Minggu, 29 Mei 2011

Arem-Arem Jawa Tulen ala Keluarga Nugraha


Seumur idup belom pernah bikin arem2/lontong...(btw, arem2 sama lontong sama gag sih? kalo menurut saya sih sama, tapi mengingat nama resep ini adalah arem2, marilah kita bicara arem2 aja hehehe) biasanya makan doang, entah itu beli di pasar, dapet snack dari kantor, pas acara keluarga, dstttt....
Saya paling takut bikin arem2...kenapa? karena oh karena sebenernya saya belum belajar hal yang paling basic dan dibutuhkan serta di makan semua orang, yaitu.....MEMASAK NASI, hehehheheh...

Meskipun takut, saya coba dong bikin, rada2 tertantang gimanaaaa gitu...apalagi pas baca resep, berasnya di aron dulu, waduh kaya gimana tuh, terserap yang seperti apa tuh, nanya dulu lah ke ibu saya :) Dilalah pas saya sedang mengaron beras, ibu saya pergi, hadoooooh, gimana ini,,,,,gimana kalo arem2nya gagal maning???akhirnya patokan adalah, airnya sampai terserap habis bis bisss oleh nasi...dan pas saya tes makan, lumayan lah si berasnya ngga terlalu keras...dan akhirnya, jadi!!!!! saya bisa buat arem2, aseeeeeeeekkk...jadi kepikiran, nanti kalo mau jalan2, piknik, dst udah bisa bawa bekel arem2 dech...:):) senangnyawwww...

Testimonial rasa ? enaaaaaaaaaaaaaaaak bangetttttttttttttttttttttttttttttttt.....rasa arem2 wong Jowo deh (hihihi...saya juga sebenernya gatau arem2 wong Jowo kaya gimana)...isian dagingnya sangat gurih (meskipun saya ngga pake santen, diganti sama susu cair) ada rasa asin dan manisnya...

Oh ya, saya pake resep nasinya 1 resep, dan resep isiannya 1/2 resep....dan saya bikin model ekonomis, ukurannya ngga terlalu gede, lebih di antara kecil ke sedang deh (gimana tuh ya????hehehehhe) dan jadi 20 arem2....jadi emang selain ekonomis, isiannya kan gurih banget tuh, makanya setiap 1 pcs arem2 saya kasih sedikit isiannya (pelit apa pelit neeeeh) dan banyakin nasinya,hehe....

Resep ini saya dapat dari Keluarga Nugraha, mantap punya resepnya...

Bahan2 :
Bahan Beras:
  • 500 gr beras kualitas baik, cuci bersih
  • 1 liter santan cair (saya ganti susu cair)
  • 1/2 sdt ketumbar bubuk
  • 1 sdt garam
  • 3 lbr daun salam
  • 1 lbr daun pandan, potong-potong  5 cm
  • Daun pisang secukupnya, potong2 20x25 cm (saya buatnya kira2, dan ngga sebesar yang di resep)
  • Cabe rawit utuh
Bahan Isi:
  • 300 gr daging sapi cincang (saya pake 250 gr)
  • 200 gr ati sapi, rebus setengah matang, potong dadu kecil (saya ga pake)
  • 3 lbr daun salam
  • 300 ml santan kental (saya ganti susu cair)
  • 3 sdm minyak untuk menumis
Bumbu untuk isi, haluskan :
  • 8 butir bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 5 buah cabe merah (saya ga pake)
  • 1 sdt terasi matang
  • 3,5 sdt garam
  • 6,5 sdt gula pasir
  • 1 sdt lengkuas bubuk (saya ga pake)
  • 10 gr asam jawa

Cara membuat :

Cara membuat beras :
  1. Campurkan semua bahan beras (kecuali daun pisang), lalu masak sampai santan terserap habis, angkat. Buang daun-daunnya, sisihkan dan dinginkan.
Cara membuat isi :
  1. Panaskan minyak, lalu tumis bumbu halus dan daun salam sampai harum
  2. Tambahkan daging sapi cincang dan hati, aduk sampai daging berubah warna
  3. Masukkan santan, lalu masak sampai kuah kental atau kering, angkat, sisihkan
Cara membungkus :
  1. Bentangkan 2 lembar daun pisang, lalu beri 3-4 sdm adonan beras, ratakan (karena saya ukurannya kecil, maka saya pake 2 sdm adonan beras)
  2. Beri 2-3 sdt adonan isi, lalu gulung seperti lontong (adonan isi di tengah) (tutorial cara ngegulung bisa liat di NCC, saya pake 3/4 sdt adonan isi)
  3. Jika suka pedas, beri 1 buah cabe rawit utuh ditengah adonan isi sebelum digulung
  4. Tusuk dengan lidi
  5. Kukus sampai matang kurang lebih 30-45 menit  (saya pake tips NCC, kukus 60 menit)
Untuk 20 buah

Note (disadur dari tips NCC) :
  • Daya tahan arem2 paling lama 2 hari, oleh karena itu kukus selama 1 jam supaya tanak sekali
  • Daya tahan arem2 yang pake isi sayuran adalah 1 hari. Jadi kalo mau berumur 2 hari, jangan pake isi sayuran, karena sayuran bikin cepet basi
  • Kalo rencana piknik pagi2, arem2 bisa dibikin 1 hari sebelumnya, kemudian malamnya dikukus lagi, dan pagi2 siap di bawa piknik

4 komentar:

  1. enak lagi diberi irisan kentang dadu kecil2 biar gak hanya daging

    BalasHapus
  2. lebih enak kasih irisan kentang

    BalasHapus
  3. Wah sepertinya yummy...boleh aku coba resepnya ya Mbak...Tapi LINK NCC nya ngga bisa saya buka ada saran ngga mbak krn saya tinggal di Munich dan daun pisang mahalnya selangit hihi..jadi sayang kalau daunnya gagal utk membungkusnya...spt Mbak Juga saya biasa beli tp kali ini mau mencoba krn tertantang :) email saya monik1973 at yahoo dot com blh Mbak krm Link NCC nya?trims sebelumnya :) Monika

    BalasHapus
  4. hai mba salam kenal....
    saya sekarang jarang buka komen2 di blog saya heheheheh...untuk nulis d blog pun sekarang ala kadarnya...maklum sibuk urus baby....
    maafkaaaan....
    resep arem2 itu saya dapat dari resep keluarga nugraha, bukan ncc mba..
    dan memang websitenya lagi under maintenance...kalo ga ada daun pisang bisa kali ya pake alumunium foil? hehe...hanya pemikiran saya aja, belum pernah nyoba juga...

    anyway...met praktek resep ya mba,salam kenal dan mohon maaf baru dibaca komennya

    BalasHapus