Sabtu, 28 Mei 2011

Paru Bumbu Manis


Session kedua masak paru-paruan,heheheh...disini saya coba resep paru yang rasanya manis-gurih...soalnya dulu almarhumah nenek saya suka buat dan after taste yang selalu saya ingat adalah rasa manis-gurihnya dan ada bumbu ketumbar yang kalo kemakan enak banget...dan ternyata, rasanya sama dengan masakan almarhumah nenek saya...aseeeeeekkkkk, akhirnya ketemu juga resep yang sama ini :D

Sesuai dengan tebakan saya dan dari judul resepnya, paru ini rasanya manis, mirip semur...tapi sebelnya, foto yang saya ambil saat paru selesai di goreng ke delete semuahhh, adanya foto paru yang selesai di ungkep..tapi gapapa, rasanya tetep sama kok...dan saya juga suka rasa paru yang selesai di ungkep ( gak digoreng lagi) karena serasa makan semur dan airnya nyemek2 gitu..

Resep saya dapat dari milis tercinta, NCC..yang di share ulang oleh Honesty Rasyid

Bahan2 :
  • 500 gr paru, diiris tipis
  • 2 cm Jahe, memarkan
  • 2 cm Lengkuas, memarkan
  • 2 lembar Daun salam
  • 25 gr gula merah, sisir halus
  • 2 sdm kecap manis
  • 1,5 sdm Gula 
  • 1,5 sdm garam
  • 600 ml santan kental (saya ganti susu cair)
  • Minyak goreng untuk menumis

Bumbu halus :
  • 8 siung bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 1 sdm Ketumbar, sangrai
  • 5 butir kemiri, disangrai terlebih dahulu
  • 3 cabai merah  (ga pake)

Cara membuat :
  • Tumis bumbu halus, masukan jahe, lengkuas dan daun salam
  • Masukan paru, aduk
  • Tambahkan gula merah, garam, kecap, santan, aduk dan masak hingga santan mongering (kurang lebih 3 jam supaya empuk dengan api kecil)

Note :
  • Sebelum 3 jam biasanya air menjadi surut, nah tambahin aja sedikit air. Pokoke pas 3 jam, air tinggal sedikit(surut)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar