Selasa, 05 April 2011

Bolu Kukus 10 Menit




Setelah bermain bolu kukus resep dasar a.k.a bolu kukus gula merah....saya coba buat bolu kukus lainnya, yang saya suka itu, lembut & wangi...
Resep yang saya uji coba jatuh pada resep kondangnya NCC, caranya sepertinya mudah, campur semua bahan, kocok dgn mikser,trus kukuss deeehh....tapiiii ternyata dibutuhkan tips2 lainnya, karena ternyata hasil bolu kukus saya :
  1. Ngga ngakak, dari 9 cups yang ketawa malu2 cuma 2 cups,hhehehe
  2. Bagian bawahnya mengkerut/berpinggang...udah gitu masih ada yang mentah gitu deh, mirip kaya puding di bagian bawahnya
Nah, ternyata pas saya browsing jawabannya adalah (selain tips2 dari NCC Bolu Kukus Week tentunya):
  1. Adonan harus dikocok kentaaaaaaaaaaaaaal banget, kalo ngga kental, bolu kukus ngga bakalan ketawa ngakak --> My Kitchen Notes
  2. " Api kukusan harus besar agar uap sangat panas dan banyak. Tapi air jangan terlalu banyak agar uap tidak membasahi dasar cetakan yang membuat bolu kukus mengkerut di pinggang. Cukup kukus selama 10 menit. Jangan terlalu lama mengukus yang membuat bolu kukus mengerut" --> My Kitchen Notes
Testimonial rasa : Enaaaaaak, wangiii...tapi agak kurang lembut, yah mungkin karena saya ngocoknya gak bener...maklum pake mikser Miyako...ngocoknya 13 menit tapi on off gitu karena mesinnya rada panas (takut rusak trus takut ga bisa masak2 lagi deeeh)...dan lumayan berat, padahal saya bikin 1/4 resep loh (ogah rugi,tes percobaan dulu,heheh)

Bahan:
  • 450 gr  gula pasir (saya pake 400 gr)
  • 500 gr  tepung terigu 
  • 1 sdt     BPDA (saya pake baking powder biasa)
  • 4 btr     telur
  • 300 cc  air putih / susu encer / santan (saya pake susu encer)
  • 1 sdm   emulsifer (merek SP)
  • 1 sdt     essence pisang (esens Vanila)
  • Beberapa pewarna lainnya : pasta strawberry, pandan en coklat

Cara Membuat (pake cara ke 1) :
  • Kocok semua bahan 10 menit (saya pake Miyako 13 menit dengan ada proses on off karena mesin miksernya rada panas), bagi adonan menjadi empat, 3 adonan lainnya di beri pasta  strawberry, pandan en coklat, tuang di cetakan yang telah dilapisi kertas, lalu kukus selama 10 menit

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar