Minggu, 17 April 2011

Bakso Sieo


Bakso ini metodenya rada beda dari pembuatan bakso sapi...dulu,saya pernah makan bakso seperti ini,yang di buatin oleh almarhumah sodara saya....eeeeh, akhirnya ketemu resep ini, dan rasanya emang enakkk, ada rasa krenyes2 dari jamurnya...disini beberapa bahan saya subtitusi tergantung stok dirumah, kalo ngikutin resep aslinya pasti lebih uenakkk lagi....:)

Kuah beningnya pun berasa gurih, karena ada aroma minyak wijennya...

Resep didapat dari Majalah Femina

Untuk 6 porsi

Bahan2 :
  • 250 gr paha ayam, cincang
  • 250 gr udang, cincang kasar (saya pake ayam cincang, jadi ceritanya bakso saya ini rasa ayam)
  • 50 gr daging asap, potong dadu kecil (ga pake, susah nyarinya)
  • 20 gr bawang merah goreng siap pakai, haluskan (saya pake bawang merah mentah)
  • 20 gr bawang putih goreng siap pakai, haluskan (saya pake bawang putih  mentah)
  • 20 gr wortel, cincang halus (ga pake)
  • 20 gr soun (saya pake misoa yang udah di rendam air biasa)
  • 2 butir telur ayam, kocok lepas
  • 20 gr jamur merang (saya pake jamur kuping yang udah direndam di air biasa, cincang)
  • 1/2 sdt garam
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • Saya tambahkan : 3 sdm tepung sagu supaya agak padat
Kaldu :
  • 2 lt kaldu ayam
  • 2 1/2 cm jahe, memarkan
  • 1 siung bawang putih, memarkan (saya pake 8 buah bawang putih, ulek)
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • 3 1/2 dst garam
  • 1/2 sdm minyak wijen

Cara membuat :

  • Campur : ayam + udang+ daging asap + bawang merah + bawang putih + tepung sagu, aduk rata.
  • Tambahkan : wortel + soun + telur + jamur + garam + merica, aduk sampai rata
  • Masukkan adonan ke dalam cucing plastik hingga penuh, lakukan hingga adonan habis
  • Kukus selama 30 menit hingga matang, angkat, sisihkan
  • Kuah : jerang kaldu bersama jahe + bawang putih diatas api sedang, didihkan. Bubuhi garam, merica,dan minyak wijen aduk rata. Masukkan bakso, aduk rata. Angkat
  • Sajikan hangat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar