Sabtu, 19 Februari 2011

Tom Yum Ala Wa'Len


Saya dulu biasa buat Tom Yum itu cuma pake cabe rawit, ga ada bumbu ulek dan ga pake chili in oil, salah satu ciri khas Tom Yum ini....
Kebetulan saya punya uwa jago masak,hihihih...dan Tom Yum nya uenakk tenan dan ternyata oh ternyata dia tidak pake chili in oil kemasan, dia buat sendiri dengan segala bumbu uleknya...yowisss...baru minta resepnya seminggu yang lalu, sekarang di praktekin...
Soal bumbu ulek,,,,hummm saya bingung,apakah ini masih resep asli Tom Yum ato udah di modif sesuai lidah orang Indonesia...sepertinya udah di modif deh...:):) dan resep ini akan selalu jadi patokan resep Tom YUm saya,hehehhe...

Oya, resep ini ngga terlalu pedes...jadi kalo pengen pedes, tambahin aja rawit en cabe merah kritingnya...tapi, kalo saya angetin untuk yang kedua kalinya, jadi berasa pedes banget loh...efek rawitnya sepertinya...

Ngesot ke resep yukkk...

Resep ini bisa untuk kurang lebih 10 orang

Bahan2 :
  • 1,5 liter kaldu udang
  • 5 sdm kecap ikan
  • 3 sdt air jeruk nipis
  • 2 ikat daun ketumbar/kemangi, siangi
  • 500 gr ikan tuna/kakap merah, potong dadu - kalo pengen seafood lainnya bisa di tambahin kok, seperti cumi,kerang,udang,dst
  • 150 gr jamur merang
  • 10 butir cabe rawit
  • 2 buah tomat ijo, belah 6
  • 3 buah wortel, iris 1/2 cm bulat
  • Minyak untuk menumis

Bumbu Halus :
  • 3 buah cabe merah keriting
  • 4 buah cabe merah besar, kalo pengen warna merah banget,tambahin lagi cabe ini yah
  • 10 butir bawang merah
  • 6 butir bawang putih
  • 4 butir kemiri
  • 1 sdt merica 
  • Bumbu instant Tom Yum merek Munik, gunakan 1/3 sachet nya (kalo ngga ada jg ngga apa2 sih)

Bumbu Geprek :
  • 6 cm jahe
  • 5 buah serai
  • 6 cm lengkuas
  • 3 lbr daun salam
  • 13 lbr daun jeruk, robek2

Cara membuat :
  • Didihkan kaldu udang,cabe rawit & kecap ikan. Masukkan ikan fillet dan wortel tunggu kurleb 5 menit
  • Sementara itu, tumis bumbu halus & bumbu geprek sampai harum dan matang
  • Kemudian, masukkan tumisan bumbu halus tersebut ke dalam kaldu udang yang mendidih tersebut
  • Masukkan jeruk nipis, jamur, tomat ijo, aduk & tunggu sampai matang
  • Masukkan daun ketumbar, matikan api
  • Nikmati selagi panas

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar