Kamis, 03 Februari 2011

Oven Baked Sweet Potato Fries


Alias ubi kuning yang di oven kali yeee.....

Resepnya dapet dari Simply Recipes...di resep asli, ubi di potong2 rada tebel, nah saya pake parutan slicer gitu, jadi saya potong tipis2 biar kaya keripik gituhhh.....EHHHH TERNYATA SAYA SALAH,,,,,jadinya sebagian besar GOSONG sodara2...gara2 saya potong tipis2...LEBIH ENAK IKUTIN KAYA RESEP ASLINYA, POTONG2 RADA TEBEL...jadinya daging ubinya masi berasa...kl rasa keripik ubi ternyata selera saya bilang, kurang oke! tapi rasa manis and spices nya dapet seeehh...

Laen kali saya motongnya rada tebel aja dehhh....:):)

Bis makan ini, langsung deh kentut2,,,hihihihi...Saya translate semau2 saya yah,,, kalo mo lebih lengkapnya, silakan ke webnya yawh

Bahan2 :
  • 906 gr ubi kuning, buang kulitnya, cuci bersih
  • 45 gr minyak sayur (bisa pake olive oil, dst deh)
  • 1-2 sdm gula pasir/kastor (saya pake gula palem)
  • 1 sdm garam
  • 1-2 sdm rempah2/spices terserah anda (saya pake kayu manis...so in love with cinnamon)

Cara membuat :
  • Panasin oven 232 derajat C
  • Iris ubi dengan ketebalan sedang atau terserah anda, cek ke websitenya deh kalo mau ancer2 tebelnya berapa (kesalahan saya, saya iris tipis pake slicer gitu, dan hasilnya menurut saya kurang oke, enakan di potong2 rada tebel)
  • Taro ubi yang udah di iris2 di mangkok. Masukin minyak sayur, campur rata pake tangan, kemudian masukin gula,garam dan rempahnya. Aduk rata
  • Ada beberapa alternatif saat di oven : 
  • Alt. 1 : Taro ubi di baking tray langsung, tapi jangan di tumpuk yah, ntar kurang mateng. Di sebar2 gitu  aja (liat websitenya Simply Recipes ya). Setelah 15 menit pertama, keluarin baking tray, trus dibalik ubinya supaya matang kedua belah sisinya dan lanjutkan mengoven selama 15 menit lagi. Ga perlu pake parchment paper or what soever, dia ga bakalan lengket karena udah di kasih minyak sayur 
  • Alt. 2 : Gunakan cooling rack untuk mengoven ubi ini. Jadi taro ubinya berjajar (tetepppp jangan ditumpuk) dan masukkan ke oven. Cooling rack ini memudahkan kita supaya ga usah ngebolak balik si ubi ini karena ubinya udah dapet udara panas dari atas dan bawah. oven selama kurleb30 menit,atau terserah anda mau segaring apa...(tapi kalo ubinya di potong tebel2 gak bakalan garing2 banget atuuuuh) 
  • Alt. 3 :  Baking traynya di panasin dulu sebelumnya (barengan aja sama waktu pas manasin oven),dengan di panasin dulu, akan ngebantu menggaringkan ubi nya. 
  • Saya pake yang mana ? saya pake alt 1 dan alt.2 dan ternyata alt 2 memang lebih cepet menggaringkan ubinya dibandingkan dengan alt.1, sehingga patokan waktu 30 menit jangan di jadiin barometer...sering dicek aja tingkat ke garingan dan kematangannya mau seperti apa, sampai menit keberapa...kalo saya si cukup 20 menit aja,secara motongnya tipis2 gitu...Oya, trus usahakan manggangnya di rak tengah...soale saya naro di rak atas, wow gosyoooooong....hiihihihihih...

    Demikian lah percobaan resep ini dari saya...sekian reportasi di hari Imlek ini .....:):)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar