Sabtu, 30 April 2011

Terung Isi


Variasi lain dari terung....bosen juga kan kalo di buat terung balado melulu,hehe...

Resep ini saya dapet dari majalah Femina, bahannya gampang di dapet, masaknya juga gampang donnng....cuman saya mengubah cara memasaknya, di resep disuruh di goreng pake minyak en air, yah mirip2 kaya masak kuotie gitu deh....cuman, hasilnya mawur,alias isinya jadi ambyar keluar2....akhirnya saya pake metode kukus....jadinya penyajiannya tetep oke deeeeh...

Dari sisi rasa, hummmm...biasa aja ternyata....mungkin lidah saya ini suka banget dengan hal2 yang berbau bumbu banyak, jadi menurut saya terlalu plain...so, bagi saya, belom ada yang ngalahin rasa terung balado :):)

Bahan2 :
  • 675 gr terung ungu besar dan bagus
  • 2 sdm garam
  • 50 gr ebi, rendam air panas hingga mengembang, tiriskan
  • 225 gr bawang bombay, haluskan
  • 2 siung bawang putih, parut
  • 1 cm jahe, parut
  • 1 sdt cabe merah giling (saya pake cabe bubuk)
  • 1/2 sdt kunyit bubuk
  • 1 sdm saus ikan
  • 50 ml minyak sayur
  • 1 batang daun bawang, iris halus, untuk taburan (ga pake)

Cara membuat :
  • Potong2 terung melintang 4-5 cm, keruk isinya hingga kira2 setengah tinggi terung, cincang halus isinya, sisihkan
  • Taburi potongan terung dengan garam hingga rata agar terung tidak menjadi kecoklatan
  • Rendam potongan terung dalam air dingin agar tetap segar, cuci bersih dan tiriskan, lap hingga kering
  • Campur bawang bombay, bawang putih, jahe,cabai, kunyit dan saus ikan dan isi terung cincang, aduk rata
  • Isi bekas lubang terung dengan adonan udang kering hingga peuh
  • Panaskan minyak, beri sedikit air dan didihkan, masukkan potongan terung berisi udang kering. Tutup wajan dan masak hingga terung matang. Angkat, taburi bawang iris, sajikan (kalo saya, cukup di kukus aja, sampe mateng, hehe)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar