Minggu, 17 April 2011

Selai Nanas




Hehehhe...terinspirasi dari selai Oma Anna yang kemarin saya beli dan sudah di kemilin terus, abis enak siiih...saya kepikiran pengen bikin selai nanas home made sendiri, kebetulan ada stok buah nanas dirumah...

Resep asli saya dapat dari Keluarga Nugraha, tapi ada bahan yang saya skip dan cara membuatnya saya ngikutin sarannya mba Ayu yang dre via milis NCC...

Berikut kutipannya :

"Nanas yg sdh diparut, dimasak lbh dulu sampai air nanasnya habis, baru masuk gulanya. Knp? Cara ini jauh lbh mudah+irit tenaga+lbh cepat krn kita gak perlu tll sering mengaduk. Selama proses rebusan pertama itu...nanasnya jg jd tanak+tahan lama. Aku simpan sampai 6bln gpp (di kulkas)"

Naah begitulah ceritanya....

Resep ini membuat selai nanas berwarna agak gelap, karena menggunakan kayu manis bubuk...tapi saya suka, karena kayu manis ini ikut termakan sama saya, tidak cuma diambil aromanya aja....do you know? kayu manis itu bagus untuk mencegah diabetes lowh...

Rasanya yang asem manis wangi kayu manis bikin berasa kembali ke jaman jadoel,heheheh...tapi menurut saya resep ini masih kemanisan bagi saya, next time saya akan coba kurangi gulanya,hehehehe...

Yukk langsung ngesot ke resep

Bahan2 :
  • 500 gr nanas parut/blender
  • 1 sdt kayu manis bubuk
  • 5 butir cengkeh
  • 100 gr gula pasir
  • 2 sdt brown sugar
  • 5 lembar daun jeruk (saya ga pake)

Cara membuat :
  • Masak nanas + kayu manis + cengkeh dengan api kecil sekali,sambil sesekali di aduk
  • Masak sampai air nanasnya habis, kemudian masukkan gula pasir + brown sugar, aduk rata sampai air kembali habis dan adonan menjadi kental
  • Angkat, masukkan ke dalam botol selai panas2, tutup, dan biarkan dingin dalam suhu ruang. Setelah itu simpan dalam lemari es agar tahan lama

 Note (dari seri masak Femina) :
  •  Adonan selai terlihat kental bisa di tes dengan beberapa cara : (1) menggunakan termometer gula sejak buah mulai di masak, agar tidak rusak. Jika termometer menunjukkan suhu 110 derajat C,berarti selai sudah cukup kental. (2) ambil sesendok adonan lalu tuangkan dari pinggirnya, jika selai jatuh dalam satu kesatuan berarti selai sudah cukup kental, jika selai jatuh dalam tetesan terpisah berarti jeli belum terbentuk. (3) angkat selai dari api, taruh sesendok adonan diatas cawan, segera dinginkan dalam freezer, jika mengental tandanya pemasakan sudah cukup
  • Botol selai berikut tutupnya harus direbus dulu untuk mematikan organisme yang dapat membusukkan selai. Didihkan botol dalam panci besar berisi air selama 20 menit, angkat, tiriskan botol di atas serbet. jaga supaya botol tetap panas sampai diisi selai
  • Gunakan panci besar dari baja anti karat/stainless steel atau panci berlapis teflon/enamel. Jangan menggunakan panci logam tanpa pelapis seperti panci alumunium/besi karena zat asam dalam selai akan bereaksi dengan logam, sehingga selai berwarna gelap,rasanya getir dan dapat menyebabkan keracunan
  • Tips lainnya dari Food n garden

Tidak ada komentar:

Posting Komentar