aduk sampai rata dan uleni
  • Masukkan unsalted butter + garam, uleni sampai kalis elastis
  • Masukkan wijen semaunya, uleni sampai tercampur rata
  • Buletin adonan, taruh dalam mangkuk, tutup dengan plastic cling wrap
  • Proofing I : Biarkan mengembang 30 menit, dengan ditaro di tempat hangat
  • Kempiskan adonan dan uleni sedikit supaya udara di dalam adonan keluar
  • Bentuk bulatan@25 gr. Disini beberapa bulatan2 tersebut saya isi dengan DCC. cincang Caranya, ambil 1 bulatan adonan, pipihkan, masukkan DCC cincang, tutup adonan dengan cara mencubit2 rotinya di satu bagian supaya rotinya mbulet sempurna dan rata gak gradakan. Sdangkan bulatan2 lainnya saya buat tanpa isian seperti mba Riana punya
  • Habis selesai di bentuk, taruh bulatan2 roti tersebut dalam Loyang bersemir minyak (bisa juga kok pake butter/margarine), dan tutup dengan plastik cling wrap…kasih jarak sedikit satu bulatan dengan yang lainnya…soale ntar pas proofing II dia akan mengembang lagi dan kalo di kasi jarak dikit jadinya dempetnya ngga terlalu sesak
  • Proofing II : Biarkan mengembang lagi selama 30 - 60 menit di tempat hangat
  • Olesi permukaan bulatan2 roti dengan campuran olesan…dan taburi deh topping atasnya sesuka hati…
  • Panggang dengan suhu 190 derajat C selama 15-20 menit. Saya sih cukup 15 menit aja, karena roti sdh berwarna kekuningan dan bagian bawah roti terlihat coklat mudaaa (seperti bentuk roti2 di luaran lahhh…)kok saya bisa ngeliat bagian bawah roti?kan pake pyrex…untung ajah…kalo ngga pake pyrex bisa gosong kale….

4 komentar:

  1. Thanks for sharing yaa..
    Kapan2 ikutan nyoba juga ah..

    BalasHapus
  2. hihihi...ayo mba,,,,buat....pasti lebih enak karena mba bisa buat yang kalis elastis...duh denger kata2 itu 'kalis elastis' jadi takut ndiri,hahahahhaha....

    BalasHapus
  3. Lovely bread. Great recipe!

    BalasHapus
  4. try this recipe, it's great!!to see it in english, you can click the link that i've given...

    BalasHapus