Minggu, 03 April 2011

Ayam Goreng Kremes


Wohoooo....saya lagi seneng maen2 sama si ayam.....soale gampang,trus bisa buat stok di freezer,tinggal di goreng kalo mesti bawa bekel ke kantor en juga sebenernya baking blues sih, soale lamaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa banget kalo bikin cookies, mungkin gara2 pake otang kali yeee...kalo oven listrik kan bisa di setting mau kelar jam berapa dan sepertinya uda pasti mateng...nah otang saya????di resep 30 menit, saya bisa buat 2 jam! cabe dehhh...

Balik lagi ke ayam,,,,ternyata dari resep ini bisa di buat 2 varian ayam.....kalo mau pake kremesan,tinggal buat larutan kremesannya...tappi kalo pengen buat ayam kuning, ya tinggal goreng aja beserta bumbu ungkepannya...praktis yah??hehehhe...
Disini,saya pake kremesan,sesuai judul....nah,saya ada sisa kaldu dari ungkepannya,,,,akhirnya saya stok di freezer, kuah kaldu kuning itu bisa juga di pake untuk kuah kuning bubur ayam,heheheh....karena saya memang tergolong yang gak mau menyisakan segala sesuai, semuanya harus berguna :):)

Kremesannya si oke, tapi ga bisa di bandingin sama ayam goreng mbok Berek/Ny.Suharti yaaaa...heheheh...tapi saya juga ngga piawai nih goreng kremesannya, ada yang gosong,ada yang benyek, ada yang garing....:P

Resep saya dapet dari mba Elsye...

Ayam Goreng Kremes

Bahan :
10 potong ayam
1 liter air/air kelapa untuk merebus
1 ruas lengkuas
2 batang sereh
2 lembar daun salam
2 lembar daun jeruk

Bumbu halus :
8 siung bawang merah
6 siuang bawang putih
4 butir kemiri
1 sdm ketumbar
1/2 sdt jintan
1/2 sdt kunyit bubuk
1 ruas jahe
Garam
Gula

Kremesan :
200 ml air rebusan ayam
100 ml air
50 gr tepung beras
15 gr tepung tapioka
1 butir telur

Cara Membuat :
1. Rebus ayam dengan mencampurkan bumbu halus.
2. Masukan lengkuas, daun salam, daun jeruk, dan sereh.
3. Rebus sampai ayam menjadi empuk dan bumbu meresap.
4. Setelah matang, angkat ayam dari rebusan kemudian goreng sampai kekuningan.
5. Campurkan bahan kremesan dalam satu wadah aduk sampai rata dan encer, jika kurang encer bisa ditambahkan air lagi.
6. Goreng kremesan ayam dengan api yang agak besar dan minyak cukup, jika sudah kecoklatan angkat.
7. Tata ayam goreng di pinggan, dan taburi kremesannya.
8. Siap di hidangkan.

1 komentar: