Sabtu, 30 April 2011

Buntut Bumbu Rempah



Yay!!!! akhirnya bisa juga buat sop buntut ini....seumur2, ngga pernah kebayang masak ini, karena katanya kalo masak buntut pasti lama lah, bau lah, terus harusnya pake panci presto lah (walah...saya belom punya soale...)... dan yang terakhir sih karena buntut tuh kolestrol banget, gara2 banyak lemaknya..

Trus kenapa saya jadi masak sop buntut ini? awalnya karena tetangga saya bikin garage sale gituh...pas ngliat barang2nya yang di lego, saya tertarik sama slow cooker ini....eits, waktu itu saya belum tau panci ini namanya slow cooker, pas browsing2 aja tau ni panci namanya slow cooker, saya langsung jatuh cinta sama panci ini gara2 ngeliat keramiknya bagus banget, tebel gitu...trus mikir waaah pasti bisa buat ngagetin sop2an gitu nih, lumayan buat ngejamu tamu atau sodara dirumah...udah deh langsung dibeli  slow cooker second ini, dan kata pemiliknya, panci ini belom pernah di pake sama sekali...and u know what yang bikin saya tambah seneng? harganyaaaaaaaaaaaaaaaaa...super duper miringggg! :D

Kata pemiliknya, dia biasa bikin sop buntut di slow cooker ini ...
D (dia)   : Mba, ini bisa bikin sop buntut loh, saya biasa masak sop buntut di sini
S (saya) : Hah? Yang bener bu??? sop buntut kan kalo di masak lama, susah empuknya
D (dia)   : Empuk kok

Dua kata itu " Empuk kok"    bikin saya langsung bilang " mau bu ,,,,mau..... saya beli ya".....terus saya juga dikasih free buku masak.....senangnya hati ini riang gembira, syalalalallala...*dengan suara kaleng rombeng saya..*

Akhirnya, resep pertama yang saya tes pake slow cooker ini adalah sop buntut...tapi saya tuh suka banget sop buntut yang berempah...dan ketemulah resep dari Femina online ini...

Saya masak total 10 jam ! gelooooo....lama bet ya....tapi sangat sesuai dengan penantian saya, karena dagingnya empuk, gampang banget kelepas dari tulangnya dan wanginya itu loh...wangi rempah kecampur sama wangi saus inggris, passss banget buat saya....so, ini bakalan jadi resep andalan saya kalo masak sop buntut....lagipula, rempah2 itu bikin sehat ke badan...

Oh ya, pada resep ini saya membuat dobel rempah2, garam, dan airnya....karena kalo ngikutin resep ini, airnya terlalu sedikit...sedangkan saya sukaaa banget makan sop buntut dengan kuah melimpah...dan saya skip kecap manisnya, karena itu akan merusak rasa rempah2nya....well it's ur choice then...:)

Next project bikin apa lagi ya pake slow cooker ??? kepikiran gudeg nih....hehehehehhe.....

BAHAN:
  • 2 sdm minyak untuk menumis(ga pake,karena saya pake slow cooker)
  • 2 siung bawang putih, cincang halus (saya ulek)
  • 3 buah (450 g) bawang bombay ukuran sedang, iris tipis
  • 8 cm batang kulit kayu manis 
  • 2 butir pekak
  • 6 butir cengkih
  • 1/4 sdt merica hitam butiran
  • 1 1/2 kg buntut sapi berdaging, potong-potong 2 cm
  • 1 L air
  • 2 sdm kecap manis (ga pake)
  • 1 sdm saus worcestershire/saus inggris
  • 1 sdt garam
  • 3 buah (400 g) kentang, kupas, potong-potong
  • 2 buah (300 g) wortel, kupas, potong serong 1 1/2 cm
  • 2 batang daun bawang, potong-potong 3 cm

CARA MEMBUAT:

  • Panaskan minyak, tumis bawang putih dan bombay hingga layu. Masukkan kayu manis, pekak, cengkih, merica hitam, aduk rata. Masak hingga harum.
  • Tambahkan buntut, air, kecap, saus worcestershire, dan garam, aduk rata. Masak terus hingga empuk, kuah berkurang, dan bumbu meresap.
  • Masukkan kentang dan wortel, didihkan lagi. Masak hingga semua bahan matang. Angkat. Sajikan hangat.

Cara slow cooker saya :
  • Rebus buntut & air sampai mendidih, tunggu 5 menit, matikan api. Saring airnya, buang busa-busa berwarna hitam yang ada di kuah kaldu tersebut
  • Masukkan buntut, air kaldu yang udah di saring, bawang putih, bawang bombay, kayu manis, pekak,cengkeh, merica butiran, saus inggris, garam, dan daun bawang
  • Nyalakan slow cooker, set ke "high" selama 1 jam
  • Kemudian set ke "low" selama 9 jam ke depan
  • Satu jam sebelum selesai, masukkan kentang dan wortel.
  • Sajikan hangat
Untuk 6 porsi
Kalori per porsi: 387

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar