Sabtu, 29 Januari 2011

Sus Goreng Pisang Berempah


Dag dig dug duerrrr bikin resep ini...secara ini kue sus! meskipun cuman di goreng,tetep ajeee....jiper,minder,dst...seperti biasa saya bikin 1/2 resep dulu,hahahahh percobaan....

Saya menemukan kesulitan saat spuit langsung di atas penggorengan - mangkanya bisanya bikin lurus doang padahal mah di resep disuru buat kaya cincin, mana adonannya kental banget, mpe plastik segitiga saya ambrol...hahahhahah....
Trus pas ngegorengnya juga saya pake minyak panas,api sedang, dan minyak harus di siram2 ke atasnya supaya cepet mateng,karena adonan ini cepet banget berwarna hitam,,,harus cepet2 deh,,,,ntar mau tanya ah ke milis, tipsnya gimanahhh...

Rasanya enakkkkk, wangi pisang ambon dan rasa manis di dapet dari gula bubuk yang di taburkan....

Resep di dapat dari Tabloid Saji

Bahan2 :
  • 50 gr margarin
  • 50 gr pisang ambon, lumatkan (saya pake 1 buah pisang ambon di lumatin pake garpu)
  • 150 ml air
  • 1/2 sdt essens pisang (ga pake)
  • 1/4 sdt garam
  • 150 gr tepung terigu protein sedang
  • 1 sdt baking powder
  • 2 butir telur
  • minyak untuk menggoreng
Bahan Taburan, Aduk rata :
  • 50 gr gula pasir halus (saya pake gula pasir diet)
  • 1 sdt kayu manis bubuk (saya pake 3/4 sdt bubuk spekuk dan 1/4 sdt kayu manis bubuk)

Cara membuat :
  • Rebus margarin + air + pisang ambon + essens pisang + dan garam sambil diaduk sampai mendidih. Angkat. Masukkan tepung terigu, aduk sampai kalis
  • Tambahkan telur dan baking powder, kocok rata (saya pake mikser di tahap ini)
  • Masukkan adonan ke dalam kantung plastik segitiga menggunakan spuit gerigi
  • Panaskan minyak di wajan datar, semprot bentuk bulat
  • Goreng sampai matang & kering. Sajikan bersama bahan taburan
Note :  (Tips baru dari mba Pipi via milis NCC dan berguna banget buat pemula)
  • Potong2 kertas roti sesuai ukuran/bentuk sus goreng - lebih bagus melebihi ukurannya sus yaa
  • Kertas roti itu trus di alasi mentega trus baru deh di cetak di atasnya (boleh di spuit/ apalah you name it)
  • Lalu digoreng bersama kertasnya, sus tersebut. Saat digoreng, kertas akan terlepas dengan sendirinya dari sus dan mengakibatkan susnya berbentuk bagooos banget
  • Menggoreng harus minyak banyak tapi tidak terlalu panas
  • Agar hasilnya bagus.....mba Pipi dapet nilai bagus dari dosen nih gara2 begini....yaitu gunakan 2 wajan.Jika minyak di wajan ke 1 sudah kepanasan, maka gunakan wajan satunya lagi...Wajan yang kepanasan itu di dinginin dulu ---hebat yah mba Pipi ini :):) makaci banget atas share nya ya mbaa...semoga banyak rejeki, rahmat,dst dst deh yang bagus2 hehehehe

Tidak ada komentar:

Posting Komentar