Jumat, 08 April 2011

Jamie's Flourless Chocolate Cake - Double Nuts Chocolate Torte


Saya pecinta coklat....so, malem ini pengeeeen banget maem coklat yang manis2 gitu...keinget mba Riana pernah posting resep unik ini, cake tanpa terigu....tertantang deh pengen buat...penasaran banget gimana rasanya, palagi foto2 mba Riana bikin ngileeeerrrr berat....

Dari bahan2nya aja sempet bikin jidat cenat cenut (ih lebay dehh...), bisa ga si seperti cake??wong isinya cuma telur, kacang, sedikit tepung coklat, mentega en gula...tapi sih sepertinya enak,,,wong coklat semuaaaa....

Seperti biasa, karena ogah rugi,hahahahhaha....saya bikin 1/6 resep...whatsss???iya, 1/6 resep, patokannya telurnya aja, resep asli kan pake 6 telur, nah saya mau pake 1 telur aja, ya udah di bagi 6 dewhh...

Saat proses pembuatan bagi saya sih ngga ada problem, jieh gaya...(padahal bingung tuh stiff peaks tu apaan..), karena saya gag punya food prosessor, rada ngeri juga kalo harus ngeblender kacang (gag kuat blendernya), saya pake almond bubuk en DCC yang di parut...hehehhe, jadinya sama toh, bisa nge blend
trus...yang ada nih jari bawaannya pengen celap celup trus masukin ke mulut, bis nya enakkk sih,wangi coklat en butter gituuu....nyammmm....

Referensi stiff peaks :

Nahhh, saat saya tuang ke pyrex keramik, adonannya itu tingginya 1/2 dari tinggi pyrex keramik...pas di panggang, naek tinggi sekali....eeeeeh pas mateng, dikeluarin, kempes dengan tinggi seperti di awal, 1/2 dari tinggi pyrex keramik...bantet dooooong....huahauhahahau....Oh ya, karena saya buat 1/6 resep, saya ngga persis 1 jam lama memanggangnya, kira2 20 menitan udah mateng...saya sih pake tes tusuk,supaya lebih amannya...

Testimonial rasa : Nyyyyyyyooookkkklattttt bangeeeeeeeeeeeeet....!!!!!! gila enak bangetttt, lembut, tekturnya seperti kata mba Riana, seperti puding, lebih tepatnya puding bakar....rasa manisnya pas (bagi saya yang kurang suka manis2,resep ini tuh oke banget!)...apalagi ada cincangan DCC, yang kalo dimakan anget2 ada lelehan coklatnya....trus ada krenyes2 almond...enak bangettt...palagi kalo pake es krim...sayang saya ga ada stok...

Okeh, langsung aja Resep asli dari Jamie Oliver, resep di terjemahkan ala kadarnya oleh saya...

Bahan2 :
  • 150 gr kacang almond yang udah di kupas  (saya pake almond bubuk)
  • 150 gr kacang walnut (saya pake almond bubuk)
  • 300 gr kualitas coklat yang bagus, 70% cocoa (saya pake DCC, trus di parut, karena ga punya food prosessor)
  • 1 sdm munjung bubuk coklat/cocoa
  • 255 gr mentega
  • 100 gr gula
  • 6 butir telur, pisahkan antara kuning dan putihnya
  • garam, sejumput sedikit ajaa
  • DCC cincang, terserah berapa gram, buat kasih tekstur lumer2 gituhhh

Cara membuat :
  • Panaskan oven 190 derajat C
  • Alasi loyang diameter 20 atau 25 cm dengan kertas roti, kemudian olesi dasar dan sisinya dengan butter lalu taburi dengan tepung terigu
  • Penggunaan food prosessor : Proses kacang2an sehingga menjadi halus, kemudian masukkan DCC dan bubuk coklat, proses selama 30 detik, taruh di wadah, sisihkan. (cara sesat saya : dalam satu wadah, campur almond bubuk, bubuk coklat dan DCC parut, aduk rata, sisihkan)
  • Dalam food prosessor : Proses mentega dan gula sampai pucat dan mengembang, masukkan kuning telur satu persatu, sambil di proses, kemudian campur dengan campuran coklat dan kacang tadi yang udah di proses. (cara sesat saya : mikser mulai dengan kecepatan rendah ke kecepatan tinggi si mentega dan gula sampe pucat dan mengembang, bis itu masukin campuran coklat en kacang, aduk rata pake spatula)
  • Di tempat lain, kocok putih telur dengan garam sampai stiff peaks, kemudian masukkan putih telur ke dalam campuran coklat,mentega dan kacang. Gunakan teknik aduk balik
  • Tuangkan adonan ke loyang, sebarkan DCC cincang di atas adonan, agak sedikit di tekan DCC nya supaya mblesek ke dalam adonan, panggang selama 1 jam. Untuk mengetes kematangan cake, gunakan tes tusuk

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar