Minggu, 29 Mei 2011

Sarikaya Ketan Kelapa Muda


Saya buat resep ini untuk hantaran tetangga yang selalu membantu disaat ada resep yang membutuhkan daun pisang...yak, dia menanam pisang, jadinya udah tau dong kelanjutannya, saya selalu mendapatkan daun pisang dengan gratissss....
Saya juga belum pernah makan resep ini, jadi pas, saatnya prakteeeeeeek!
Untuk pembuatan, ga ada kesulitan deh, gampang....dan langsung jadi, alias ngga ada tuh kata2 gagal total...alhamdulillah...
Soal rasa, seperti resep tulisannya Mamajos, rasanya campuran antara manis dan gurih....manis dari sarikayanya yang terasa sekali santannya dan gurih dari ketannya...enak deh,,,,,tapi kalo kebanyakan, keblenger juga...
Jadi kepikiran, toppingnya kan kelapa muda yah, nah bisa juga tuh di subtitusi sama duren/nangka (tapi saya gak suka kedua buah ini, cuma, kalo saya suka kedua buah ini, udah pasti saya bakal bikin!)...

Bahan2:
Alas :
  • 200 gr beras ketan, rendam 1 jam
  • 120 ml air mendidih
  • 1/2 sdt garam
  • Saya tambahin 1 lembar daun pandan
Sarikaya :
  • 3 butir telur, kocok lepas
  • 100 ml santan kental instan (KARA)
  • 200 ml air
  • 125 gr gula merah, sisir halus
  • 1/4 sdt garam
  • 2 sdm tepung maizena
  • 100 gr kelapa muda, keruk panjang

Cara membuat:

Alas : 
  • Kukus ketan 15 menit. angkat. 
  • Masukkan air mendidih & garam. aduk sampai meresap. Kukus lagi 25 menit hingga matang
  • Padatkan ketan dalam loyang 10 X 22 cm yang dialas plastik/daun pisang. sisihkan
Sarikaya : 
  • Rebus air & gula merah serta daun pandan hingga gula larut, saring dan ukur 300 ml air gula. 
  • Campur santan, maizena, air gula merah & garam. aduk rata.
  • Campur ke kocokan telur. aduk rata. tambahkan kelapa muda. tuang ke atas ketan
  • Kukus 45 menit dengan api kecil. angkat. dinginkan

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar