Minggu, 08 Mei 2011

Ayam Panggang Bumbu Rujak


Widihhhhh....ngilerrrrr ngeliat resep en postingan ibu Lisa Basuki tentang resepnya, yang merupakan resep turun temurun keluarganya.....karena saya pake cabe merah besar, rasanya ga pedes lohhhh...padahal udah di tambahin cabe bubuk segala...terus saya ngga pake santan, karena orang rumah ngga boleh banyak makan santan, akhirnya saya akalin pake susu :D...rasanya sih ngga kentara yah...tapi pasti uenaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaak banget kalo pake santan, apalagi santan kental....

testimonial rasa : Rasanya itu lohhh....enak banget, soale pake bumbu-bumbu Indonesia, homy banget dehhhh....

Bahan :
  • 1 ekor ayam ( kurleb 1kg ) (saya ganti sayap ayam)
  • 1 bh jeruk nipis ambil airnya
  • 400 cc santan kental dari 2 btr kelapa (saya ganti susu cair)
  • 800 cc santan cair (saya ganti susu cair)
  • 2 ruas jari lengkuas, memarkan
  • 3 lbr daun salam
  • 3 btg sereh, memarkan
  • 4 lbr daun jeruk
  • 1 sdm air asam jawa (saya ganti jeruk nipis)
  • 4 sdm minyak goreng untuk menumis

Bumbu yang dihaluskan :

  • 10 btr bawang merah
  • 8 siung bawang putih
  • 8 btr kemiri sangrai
  • 4 buah cabai merah
  • 1 cm kunyit (saya ganti 1/2 sdt kunyit bubuk)
  • gula merah secukupnya (bu Lisa pake 1 sdm)
  • garam secukupnya (bu Lisa pake 1 sdm)

Cara Membuatnya :

  • Potong ayam menjadi 2 atau 4 bagian, sedangkan untuk bakakak belah 2 jangan sampai putus
  • Cuci bersih ayam, lumuri dengan air jeruk nipis, diamkan 15 menit
  • Bilas ayam, tiriskan
  • Tumis bumbu yang telah dihaluskan dengan minyak goreng
  • Masukkan lengkuas, salam, serai dan daun jeruk
  • Setelah aromanya harum, masukkan ayamnya, tumis sebentar sampai berubah warna
  • Masukkan santan cair,air asam, garam dan gula merah masak sampai ayam setengah matang, baru masukkan santan kentalnya
  • Didihkan sampai ayam 3/4 matang, kecilkan apinya dan masak terus sampai santan mengental
  • Panggang ayam diatas bara api arang, atau dalam oven sambil dilumuri bumbu sampai ayam matang, berbecak kuning keemasan (ssst....di foto ini saya ngga panggang, soale enak kalo dimakan pake nasi ada bumbunya gitu )

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar