Senin, 14 Februari 2011

Tempe Burger


Penasaran dengan resep yang di posting di Milis NCC.... kaya gimana rasanya ya??? bisa gak ya di goreng, takutnya ambyar...
Ehhh, ternyata ngga ambyar dan enakkkkk, bau langu tempe/kedelai yang jadi ciri khasnya sudah sedikit berkurang, sepintas jadinya mirip kaya burger daging,hehehehhe....

Disini saya ga buat roti burgernya yah, karena emang penasaran dengan adonan si tempe burgernya doang...

Biar mirip kaya burger beneran, saya makannya pake mayonaise dan saos sambel,,,,enaaaaak...

Resep dari Enno Maya Setiadi yang ada di Malang, thx ya mba atas resepnya



Bahan2 :

  • 300 gr tempe 
  • 1 sdm margarin,untuk menumis
  • 1 buting bwg bombay,cincang
  • 2 siung bwg putih cincang halus (saya pake 4 buah, diulek)
  • 1 batang daun bawang,cincang
  • 1 butir telur
  • 2btg seledri,cincang (ga pake, ga suka seledri soale)
  • 1 sdm kecap manis
  • 1 sdt garam
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • 1/2 sdt pala bubuk
  • 2 pth telur (ga pake, kebanyakan telor, takuttttt...hehehe)
  • saya tambahkan : 4 sdm tepung roti yang warnanya coklat itu lohh (sebagai perekat agar gak ambyar)
  • 2 sdm margarin utk mengoreng

Cara membuat :

  • Kukus tempe, hancurkan (saya pake ulekan heheheh)
  • Tumis bawang bombai,daun bawang dan bawang putih sampai wangi, angkat,sisihkan
  • Campur : tumisan bawang, tempe yg sudah di hancurkan tambahkan kecap,telur,seledri,garam,merica,tepung roti dan pala,aduk sampai rata
  • Bentuk bulat-bulat  pipih dgn ketebalan ± 1cm
  • Celup  kedalam putih telur (saya skip bagian ini)
  • Goreng dgn api kecil, balik sampai matang (kalo saya caranya yaitu dengan di kukus dulu, baru kemudian di goreng sebentar untuk menimbulkan efek crispy...kenapa begitu? karena saya takut telor yang mentah di dalemnya ngga mateng....jadi saya matengin dulu dengan cara di kukus lalu di goreng. Cara ini juga sesuai apabila saya mau nyetok burger tempe....cukup di kukus, taro di freezer baru deh besokannya di goreng)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar