Selasa, 03 Mei 2011

Ayam Kalasan Bakar Kecap



Resep yang di share oleh ibu Lisa Basuki dan telah di modifikasi oleh beliau, adapun resep asli dari Pak Sahak Pribadi...

Seperti biasa, saya pake chicken wings, supaya easy bite...Disini saya mau bandingkan dengan spicy chicken wings ala Pizza Hut yang pernah saya praktekan tempo hari...

Meskipun warnanya sama-sama coklat, tapi rasa beda...Spicy chicken wings ala Pizza Hut lebih berasa barat, sedangkan ayam kalasan bakar kecap lebih berasa tradisional dan wanginya lebih membahana ke seantero rumah, karena adanya bumbu-bumbu tradisional di dalemnya...pastinya kalo yang ala barat enaknya dimakan pake saos sambal Belibis (paling suka deh ama merek ini) dan resep ini enaknya dimakan pake sambal bajak ...lekkerrr...

Lebih suka mana??? wah, saya suka dua-duanya,hahahhaha...marukkkk.....

Resep aslinya sih ngga pake air sama sekali, tapi saya mah takut ayamnya cepet gosong, maklum rada-rada gak ngerti masak, jadinya saya tambahin air dan rubah metode masaknya, heheheh...

Yuk ngesot ke resep

Bahan2 :
  • 1 ekor ayam ( 1kg ), potong 8. Untuk ayam kampung, potong 4 aja...(saya pake chicken wings)
  • 2 bh jeruk nipis, ambil airnya
  • 6 lbr daun jeruk purut (saya sobek2 daunnya, buang tulang daun yang di tengah)
  • 6 lbr daun salam
  • 10 sdm kecap manis
  • 1 sdt chicken powder (ga pake)
  • 1 sdt lada halus
  • 2 bh jeruk limo, ambil airnya
  • Saya tambahin : 500 ml air

Bumbu Halus :
  • 10 btr bawang merah
  • 8 btr bawang putih
  • 10 btr kemiri
  • 1 sdm garam
  • 25 gr gula merah
  • 1 ruas jahe

Cara membuat :
  • Cuci bersih ayam, lumuri 1/2 bagian air jeruk, diamkan 10 menit
  • Bilas ayam, tiriskan
  • Tumis bumbu halus + daun salam + daun jeruk sampai harum
  • Masukkan ayam, aduk-aduk sebentar, masukkan air ,garam,lada, kecap manis, aduk sampai rata
  • Ungkep selama 1 jam sampai bumbu meresap dan kental, jangan lupa selalu di cek,takutnya dasarnya berkerak dan menggosongkan ayamnya
  • Masukkan 1/2 bagian air jeruk limo, aduk dengan hati-hati, angkat
  • Siap dibakar sambil dioles bumbu yang kental itu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar