Minggu, 15 Mei 2011

Gudeg


Masak gudeg pake slow cooker...yay! Gampang lah, tinggal cemplang cemplung doang...yang bikin deg2an sih gara2 warnanya masih pucat, padahal udah pake 2 pcs teh celup....dan beginilah hasilnya, masih pucat....saya sih berkesimpulan warna nya pucat karena saya pake sedikit kulit bawang merah (tidak sesuai resep), karena stok bawang merah emang tinggal dikit...dan mungkin harus di tambah lagi teh celupnya....dari segi rasa, gurih dan manis, menurut saya sih udah mirip gudeg....hehehhehehe...Oh ya,karena saya pake slow cooker, jadi menurut saya sih ini resep lebih cocok ke gudeg basah, bukan gudeg kering

Resep saya dapat dari dopeicooking..dan saya sesuaikan dengan slow cooker saya, jadi kalo mau liat resep asli bisa langsung ke blog nya yaw...

Ingredients:
  • 1 kg nangka muda, kupas, dan potong-potong, kemudian rebus dalam air mendidih selama 15 menit untuk menghilangkan getahnya, tiriskan
  • 200 ml santan kental, saya pakai Kara
  • 4 butir telur, rebus matang, kupas
  • 4 potong paha ayam, cuci bersih
  • 2 cup kulit bawang merah, cuci bersih (saya pake 1/4 cup, inilah yang menghasilkan warnanya pucat, karena saya ga pake kulit bawang merah sesuai resep)
  • 250ml air
  • 6 lembar daun salam
  • 2 batang lengkuas, kira-kira 5 cm panjangnya, memarkan
  • saya tambahin : 2 kantong teh celup

Bumbu yang di haluskan :
  • 180 gr gula jawa
  • 15 siung bawang merah
  • 10 siung bawang putih
  • 8 butir kemiri, sangrai
  • 1 sdm ketumbar bubuk, sangrai
  • 2 sdt garam 
  • 1/4 jintan 
Directions:
  1. Didihkan air, kemudian masukkan kulit bawang merah. Didihkan kembali sampai air berwarna merah. Sisihkan
  2. Masukkan berturut2 ke dalam panci slow cooker : 1/2 bagian daun salam, 1/2 bagian lengkuas, 1/2 bagian nangka, 1/2 bagian ayam, 1/2 bagian santan,1/2 bagian air kulit bawang merah, 1 buah teh celup. Ulangi lagi dengan lapisan seperti itu, dan terakhir masukkan telur ayam.
  3. Tutup panci, masak dengan mode 'low' sampai dengan 8-10 jam. Saat 3 jam pertama, ambil kantong teh celup dan buang. 
  4. Sajikan dengan nasi hangat.

Note:
  • Yang tinggal di Indonesia, ngga perlu pakai air bawang merah. Pakai 2 lembar kulit daun jati. Alasi panci bagian basar & bagian dalam dengan daun jati.

Saya menanyakan perihal kenapa gudeg saya ngga berwarna gelap ke rekan2 NCC di milis, dari hasil diskusi, bisa saya tarik kesimpulan, ternyata ada beberapa hal yang membuat gudeg saya gagal untuk menghasilkan warna yang gelap (tanpa pake daun jati/teh celup/kulit bawang merah/daun jambu --->krn semua ini bisa menghasilkan warna merah cuma bahan2nya sulit di dapat, adapun daun jambu ga boleh banyak2 krn akan menimbulkan rasa getir saat di makan)&gurih , contohnya :

  1. Saya beli nangka muda tanpa nanya ke abang sayur ini nangka putih/nangka merah, karena saya anggap sama semua nangka, ternyata nangka merah lebih menghasilkan warna gelap
  2. Saya pun menganggap semua gula merah adalah sama, ternyata harus mencari gula merah yang berwarna gelap sekali 
  3. Penambahan daun salam pun mempengaruhi, sehingga daun salamnya harus banyak 
  4. Di bagian bawah panci diberi pecahan batok kelapa yang agak besar
  5. Yang terpenting juga, dimasak yang lama, dengan api kecil, dan pemasakan ini bisa berhari2 (1-3 hari)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar