Sabtu, 28 Mei 2011

Paru Goreng Ala Keluarga Nugraha


Keluarga Nugraha emang top deh resep2nya....sering banget praktekin dan enak2 semua....orang rumah beli paru sapi, nah saya mau bikin dua resep yang berbeda, nah, resep pertama ini saya pake resep Kel.Nugraha dulu dan ujicoba 1/2 resep....kalo diliat dari bahan2nya, rasanya sih lebih condong ke asin-gurih yah...dan ternyata emang enak banget,heheheheh....apalagi pake nasi panas mengepul....heheheheh...
Oh ya, saya seneng banget resep ungkep2an gituh, karena bisa saya stok di freezer en goreng deh kalo ngga ada makanan dirumah...praktisss...
Sebenernya setelah di ungkep bisa langsung di makan, apalagi ada bumbu2nya itu, kalo kecampur nasi mantapppp bangettts...tapi kalo pengen rada garing, bisa di goreng...sesuai selera dehh

Bahan2 :
  • 1 kg paru sapi, bersihkan (saya langsung iris2, supaya bumbu meresap semua)
  • 1 liter air
  • 3 lembar daun salam
  • 2 batang serai, ambil bagian putihnya, memarkan
  • Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng
Bumbu Halus :
  • 5 siung bawang putih (saya dobel, pake 10 siung)
  • 8 butir bawang merah (saya dobel, pake 16 siung)
  • 2 sdm ketumbar (sangrai)
  • 5 butir kemiri, (sangrai)
  • 4 cm kunyit bakar (saya pake 3/4 sdt kunyit bubuk)
  • 3 cm lengkuas
  • 3,5 sdm garam
  • 3 sdm gula pasir
Cara Membuat :

  • Panaskan 3 sdm minyak, tumis bumbu halus, daun salam, serai sampai wangi
  • Masukkan paru dan air, masak sampai paru empuk dan kuah berkurang banyak (selama 3 jam)
  • Ambil paru, lalu iris tipis2 (saya skip bagian ini karena paru sdh saya iris tipis)
  • Panaskan minyak cukup banyak, lalu goreng paru sampai kering atau sesuai selera (saya sih gorengnya ga terlalu kering, rada2 basah gitu)
Untuk 6 porsi

Note :
  • Sebelum 3 jam biasanya air menjadi surut, nah tambahin aja sedikit air, supaya pas 3 jam, masih ada sedikit air

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar