Selasa, 03 Mei 2011

Puding Susu Keju



Yapppp...mempraktekan resep unik ini....saya dapet resep ini dari blog mba Hesti dan saya ucapkan terima kasih bagi mba Hilce (tetangga mba Hesti) sang empunya resep....

Membuat puding ini gampaaaaaaaaaaaaaaaaaang banget, saya tidak menemukan kesulitan yang berarti...pertama kali baca resepnya sih, bingung, takaran gelas tu seperti apa...berapa ml....untuk mba Hesti menjelaskan,hehehehhe...

Langsung ke testimonial rasa aja yahhh, uenaaaaaaaaaaaaaaaaaaak.....vla yang manis gurih karena ada campuran santan ketemu saya puding busa yang lembut dan sedikit asinnya keju....hummmm yummmy banget dehhhhh.....resep yang bener2 unik, vla nya di taro di bawah terus dikasih parutan keju....dari jauh bisa bikin orang kecele...ini kue atau apa sih???makaroni schotel atau apa sih? kok rasanya manis2 dingin gurih gitu sih???hehehehe...

Saya jatuh cinta sama resep ini :)

Bahan2 :

Vla :
  • 3 sdm tepung maizena
  • 5 butir kuning telur
  • 3 gelas santan dari 1 butir kelapa (800 ml santan, saya buat dari 130ml santan Kara + 670 ml air)
  • 1 kaleng susu kental manis (sekitar 375 ml)
  • 1/2 sdt vanili essens
  • 1/4 sdt garam

Puding :
  • 2 bungkus agar-agar putih
  • 3 gelas air (saya pake 800 ml susu cair)
  • 1 1/2 gelas gula pasir
  • 5 butir putih telur
  • keju cheddar parut

Cara membuat :

Vla :
  • Campur : santan + susu kental manis + vanila essens + garam + kuning telur + maizena, aduk pakai whisker sampai rata
  • Jerang di atas api sedang sambil terus di aduk-aduk menggunakan whisker (supaya cantik dan nge blend) sampai meletup-letup dan mendidih
  • Angkat, terus diaduk menggunakan whisker sambil di tuang ke dalam 3 pyrex sedang, ratakan
  • Sisihkan

Puding :
  • Kocok putih telur sampai berbusa, masukkan 1/2 bagian gula pasir sambil dikocok terus sampai mengembang (kalo saya sampai hard peak, hehe)
  • Masak agar-agar, air, dan 1/2 bagian gula pasir sampai mendidih (saya aduk terus pake whisker supaya ngga pecah adonannya, karena saya pake susu cair), tuang sedikit demi sedikit ke dalam kocokan putih telur sambil di mixer terus sampai tercampur rata
  • Tuang agar-agar ke atas bahan vla, langsung berikan parutan keju cheddar di atasnya
  • Dinginkan di kulkas
  • Siap di sajikan dalam keadaan dingin

Note :
  • Tuang agar-agar saat vla dalam keadaan dingin suhu ruang. Karena dalam keadaan dingin suhu ruang, vla nya menjadi mengental, jadinya bagus untuk menopang agar-agar ini

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar